Ralali melalui Rbiz Merangkul Lebih Banyak Usaha Lewat Warli

Ralali melalui Rbiz Merangkul Lebih Banyak Usaha Lewat Warli

Para pelaku usaha bisa mendapatkan kemudahan untuk terus mengembangkan bisnisnya melalui transaksi online. Namun, ada banyak faktor yang membuat transaksi offline masih dibutuhkan di Indonesia. Ralali telah turut berkontribusi menjadi penggerak ekonomi bagi 160.000 UMKM di Indonesia hingga penghujung tahun 2020.

Dorongan atas adanya kebutuhan dari masyarakat untuk bertransaksi di warung membuat Ralali kembali melakukan inisiatif kemitraan melalui Rbiz yang merupakan salah satu ekosistem di dalam Ralali Group dengan program Warung Keluarga Ralali (Warli).

Melalui program Warli, para pemilik usaha dipastikan untuk bisa mendapatkan pendampingan dan pengembangan bisnis yang lebih terencana. Rbiz telah membantu para pelaku bisnis untuk strategi ritel pemasaran kepada konsumen juga dilakukan melalui platform online dan offline.

Peran Rbiz dalam mendukung transaksi ritel Warli

Sebagai bagian dari ekosistem Ralali Group, Rbiz sudah membantu brand untuk dapat melakukan penetrasi ritel kepada konsumen. Rbiz telah mengelola berbagai produk resmi dari brand besar untuk melakukan warehousing, pengemasan grosir (pick and pack), hingga layanan logistik untuk pengiriman kepada partner toko resmi konsumen (B2C commerce).

Salah satu warung yang sudah bermitra dengan Warli. (Dok. Ralali)

Ronald Sipahutar, Head of Platforms, Logistics & Ralali Partner Management mengatakan bahwa Ralali.com ingin merangkul UKM untuk dapat bergabung menjadi bagian dari Warli. Selain menargetkan para pemilik warung, program ini juga akan ditujukan pada para calon pemilik warung yang ingin memulai usaha.

Pemilik warung akan memiliki akses yang tidak terbatas untuk dapat melakukan pengelolaan hingga pengaturan bisnisnya. Melalui hal itulah, Ralali.com ingin mengajak lebih banyak pelaku usaha untuk bisa mengembangkan usahanya lewat partner kerja sama yang tepat.

Semua pengelolaan warung akan dibantu oleh Rbiz sebagai Ralali Partner maupun BIG Agent yang akan mengarahkan lebih banyak transaksi di Warung Ralali (Warli). Pengelolaan warung dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan bantuan teknologi.

Pengelolaan warung semakin mudah saat mitra bekerja sama. (Dok. Ralali)

“Dengan bergabung bersama Warli, pemilik warung hanya perlu melakukan 3M yaitu Menjaga, Melayani, dan Mengembangkan warungnya menjadi lebih baik,” ucap Krismawati, Direktur Utama PT Tridinamika Jaya Instrument.

Pengembangan Warli pada skala nasional

Seiring dengan adanya peningkatan transaksi pada skala ekonomi nasional, TokoPOS akan memberikan kesempatan pada seller dan buyer yang memiliki nilai transaksi tertinggi untuk mendapatkan voucher hadiah hingga Rp10.000.0000. Seller dengan tiga transaksi tertinggi juga bisa mendapatkan kesempatan perjalanan Umrah ke Tanah Suci atau perjalanan wisata.

Selain itu, setiap pemilik warung yang bergabung menjadi mitra Warung Keluarga Ralali (Warli) akan mendapatkan keuntungan berikut ini.

Aplikasi point of sale menggunakan TokoPOS

Pemilik warung bisa membuat penjualan, mencatat transaksi keuangan, memasukkan diskon, dan memberikan berbagai opsi pembayaran bagi pelanggan. Selain itu, TokoPOS juga bisa dipakai untuk mendaftarkan dan mengkategorikan produk, mengatur inventaris, hingga pengelolaan karyawan.

Fitur aplikasi TokoPOS terkoneksi dengan ekosistem dari Ralali sehingga setiap pengguna TokoPOS akan langsung memiliki akses ke ratusan ribu SKU dan wholesaler yang ada di Ralali.com.

TokoPOS dilengkapi dengan fitur Discovery dan B2B sehingga setiap Warli memiliki digital storefront yang bisa diakses oleh user TokoPOS lain manapun di Indonesia. Hal ini akan mendorong kemudahan transaksi antar pengguna yang selama ini masih sulit dilakukan terutama di segmen warung, ritel, bahkan distributor. 

Program marketing exposure

Tidak hanya aktivasi pengguna dari sisi offline, Ralali juga akan membantu para pemilik warung dari sisi aktivasi online melalui media sosial. Ralali juga akan memberikan sorotan eksklusif dari sisi pemasaran produk maupun profil usaha Warli kepada target yang potensial.

Publikasi pemasaran produk akan disampaikan kepada ribuan pengikut media sosial resmi Ralali.com seperti Instagram, Facebook Page, LinkedIn, dan Ralali News.

Loyalty program untuk pelanggan

Salah satu strategi pemasaran yang akan diaplikasikan pada pemilik warung adalah Loyalty Program dalam bentuk hadiah langsung yang bisa ditukarkan setelah beberapa kali transaksi.

Make-over warung

Branding tampilan warung untuk menarik perhatian pelanggan. (Dok. Ralali)

Warli merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan untuk dapat meningkatkan branding yang lebih menarik daripada warung biasa. Jika sudah terdaftar sebagai bagian dari Warli, Anda akan mendapatkan pemasangan atribut dan aksesori mulai dari banner hingga kaos.

Support dari Ralali Partner

Sebagai bagian dari ekosistem Ralali, Warli juga akan didukung oleh Ralali Partner untuk terus mendapatkan edukasi dan pengembangan bersama komunitas. Tidak hanya itu, pemilik warung yang tergabung bersama Warli juga akan mendapatkan supply produk resmi terbaik.

Tidak hanya terfokus pada pelaksanaan kerja sama dengan Ralali Partner, para pemilik warung juga akan diarahkan untuk mendapatkan edukasi bisnis dan pemasaran. Berikut ini keunggulan yang akan dimiliki oleh pelaku usaha yang tergabung bersama Warli.

  • Memiliki aplikasi pencatat transaksi
  • Memiliki sistem pencatatan dan pengawasan persediaan
  • Memiliki konsep warung yang menarik dan branding yang baik
  • Memiliki program untuk menarik pembeli ke warung
  • Mendapatkan akses permodalan yang mudah
  • Mendapatkan akses supplier terbaik
  • Mendapatkan pendampingan bisnis ritel

Beberapa pembekalan yang diberikan kepada Warli diharapkan mampu meningkatkan kecakapan para pemilik warung. Dengan begitu, pengembangan Warli akan semakin inovatif.

Warli tidak hanya akan berkembang untuk segmen warung, tapi juga berbagai segmen seperti salon, apotek, toko buah, bengkel hingga restoran. Hubungi Hello Ralali di nomor 1500465 untuk informasi lebih detail mengenai Warli.

Ayo Saling Membantu

Comments (0)
Add Comment