Bisnis Pisang Nugget, Modal Kecil Peluang Besar

0

 

source: http://www.prfmnews.com/images/banana%20nugget%20fix.jpg

Pisang Nugget

Ah, mendengar namanya saja sudah bikin ngiler, ya!

Biasanya nugget identik dengan daging ayam olahan yang digoreng sampai kuning keemasan. Nah, kalau pisang nugget?

Awalnya pisang goreng nugget terinspirasi dari kuliner Makassar, kota kelahiran pencetusnya, Pak Akhyar. Kalau para sahabat Ralali belum tahu, kuliner Makassar itu terkenal dengan pisang. Salah satu kuliner yang paling terkenal adalah es pisang ijo.

Fakta inilah yang membuat Pak Akhyar ingin memperkenalkan inovasi kuliner Makassar yang berbahan dasar pisang, dan bisa dijual di khalayak umum di Jakarta. Sampai akhirnya ia bereksperimen dan menemukan pisang nugget, sebuah inovasi di dunia perkulineran Indonesia.

Karena ide kreatif Pak Akhyar disukai oleh masyarakat, alhasil belakangan ini banyak yang terdorong untuk mengikuti jejak Pak Akhyar dan membuka outlet bisnis pisang nugget.

Bisnis kuliner yang sedang ngetren ini peluang usahanya masih terbuka luas bagi siapapun. Saat ini memang sedang marak namun outletnya belum banyak dijumpai sehingga kesempatan bersaing masih sangat luas.

Bagi sahabat Ralali yang tertarik untuk menjalankan bisnis pisang nugget, mari simak bahasan di bawah ini:

Pengenalan

Pisang goreng biasanya menggunakan balutan tepung terigu yang dicampur telur. Sedangkan pisang nugget adalah pisang yang digoreng dengan balutan telur, tepung terigu, dan tepung panir/roti.

Bahan baku terdiri dari pisang raja/tanduk/kepok, terigu serbaguna, telur, tepung kanji/tapioka/sagu, susu bubuk, gula-garam, minyak goreng berkualitas baik, dan yang terpenting, tepung panir/roti. Kualitas tepung panir akan menentukan kerenyahan pisang nugget, yang dimana akan mempengaruhi keseluruhan kualitas rasa dari pisang nugget Anda.

Peralatan yang dibutuhkan berupa peralatan dapur, etalase/gerobak, peniris minyak, dan lainnya.

Persiapan

Modal yang dibutuhkan beragam ketika menggeluti bisnis pisang nugget. Dalam perhitungannya, bisnis pisang nugget dapat dimulai dari range harga 3 juta. Modal dikalkulasi berdasarkan skala usaha. Bisnis pisang nugget berskala kecil tentu membutuhkan modal yang lebih kecil, mulai dari kapasitas bahan baku yang lebih sedikit, tempat sewa yang lebih kecil, peralatan, perlengkapan, dan sebagainya.

Bagi Anda yang bingung harus memulai dari mana, membuka outlet kecil di gerobak juga dapat menjadi pilihan Anda. Bisnis pisang nugget merupakan bisnis yang pasarnya luas. Maka mau dibuat versi apapun, esensinya akan tetap sesuai.

Pertimbangan

Bisnis pisang nugget memiliki beberapa kelebihan. Antara lain, bahan baku mudah didapat, harga bahan baku yang relatif murah membuat harga jual produk terjangkau untuk semua kalangan. Resep juga bisa dimodifikasi sesuai dengan kreativitas.

Namun, ada juga kelemahannya. Produk tidak awet sehingga jangkauan distribusi produksi terbatas, standar bahan dan pengolahan sulit diseragamkan, dan umumnya tenaga kerja produksinya masih minim.

Nah, untuk para sahabat Ralali yang ingin memulai bisnis pisang nugget, alangkah baiknya memikirkan secara matang bagaimana cara mengatasi kelemahan dari bisnis ini, serta mengoptimalkan kelebihannya.

Persaingan

Maraknya bisnis kuliner kekinian terkadang sampai membuat kita kewalahan mengurusinya, apalagi jika kompetitor sekitar memiliki keunggulan dibanding kita. Tentunya bisa membuat diri kita minder. Dalam menjalankan bisnis pasti ada hambatan. Semua tergantung pada bagaimana kita menyikapi untuk mencari solusi supaya tidak menimbulkan resiko besar.

[ Baca Juga: Bisnis Kuliner Kekinian Terus Berjamur, Bagaimana Cara Bersaing? ]

 

Semoga artikel Bisnis Pisang Nugget ini membantu Anda.

Salam sukses!

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.