Awas! 5 Makanan Ini Sering Bikin Kecanduan

0

Tahukah kamu apa yang menyebabkan seseorang sulit berhenti makan, terutama saat menyantap makanan yang manis? Hal ini terjadi karena adanya zat adiktif seperti gula yang tingkat candunya setara dengan kokain.

Bukan saja makanan manis yang mengandung zat adiktif, tapi juga beberapa makanan tertentu yang secara kita gak sadari juga mengandung zat adiktif. Seperti dilansir dari News24 (22/10) berikut 5 makanan yang paling bikin orang kecanduan. Selalu ingin makan lagi dan lagi.

 

Coklat

makanan bikin kecanduan

Tahukah kamu cokelat yang selama ini dipercaya sebagai mood booster yang bisa memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik, mengandung alkaloid yang juga bisa ditemukan dalam alkohol.  

Selain itu di dalam cokelat juga terkandung zat adiktif seperti, kafein dan gula yang diyakini bisa membuat ketagihan. Nah, Untuk membatasi zat adiktif masuk kedalam tubuh pilih jenis dark chocolate dengan kandungan cacao 70% tanpa tambahan gula.

 

Es krim

Makanan Bikin Kecanduan

Siapa yang tidak menyukai es krim, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pasti sulit menolak untuk makanan yang satu ini. Tapi tahukah kamu es krim juga mengandung lemak dan kadar gula yang tinggi, yang bisa menyebabkan kecanduan loh. Sebuah penelitian bahkan menemukan es krim dan kokain memiliki tingkat candu yang sama tingginya. Jika ingin tetap mengkonsumsinya kamu bisa memilih es loli yang terbuat dari bahan-bahan sehat seperti buah-buahan.

Makanan yang digoreng

Makanan bikin kecanduan

Mungkin agak membingungkan tapi memang menyantap makanan yang digoreng bisa memberikan efek adiktif, seperti pada kentang goreng dan ayam goreng. Hal ini terjadi karena adanya bahan adiktif pada minyak yang digunakan untuk menggoreng. Namun gak usah khawatir, karena ada cara lain menggoreng tanpa terkena zat adiktif. Yaitu dengan menggunakan Air Fryer atau menggoreng tanpa minyak tapi dengan udara panas. Dengan menggunakan alat tersebut bisa memasak dengan waktu cepat, tanpa minyak dan makanan yang dihasilkan juga lebih sehat.

Pizza

Makanan bikin kecanduan

Loh kok bisa sih? Yup, kandungan gula di dalam pizza merupakan zat adiktif yang lebih kuat daripada kokain. Tidak menutup kemungkinan juga zat adiktif yang terdapat dalam pizza yang menjadi alasan mengapa pizza terus diminati.  Disamping itu gula bukan saja berasal dari pizza itu sendiri tapi juga dari saus tomat yang digunakan. Agar lebih aman buatlah pizza kamu sendiri agar kamu bisa menakar bahan- bahan agar tidak berlebihan.

Biskuit

Makanan bikin kecanduan

Lagi-lagi gula membuat makanan menjadi adiktif, seperti pada biskuit. Namun harus diakui semua biskuit pasti memiliki kandungan gula di dalamnya. Yang membedakan adalah banyaknya pemanis yang terdapat biskuit tersebut. Untuk memastikannya cek dahulu kandungan gula melalui keterangan yang tertera di kemasan produk.

 

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.