Keuntungan Bisnis Laundry Kiloan yang Jadi Solusi di Era Serba Instan

0
Usaha Laundry
Image: home.bt.com

Tahukah kamu kehidupan masyarakat kota yang padat dan serba cepat, menjadi lahan subur para pebisnis untuk membuka usaha yang bisa menjadi jawaban bagi mereka, yang membutuhkan efisiensi waktu dan efektifitas tinggi, salah satunya yaitu bisnis laundry.

Bukan saja bisa dilakukan dengan modal awal 10 juta rupiah, tapi juga terbilang bisnis yang akan terus hidup karena banyak orang yang akan menggunakan jasa laundry. Untuk itu sebelum memiliki usaha ini, yuk kenali lebih dalam usaha ini.

Analisa Usaha Laundry

Laundry detergent
Laundry detergent

Bisnis laundry bukan sekedar soal mencuci dan menyetrika, tapi juga bicara soal kecepatan, kebersihan dan eksklusifitas, yang juga menjadi kunci utama keberhasilan jenis usaha kecil menengah ini. Hanya dengan modal 10 – 20 juta saja Anda sudah bisa menjalankan bisnis laundry.

Modal Usaha yang Diperlukan

Kebutuhan bisnis untuk bisnis laundry kiloan
Source: Shutterstock

Mesin Cuci: Diawal memulai usaha laundry kiloan kamu bisa membeli mesin cuci berukuran standart, dengan kisaran harga 1.500.000 sampai 4.000.000 rupiah

Meja Setrika: Harga bervariasi sesuai dengan bahan yang dipilih. Namun pada umumnya kamu bisa menemukan kebutuhan bisnis ini dengan kisaran harga 239 ribu hingga 300 ribu di marketplace yang menjual dengan harga terjangkau.

Setrika Alumunium: Dimulai dengan harga 200.000 – 500.000 rupiah sesuai dengan merek dan kualitas.

Keuntungan Bisnis Laundry Kiloan

Bisnis Laundry Kiloan
Source: Bisnis Laundry Kiloan
  • Jenis Usaha yang Bertahan Lama

Banyaknya orang yang membutuhkan jasa laundry kiloan yang dianggap bisa mempermudah hidup dan menghemat waktu, menjadi salah satu penyebab banyaknya bisnis ini menjamur. Alasan ini jugalah yang menjadi alasan mengapa akhirnya bisnis laundry kiloan menjanjikan, dan memberikan profit yang menggirukan.

  • Usaha kecil Menengah

Banyak yang berpikir laundry kiloan merupakan salah satu jenis bisnis yang membutuhkan modal besar. Pemikiran ini tidak sepenuhnya benar, karena pasalnya bisnis ini masuk dalam kategori usaha kecil menengah. Dengan lain kata bisa dijalankan dengan modal terbatas. Cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan budget kecil dan resiko yang tidak terlalu besar.

  • Mudah dijalankan

Bermodalkan satu buah mesin cuci Anda sudah bisa membuka jasa laundry. Hal ini menunjukan kalau bisnis ini mudah dijalankan baik sebagai pekerjaan utama maupun sampingan. Tanpa perlu tempat yang besar, karyawan yang banyak, dan keahlian khusus apalagi semakin canggih alat yang digunakan akan semakin memudahkan usaha ini berjalan, hanya saja perlu tekad yang teguh untuk menjalankan bisnis seperti ini, dari pemasaran awal hingga bagaimana membuat konsumen setia dengan bisnis laundry kita.

  • Target Pasar yang Luas

Kelebihan yang selanjutnya adalah banyaknya segmentasi yang dapat dijangkau oleh usaha ini contohnya ; anak kuliah yang jauh dari orangtua, anak kost, lingkungan kerja, apartemen. Banyaknya segmentasi yang dapat dituju ini memudahkan kamu sebagai pemulai bisnis dalam mencari lokasi yang sesuai dan juga membantu menentukan harga sesuai dengan lingkungan dimana bisnis laundry kamu dirikan.

  • Bisnis yang Relatif Mudah

Kemudahan dan kesulitan untuk menjalankan suatu bisnis tidak dapat diukur secara matang. Ukuran yang biasa digunakan hanya dengan kerelatifan. Usaha laundry ini dapat dikatakan sebagai bisnis yang relatif mudah untuk dijalankan. Mengapa? Mencuci pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tidak dapat digantikan oleh kegiatan yang lain. Hal ini menunjang mudahnya mendapatkan konsumen pada bisnis ini. 

Dikatakan lebih mudah dari berbisnis di bidang kuliner karena bisnis ini tidak ada kerugian yang ditanggung, bahan yang digunakan adalah habis pakai dan tidak harus cepat digunakan dalam waktu yang singkat.

Kelemahan Usaha Laundry

bisnis laundry
Image source: Silvers & Bynes Photography
  • Biaya perawatan peralatan relatif mahal

Mencuci pakaian jumlah banyak seperti tidak mungkin bila dilakukan secara manual. Untuk itu perlu mesin cuci sebagai faktor pendukung bisnis laundry ini.

Namun agar mesin cuci bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang, dan tetap awet diperlukan perawatan dimana ada cost yang harus dikeluarkan. Selain menjaga kinerja sekaligus juga menjaga kebersihan mesin cuci. Biaya perawatan ini juga terbilang cukup mahal untuk 1 mesin cuci kamu mengeluarkan kurang lebih 700 ribu hingga 1 juta rupiah (tergantung service yang kamu gunakan).

  • Limbah 

Selain memperhitungkan biaya  yang harus dikeluarkan untuk service mesin dan biaya peralatan lain, kamu juga harus memikirkan bagaimana dengan pengelolaan limbah bekas cucian. Tidak sama dengan cucian di rumah yang per harinya tidak cukup banyak, kamu harus membayangkan saat bisnis yang  kamu jalankan mulai besar dan harus membuang limbah ber bak-bak setiap harinya.

Pastinya jika kamu membuang ini secara sembarangan akan terkena sanksi oleh warga setempat dan perlu diketahui bahwa limbah cucian tidak ramah lingkungan apalagi untuk dibuang dikali yang masih digunakan masyarakat.

Risiko Bisnis Laundry

Source: peralatanlaundry.com

Setiap usaha pasti mempunyai risiko yang harus dihadapi, begitupun dengan memulai bisnis laundry ini. Risiko ini munculnya bisa dari faktor eksternal dan internal.

Risiko faktor eksternal dalam bisnis ini adalah saat terjadinya pemadaman listrik dan air. Saat hal ini terjadi maka pekerja laundry tidak dapat menggunakan mesin cuci sebagai alat untuk mencuci yang menggunakan listrik dan air. Maka kejadian seperti ini harus kamu pikirkan ya jika ingin membuka bisnis laundry. Selain risiko di faktor eksternal, ini juga datang dari faktor internal yaitu adanya kerusakan/ kelunturan pakaian yang tidak disengaja.

  • Persaingan usaha yang cukup ketat

Sekalipun bisnis adalah salah satu bidang usaha yang dibutuhkan oleh banyak orang, namun yang harus diperhatikan adalah jangan sampai supply lebih besar dari demand. Artinya jangan sampai banyaknya penyedia bisnis di bidang ini lebih besar daripada jumlah konsumen dan menjadikan persaingan di dunia ini sangat ketat. karena jika dilihat-pun perkembangan bisnis ini semakin banyak diminati orang juga.

Kesimpulan Bisnis Laundry

Tiap bisnis pasti ada kelebihan dan kekurangan masing – masing, tapi melihat kebutuhan masyarakat, bisnis laundry bisa dibilang menjadi bisnis yang cukup mudah dan bisa memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan apabila dijalankan dengan baik dan benar.

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan jika kamu membuka usaha laundry, dan hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah memilih supplier yang tepat yang menjual kebutuhan usaha kamu dengan harga yang terjangkau namun tetap berkualitas.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar