Cara Memperbaiki Pompa Air Dengan Mudah

0
Cara Memperbaiki Pompa Air Dengan Mudah
Image: www.anwill.net

Pompa air adalah salah satu alat yang dapat dipakai untuk mengambil air sumur yang kemudian disalurkan ke tempat yang sudah disediakan. Alat ini tentunya sangat bermanfaat untuk anda yang memiliki kesibukan dan tidak sempat untuk mengambil air dengan cara manual yang pada umumnya dilakukan menggunakan alat timba ataupun ember. Akan tetapi seperti apa jadinya apabila pompa air yang setiap hari dipakai mengalami kerusakan. Tentunya hal tersebut akan menyusahkan kita ketika hendak mengambil air dari dalam sumur. Maka dari itu perlu mengetahui cara perbaikan pompa air sehingga kita bisa memperbaiki sendiri dan tidak perlu menghubungi teknisi maupun membawa alat pompa air ke teknisi.

Berikut ini beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi terhadap pompa air sekaligus cara memperbaiki pompa air tersebut.

Cara Memperbaiki Pompa Air

Pompa air yang tidak mau menyala

Lakukanlah pemeriksaan terhadap bagian pengkabelan listrik yang terdapat di pompa, banyak sekali kasus yang terjadi di mana kabel sudah rusak tetapi tak diganti sehingga menyebabkan pompa air tidak menyala sebab listrik tidak sampai pada mesin pompa.

Rekomendasi Untuk Dibaca: 6 Tips Penting Dalam Memilih Mesin Pompa Air yang Tepat dan Berkualitas

Untuk mengecek listrik pada kabel apakah sampai atau tidaknya ke mesin dapat memakai alat yang bernama multimeter. Apabila tidak terdapat aliran listrik, maka anda mesti mengganti kabel tersebut dengan kabel yang baru.

Ada pula kerusakan yang terjadi di mana mesin pompa menyala tetapi hanya mendengung saja, kerusakan tersebut dapat terjadi karena kumparan yang putus. Bisa pula terjadi karena kapasitor yang sah rusak. Jika kerusakan yang terjadi pada kumparan, maka anda mesti memperbaikinya ke teknisi, namun apabila kerusakannya karena kapasitor yang sudah rusak, maka anda dapat menggantinya sendiri. Ganti dengan kapasitor yang baru serta mempunyai nilai yang sama.

Baca: Cara Mengganti Kapasitor Mesin Pompa Air

Pompa air menyala namun air tidak mengeluarkan air.

Hal pertama yang dapat anda lakukan yaitu dengan membuka tempat pemancingan air pada pompa tersebut. Perhatikan serta lihat, apakah di dalamnya berisi air atau tidak.

Apabila di dalam pemancingan air tersebut masih terdapatkan air dengan kapasitas yang penuh, maka dipastikan bahwa kerusakan terdapat pada pompa air.

Itulah berapa cara memperbaiki pompai air. Semoga cara tersebut dapat bermanfaat untuk anda yang tengah mengalami masalah terhadap pompa air rusak. Apabila pompa sudah tidak mengalami kerusakan, alangkah baiknya untuk selalu menjaga serta merawatnya agar pompa air selalu dalam keadaan yang bagus. Lakukanlah pemeriksaan dan pembersihan minimal satu bulan sekali.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.