#BusinessStory: Perjuangan Mengharukan Seorang Single Mom 23 Tahun Hasilkan 50 Juta Per Bulan Dari Modal Nol Rupiah

Ralali Business Story Mawar Langit

0

Mawar Langit

Mawar Langit

Mawar Langit Florist

Ralali Business Story

 

Halo! Kami ingin tahu, siapa Anda dan bisnis yang Anda jalankan?

Hai, saya Tabitha Novianti Pratiwi, pemilik Florist Mawar Langit.

Mawar Langit adalah online flower shop yang hanya menjual buket bunga segar, berkualitas terbaik, serta harga termurah di Tangerang Selatan. Proses rangkai bunga selalu dibuat 2 jam sebelum pengiriman demi menjaga kualitas kesegaran bunga.

Berdiri sejak tanggal 1 September 2016, dengan modal nol mampu memberikan omzet rata-rata 50 juta/bulan.

Nama Mawar Langit sendiri terinspirasi dari kecintaan saya terhadap bunga mawar dan nama buah hati saya, Skyler, yang dimana Sky berarti ‘langit’.

Mawar Langit
Ralali Business Story | Sumber: Instagram Mawar Langit
Apa yang menginspirasi Anda dalam menciptakan Mawar Langit?

Cerita bermula ketika saya harus bertanggung jawab atas hidup anak saya, Skyler. Menanggung beban seorang diri sebagai single mom, saya terus berpikir cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan sembari mengurus anak saya dan juga kuliah.

Awalnya, saya benar-benar tidak tahu harus menggeluti bisnis apa. Ide ada, business plan juga saya buat, namun selalu terhambat modal. Saya sempat frustasi karena harus membagi antara waktu saya dengan anak, kuliah, dan merintis bisnisㅡ dan semua harus dilakukan di satu tempat, yaitu di rumah saya sendiri.

Saya bohong apabila saya bilang saya tidak memaksakan diri. Puji Tuhan, saya didukung oleh keluarga dan diberi pertolongan dari Tuhan. Muncul tekad saya untuk mendirikan bisnis florist online.

Awalnya, saya hanya membuat buket jika ada teman yang meminta. Sembari sibuk mencari peluang bisnis lain, baru lah saya tersadar bahwa bisnis merangkai bunga ini merupakan satu-satunya bisnis yang menghasilkan untuk saya. Dari situ, muncul lah Mawar Langit.

 

Bagaimana proses memulai dan peluncuran Mawar Langit?

Saya selalu bangga ketika harus berbicara bagaimana saya memulai semua ini. Soal modal, saya tidak mengeluarkan sepeser pun, alias, nol. Bagaimana saya memulainya?

Saya hanya mencari foto bunga yang sudah saya buat, mempublikasikannya di akun Instagram, dan promosi ke teman-teman. Tips dan trik utama dalam berbisnis online adalah harga dan promosi besar-besaran.

Dalam masa pembukaan Mawar Langit, saya membuat promo diskon 30% selama 2 bulan. Tujuannya untuk menarik customer di luar lingkungan saya dan menambah foto bunga di feeds Instagram Mawar Langit.

Untuk menghemat biaya, saya sendiri turun tangan ke pasar bunga, juga setiap kebun di daerah Puncak dan Lembang. Selama 6 bulan saya berkenalan dan belajar tentang bunga, juga mencari supplier yang satu visi misi dengan saya, membuat bisnis florist besar di kalangan anak muda.

Saya menghabiskan waktu minimal 3 jam, hanya untuk berbincang dengan para penjual bunga. Saya juga membantu mereka berjualan di pasar. Hal yang sama saya lakukan ketika mengunjungi kebun, minimal 5 jam, berbincang dan membantu orang di sana.

Semua itu saya lakukan untuk membangun sebuah kepercayaanㅡ membuat mereka yakin bahwa saya adalah orang yang dapat dipercaya.

Satu lagi modal awal saya. Doa.

Dari awal saya berkomitmen bahwa saya akan membentuk Mawar Langit sebagai bisnis Tuhan. Saya bermimpi bahwa bisnis ini bisa membawa banyak orang merasakan berkat Tuhan, melalui saya yang merangkai bunga untuk menyampaikan wujud kasih dan ketulusan pelanggan saya kepada orang yang mereka sayangi.

Saya yakin bisnis ini tidak akan berjalan tanpa adanya bantuan Tuhan yang memberikan saya mujizat.

Ralali Business Story Mawar Langit
Ralali Business Story | Rumah Sederhana Tempat Tabitha Menanamkan Harapan (Sumber: Mawar Langit)
Apa saja tantangan dalam menjalani atau mengembangkan Mawar Langit?

Ketika menjalankan Mawar Langit tentu banyak tantangan dan episode cerita yang agak mencekit. Saya sering ditipu oleh customer. Mulai dari tidak membayar, sudah dibuatkan tetapi kabur, dan masih banyak lagi.

Saya juga pernah ditipu oleh keluarga yang saya kenal. Miris, sampai detik ini belum dibayar (dan menurut saya) tidak akan dibayar.

Sedih? Tentu.

Tetapi saya mempunyai mindset bahwa jika saya ikhlas, maka akan diganti berlipat ganda oleh Tuhan. Saya percaya, kerugian yang saya alami kelak menjadi tabungan, kebaikan yang saya tanam kelak menjadi berkat.

Masalah akan selalu terlewati. Mujizat akan terjadi.

 

Siapa target pasar Anda? Dan bagaimana cara Anda menarik perhatian customer Anda?

Anak muda, usia 15 – 27 tahun. Di usia ini, banyak dari mereka yang memiliki karakteristik rela membeli bunga untuk keluarga, teman, kekasih, atau mantan! Gaya hidup membeli bunga menjadi suatu tren di kalangan milennial Indonesia. Dan bagi yang menerimanya, merupakan sebuah gengsi dan kebanggaan tersendiri.

Untuk menarik customer, Mawar Langit selalu mengutamakan kepuasan dan kepercayaan.

Customer yang merasa puas akan dengan sendirinya mempromosikan Mawar Langit kepada orang lain di sekitarnya.

Promosi tanpa modal, tetapi branding tetap jalan.

 

Bagaimana harapan dan rencana bisnis Anda?

Dalam 3 tahun, diharapkan Mawar Langit dapat membuka sekitar 2-4 cabang, tersebar di area Jabodetabek.

Dalam 5 tahun, Mawar Langit berencana untuk bermain di sekitar pasar wedding organizer, mulai dari buket bunga sampai dekorasi acara. Spesialnya, budget bisa ditentukan sesuai keinginan customer!

Dalam 10 tahun, Mawar Langit akan mendirikan Flower Market, menyediakan tempat untuk supplier bunga. Juga sekolah Florist & Flower Design, sehingga bisnis florist dapat berkembang dan berkelas di Indonesia.

 

Saran atau nasihat yang ingin Anda sampaikan untuk rekan yang baru ingin atau baru saja memulai bisnis?

Do it for your God!

Tentukan dahulu impian kalian, jadikan bisnismu menjadi harapan. Berkomitmen penuh dan terus kerjakan walau hanya ada 1 pesanan dalam seminggu. Terus percaya bahwa proses yang baik akan menghasilkan bisnis yang baik. Coba untuk memberkati orang lain, membuat orang tersenyum karena bisnismu, maka bisnismu akan terus naik, naik,dan naik.

Ingat bahwa jika sekali pun bisnismu jatuh, itu hanya merupakan sedikit dorongan untukmu agar kita ingat kembali kepada impian yang sudah kita tentukan dan harus diwujudkan.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.