#BusinessStory: Rama Laundromat, Pioneer Bisnis Laundry Koin di Indonesia!

Ralali Business Story | Rama Laundromat

0

RALALI BUSINESS STORY RAMA LAUNDROMAT

Rama Laundromat

Ralali Business Story

Halo! Kami ingin tahu, siapa Anda dan bisnis yang Anda jalankan?

Halo. Saya Taufan Harbivian, Institutional Sales dari Rama Laundromat.

Jadi, bisnis ini telah ada sejak 2013. Saat itu gerai pertama kami dibuka di Margonda Raya, Depok. Tujuannya adalah, kami ingin mengenalkan sistem laundry drop-off satuan serta kiloan dengan harga yang jauh lebih murah. Kami sendiri adalah pioneer bisnis koin laundry dengan konsep layanan sendiri  (self-service)― pertama di Indonesia, lho.

Layanan  yang tersedia  di gerai Rama Laundromat ini tidak hanya untuk daily wash tetapi juga tersedia cuci wet cleaning (cuci satuan, sepatu,  tas dll) & carpet cleaning.Bermula dari Margonda, saat ini Rama Laundromat sudah mempunyai 6 gerai outlet di area Jabodetabek.

 

Apa yang menginspirasi Anda dalam menciptakan Rama Laundromat?

Saya melihat bahwa bisnis laundry dalam beberapa tahun belakangan ini memang menjanjikan. Dulu ‘kan laundry kan diperuntukkan kelas atas, atau biasanya hanya digunakan untuk mencuci pakaian-pakaian khusus seperti setelan jas mahal, gaun, dan jenis lainnya.

Namun setelah masyarakat mengenal sistem laundry satuan dan kiloan dengan harga yang jauh lebih murah. Masyarakat jadi seolah termanjakan dan memanfaatkan jasa ini setidaknya seminggu sekali. Jadi menurut kami, berbisnis laundry adalah  lahan yang menggiurkan untuk menambah pundi-pundi keuangan.

rama laundromat laundry koin ralali business story
Sumber: Ralali Business Story | Rama Laundromat
Bagaimana proses memulai dan peluncuran Rama Laundromat?

Memilih lokasi tempat usaha di area komersial (apartemen, perumahan, pusat perbelanjaan dll) dengan luas ideal 60-80 meter persegi. Dan tentunya, dana alias modal alias uang, yah.

Dana investasi estimasinya 500 juta rupiah untuk pembelian mesin  cuci-pengering koin, peralatan elektronik & non elektronik, chemical laundry, renovasi tempat usaha, promosi.

[ Baca Juga: Mengenal Bisnis Laundry Koin Dan 8 Keuntungannya Jika Anda Memilikinya! ]

Siapa target pasar Anda? Dan bagaimana cara Anda menarik perhatian customer Anda?

Target market kami adalah semua umur. Tapi khususnya sih, ibu-ibu, karena ‘kan biasanya ibu rumah tangga yang mengurus laundry. Namun anak kos atau mahasiswa/i juga sering memakai jasa kami.

Karena konsep kami adalah self-service, maka resiko pakaian tertukar akan lebih minim―bahkan sangat jarang terjadi, karena konsumen sendiri lah yang memperhatikan cuciannya. Soalnya keluhan konsumen laundry yaitu seringnya ketukaran pakaian orang lain. Jadi mengetahui bahwa konsumen bisa mengurus sendiri tapi tetap gampang, ya menurut kami ini adalah cara terbaik dalam menarik perhatian pelanggan.

 

Bagaimana harapan dan rencana bisnis Anda?

Kami punya rencana dan impian yang sederhana. Kami akan terus fokus mengembangkan bisnis bersama namun tetap memerhatikan lingkungan. Rama Laundromat juga akan terus melakukan inovasi untuk melayani kebutuhan pelanggan dengan bekerja sama dengan picklon sebagai aplikasi antar jemput laundry sesuai kebutuhan pelanggan.

 

Saran atau nasihat yang ingin Anda sampaikan untuk rekan yang baru ingin atau baru saja memulai bisnis?

Lokasi bisnis itu sangat penting. Selama Anda meletakkan bisnis  Anda berada di area yang strategis  seperti mall, perkantoran, apartemen, hotel budget, bukan tidak mungkin dalam kurun waktu kurang dari satu tahun Anda akan langsung balik modal.

RAMA LAUNDROMAT

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.