Mengenal Bisnis Laundry Koin dan 8 Keuntungannya Jika Anda Memilikinya!

Sekaligus jadi usaha sampingan, soalnya nggak perlu dijaga 24/7, lho...

0

Sudah pernah dengar bayar laundry pakai koin?

Jika koin yang Anda pikir adalah uang receh pecahan 100 perak sampai 1000 perak, maka Anda keliru. Koin di sini berupa token yang lazim dipakai di Laundry Koin.

Nah, jadi seperti apa sih Laundry Koin atau Laundromat itu? Apa sih bisnis ini? Apa saja keunggulannya dan kemudahannya? Yuk, simak artikel di bawah ini.

 

PENGERTIAN LAUNDRY KOIN
bisnis laundry
Image source: Silvers & Bynes Photography

Di negara maju biasanya dikenal dengan istilah Coin Laundry atau Laundromat.

Laundry Koin adalah pelayanan laundry dengan sistem swalayan (self-service), dimana pelanggan mencuci pakaian sendiri dengan mesin cuci-pengering yang hanya menggunakan koin, token, atau uang logam. Penukaran uang tunai dengan koin untuk mesin laundry biasanya menggunakan Vending Machine (atau mungkin diganti dengan 1 karyawan). Selain itu, ruang tunggu nyaman berkonsep cafe juga disediakan untuk konsumen sembari cucian laundry diselesaikan mesin.

[ Baca Juga: #BusinessStory: Rama Laundromat, Pioneer Bisnis Laundry Koin di Indonesia! ]

 

8 KEUNTUNGAN MEMBUKA BISNIS LAUNDRY KOIN
  • Transaksi tunai, bayar di depan.

Kalau pada laundry drop-off (laundry pada umumnya) sistemnya adalah: menimbang pakaian kotor, totalan harga, dan pembayaran dilakukan nanti setelah baju selesai dicuci. Sehingga pembukuan akan menjadi lebih rumit, karena ada kemungkinan konsumen yang lupa mengambil cucian selama berminggu-minggu.

Berbeda dengan laundry koin, jika pelanggan harus menukar uang tunai dengan koin/token sebelum bisa menggunakan mesin cuci. Maka sehabis memasukkan koin ke tempat koin pada mesin cuci, mesin akan berputar dan pelanggan tinggal menunggu sampai proses pencucian selesai.

cara menggunakan laundry koin
Salah satu instruksi coin laundry di Jepang. (Sumber: howibecametexan.com)
  • Operational cost yang rendah.

Hanya butuh satu orang karyawan per 1 shift (jika Anda ingin menggunakan karyawan). Jika Anda tidak menginginkan karyawan, Anda bisa saja menukarnya dengan vending machine penukar uang tunai dengan koin.

Saat Anda menggunakan konsep swalayan murni, maka semakin rendah pengeluaran Anda dalam menjalankan bisnis laundromat yang Anda pilih.

  • More satisfaction

Resiko yang akan Anda hadapi ketika berbisnis laundry, khususnya laundry kiloan, terletak pada: Pelanggan kehilangan pakaian, tertukar atau rusak. Dan hal ini membuat kepuasan konsumen menurun, bahkan parahnya bisa saja mereka jadi enggan balik menggunakan jasa Anda.

Pada bisnis Laundromat, kemungkinan-kemungkinan terburuk tersebut sangat bisa Anda hindari, bahkan mustahil terjadi, karena sistem mesin cuci sudah bekerja sesuai standar. Sehingga kepuasan konsumen selalu terjaga.

  • Tidak ada komplain dari konsumen.

Here’s the rule!: Pelanggan mencuci pakaiannya sendiri. Maka segala resiko kelalaian menjadi tanggung jawab pelanggan. Anda sebagai pemilik tidak perlu mengorek kantong untuk mengganti kerusakan atau kehilangan pakaian karena Anda tidak bertanggung jawab akan hal tersebut. Jika pelanggan salah memasukkan deterjen dengan kopi (seperti Om Mr. Bean) hal itu menjadi resiko pelanggan.

Asem ya, Om? (Sumber Foto: Tenor)
  • Bisa buka 24/7

Kapasitas jam kerja mesin laundry coin lebih lama dari mesin laundry yang digunakan oleh mesin laundry kiloan. Selain itu, proses cuci juga lebih cepat, yaitu paling lama 2 jam.

2 poin penting tadi membuat Anda bisa membuka bisnis ini dengan durasi kerja sepanjang hari tanpa tutup. Kelebihan ini yang tidak dimiliki oleh bisnis laundry kiloan ataupun drop-off, yang umumnya tutup pada jam 9 malam.

Oh ya! Lebih kerennya lagi, meski beroperasi 24/7, Anda tak perlu menjaga toko selama 24/7! Jelas, wong semuanya self-service.

 

  • Laba besar dan cepat balik modal.

Dikutip dari SINDONews, tingkat pengembalian investasi (ROI) dari bisnis ini sebesar 20—25% per tahun.

Karena prospeknya yang baik, bisnis ini akan memberikan Anda profit dan balik modal yang lumayan cepat. Selama Anda meletakkan bisnis laundromat Anda berada di area yang strategis seperti mall, perkantoran, apartemen, hotel budget, tak mustahil jika dalam kurun waktu kurang dari satu tahun Anda sudah balik modal.

[ Baca Juga: Ingin Memulai Usaha Bengkel? Persiapkan 4 Hal Berikut Ini! ]

  • Future industry, atau industri yang bakal ngehits di masa depan.

Future industry (industri masa depan) di sini mengacu pada lifestyle yang akan dicari oleh siapapun dan sampai kapanpun. 

Pelanggan akan merasa bangga mencuci pakaian di tempat yang orang lain tidak pernah melakukannya, di mesin laundry coin. Layaknya sebuah gadget atau fashion, yang terbaru akan dicari, begitupun dengan mencuci baju. Suatu era dimana kebanyakan orang lain masih menggunakan jasa laundry kiloan, apabila revolusi budaya mencuci diganti dengan laundry kiloan, hal tersebut akan menjadi gaya hidup baru yang akan dicari banyak orang.

bisnis laundry koin
Wah kalau tempat laundrynya kayak gini sih bisa buat selfie uwu. (Sumber Foto: Pinterest)
[ Baca Juga: #BusinessStory:  Modal 500 Ribu Berawal Dari Hobi, SOC Clean Laundry Berhasil Meraup Omzet 15 Juta Per Bulan! ]
  • Business plan yang simpel dan mudah.

Bisnis laundry koin ini merupakan bisnis yang mudah untuk dijalankan. Cukup dengan membeli mesin laundry koin, pewangi pelembut, dan tempat cuci, Anda bisa memulai bisnis ini. Serius, hanya Anda sendiri juga bisnis ini sudah bisa berjalan. Anda tak butuh tim. Dan juga Anda tidak perlu membeli setrika karena proses pengeringan sudah bisa membuat pakaian pelanggan langsung halus.

Tidak usah takut pakaian pelanggan tercampur dengan pakaian pelanggan lain, karena satu mesin cuci untuk satu pelanggan, dalam satu waktu.

Bisnis laundromat pastinya memiliki proyeksi yang besar di masa depan. Melihat pasar Indonesia belum banyak yang memegang usaha ini, ini saatnya Anda mempertimbangkan usaha laundry koin atau laundromat sebagai bisnis.

Mudah dijalankan, centang.

Prospek, centang.

Profit tinggi, centang.

Balik modal dalam waktu yang relatif cepat, centang.

Kurang apa lagi? #IniSaatnya untuk mewujudkan mimpi Anda dengan membeli suplai bisnis laundry di Ralali.com! []

 

 

 

 

 

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.