Wow 5 Kuliner Nusantara ini Sudah Mendunia Loh!

Wow 5 Kuliner Nusantara ini Sudah Mendunia Loh!

Lahir dari keanekaragaman dan citarasa yang tinggi, membuat aneka masakan nusantara selalu memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya yang bukan hanya wisatawan lokal tapi juga asing.

Memiliki rasa dan bau yang khas dari rempah – rempah, membuat kuliner Indonesia berbeda dengan kuliner negara lainnya. Wah, gak mengherankan ya kalau masakan nusantara terkenal di dunia.

Nah, mau tahu makanan nusantara apa saja yang sudah mendunia?

source: CNN Indonesia

Masakan asli Sumatera Barat yang berasal dari kata ‘merandang’, yang berarti memasak santan hingga kering dengan perlahan. Di tempat asalnya butuh 4-5 jam untuk memasak olahan daging ini. Hal tersebut dilakukan agar daging dan bumbu rempah dapat menyatu dengan sempurna.

Gak heran kalau makanan ini banyak penggemarnya ya. Dan asal tahu saja ya rendang telah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN pada 2011 silam loh.  

 

  • Sate

source: cms.akurat.co

Terbuat dari potongan daging yang dibalut dengan saus kacang, dan di bakar diatas arang. Memberikan rasa lembut yang manis di setiap gigitannya, yum. Membayangkannya saja sudah membuat kita tergoda. Pokoknya susah nolak deh untuk kuliner yang satu ini.

Meskipun banyak yang menyukai makanan ini, tapi hanya sedikit yang mengenal sejarahnya. Dan belum pas rasanya jika kita gak mengetahui asal – muasal makanan ini. Beberapa pendapat ahli kuliner mengatakan, bahwa sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar abad ke-19. Lalu mulai populer ketika banyak orang Arab mulai masuk ke Indonesia.

Kini popularitas sate bukan saja berada di ranah nasional, namun sudah merambah ke dunia internasional.  

 

  • Nasi Goreng

source: img.taste.com.au

Nasi goreng sudah menjadi ikon khas kuliner Indonesia di dunia Internasional.

Bahkan Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menyebutkan bahwa nasi goreng merupakan makanan favoritnya.

Nah, gak sampai disitu pada ajang World Expo Shanghai China 2010. Nasi goreng juga hadir menjadi suguhan yang sangat menarik. Bahkan mendapatkan respon positif dari peserta pameran yang berasal dari berbagai negara.

 

  • Tempe

source: www.ladies.id

Siapa yang tidak mengenal tempe? makanan tradisional Indonesia yang berbahan utama kacang kedelai ini, sering dimodifikasi menjadi berbagai macam rasa dan variasi.

Pada awalnya tempe dianggap ‘makanan rakyat’, namun seiring berjalannya waktu kini tempe sudah dikenal hingga mancanegara. Salah satunya di London.

Di London, tempe telah menjadi salah satu jajanan dari Warung Tempeh yang sangat disukai oleh masyarakat lokal. Banyak ahli kuliner bahkan koki internasional yang menyebutkan bahwa tempe adalah kuliner khas Indonesia yang menjadi favoritnya.

 

  • Indomie Goreng

source: www.worldofbuzz.com

Mie Instan keluaran Indofood ini menjadi salah satu makanan yang sangat digemari di indonesia maupun di mancanegara. Produk ini tersebar hampir di 80 negara.

Menurut survey ramenrater.com menyebutkan bahwa Indomie merupakan merek Mie Instan dengan rasa terbaik di dunia.

Itu dia makanan Indonesia yang mendunia. Dan sudah seharusnya sebagai bangsa Indonesia kita bangga karena aneka makanan nusantara, banyak diminati oleh warga negara lain. 

 

Ayo Saling Membantu

indomie salted eggnasi gorengrendangsatetempe
Comments (0)
Add Comment