Cara Memeriksa dan Memelihara Alat Pemadam Api Dengan Benar

0

Cara Memeriksa Dan Memelihara Alat Pemadam Api Dengan Benar

Cara Memeriksa Dan Memelihara Alat Pemadam Api Dengan Benar – Alat pemadam api sangat dibutuhkan ketika darurat, menyediakan alat ini di kantor ataupun rumah adalah hal yang sangat bauk untuk mencegah terjadinya kebakaran supaya tidak bertambah besar.

Pemeriksaan ataupun pemeliharaan alat pemadam api di perkantoran ataupun apartemen mungkin telah dilakukan oleh instansi yang sudah berpengalaman. Akan tetapi untuk yang  mempunyai alat pemadam api di kantor pribadi ataupun di rumah ada yang belum tahu mengenai cara perawatannya sehingga apabila anda sudah membeli alat tersebut anda hanya memajangnya saja dan sewaktu diperlukan ternyata alat tersebut tidak berfungsi, oleh karena itu pembahasan mengenai cara memeriksa serta merawat alat pemadam api amat penting untuk diketahui. Silahkan baca artikel ini lebih lanjut serta terapkan kepada alat pemadam yang anda miliki.

Cara Memeriksa Alat Pemadam Api

1. Cek Manometer

Untuk alat pemadam api tipe stored pressure, lakukanlah pemeriksaan terhadap manometernya secara rutin, apakah pada jarum penunjuknya berada di tengah atau berada di warna hijau.

2. Cek Segel APAR

Periksalah apakah segel pengaman APAR tidak putus, jika ada segel dalam keadaan putus dikhawatirkan APAR sudah dipakai atau sudah digunakan entah itu sengaja ataupun tidak sengaja.

Jika segel APAR ada yang rusak atau putus, maka lepaskanlah selang dari valve, apakah da butir-butir bekas serbuk di lubang valve serta di noxxle selang. Jika terdapat butir-butir bekas serbuk maka mesti segera diisi ulang.

Cara Memelihara Alat Pemadam

1. Penempatan Alat Pemadam Api

Khusus untuk alat pemadam api tipe Dry Powder seharusnya ditaruh digantung, tidak ditaruh di bawah lantai supaya serbuk tidak cepat membeku karena pengaruh dinginnya lantai. Serta tidak ditempatkan di tempat yang lembab serta tidak tersorot sinar matahari langsung.

Baca: Tips Menyimpan Alat Pemadam Api Di Rumah

2. Pemeriksaan Rutin

Lakukanlah pemeriksaan secara rutin, lebih baik periksa setiap tiga bulan sekali. Lakukanlah pemeriksaan seperti pada ketentuan dalam cara memeriksa seperti di atas. Untuk perkantoran ataupun bangunan di wajibkan terdapat kartu kontrol hasil pemeriksaan yang dicatat petugas yang ditugaskan.

Itulah beberapa tips cara memeriksa dan memelihara alat pemadam api dengan benar, semoga bisa membantu anda untuk bisa merawat alat tersebut dan supaya bisa digunakan ketika kondisi darurat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.