Cara Menggunakan Treker Bearing

0

Bearing, Anda tentu ingin mengetahui apakah komponen jenis ini bisa dilepas pasang? Adalah treker bearing, sebuah alat yang kerap digunakan oleh teknisi dalam melepas komponen bearing. Dan biasanya, jika alat ini digunakan maka salah satu komponen tersebut tidak dibuang semua dan akan digunakan kembali, untuk itu, perlu cara menggunakan treker bearing yang baik dan benar.

Cara Menggunakan Treker Bearing
Saft-Bearing

Terkadang, beberapa teknisi menggunakan cara sendiri alias melepas salah satu komponen bearing dengan cara pukul menggunakan godam (palu besar dengan bobot pukul cukup berat). Sebenarnya untuk teknik tertentu memang diperbolehkan, dan sebaiknya ketahui bagian mana yang harus dipukul dan jangan sampai mempengaruhi bagian lain yang akan digunakan kembali.

Memasang bearing dengan menggunakan hammer dapat menyebabkan kerusakan karena tumbukan yang keras (sharp impacts). Sebaiknya pasanglah bearing dengan menggunakan alat press yang melingkar atau bentuk lain yang dapat menekan permukaan bearing dengan beban yang rata. Untuk itu, perhatikan benar cara menggunakan treker bearing.

Cara Menggunakan Alat Press Melingkar (Treker)

Ada beberapa jenis alat press melingkar yang digunakan untuk melepas atru memasnag bearing, yang pertama adalah struktur lepas pasang yang terdiri dari lempeng press baja, beberapa baut ulir, mur pengunci dan tuas menyerupai huruf T yang bagian bawahnya sebagai pendorong untuk melepas dan memasang. Ini biasanya dikenal dengan Treker Dua Kaki.

Cara Menggunakan Treker Bearing
Treker-Dua-Kaki

Nah, jenis kedua dari treker bearing adalah Treker Tiga Kaki, yang mana struktur mekanis tidak terdapat baut ulir panjang dan mur pengunci, terdiri dari kaki tiga yang berfungsi untuk mencengkram bagian paling luar bearing.

Cara Menggunakan Treker Bearing
Treker-Tiga-Kaki

Meski begitum keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk melepas dan memasang komponen bearing. Berikut adalah cara menggunakan treker bearing sederhana yang bisa Anda lakukan untuk melepas komponen bearing;

1. Siapkan Treker Bearing

Seperti yang telah Kami utarakan sebelumnya bahwa untuk melepas dan memasang komponen yang terdapat pada bearing diperlukan alat press melingkar, siapkan alat tersebut. Tak perlu kaduanyam salah satu diantaranya cukup untuk bisa Anda gunakan melepas komponen bearing.

2. Siapkan Pengapit Landasan

Dalam hal ini, sebuah pengapit landasan diperlukan untuk menjaga agar treker bisa dengan leluasa menekan untuk melepas komponen. Anda bisa menggunakan alat apapun sejauh memiliki ketingian dan posisi yang pas. Jika tidak tersedia tentu tidak masalah karena treker telah mengapit dengan kencang bagian luar dari bearing.

3. Posisi Yang Sesuai

Setelah semua tesedia maka untuk melepas bearing diperlukan tenaga yang cukup besar dari tekanan tuas setelah diputar mengencang. Pastikan setiap baut pengunci atau lekuk penahan bagian luar benar-benar terpasang dengan kencang dan pas.

4. Putar Perlahan Searah Jarum Jam

Cara menggunakan treker bearing paling terakhir adalah dengan memutar tuas searah jarum jam, secara perlahan ujung tuas dan shaft bearing akan bersentuhan, pastikan sesuai dan tidak meleset. Tekan perlahan hingga komponen ring dan shaft terlepas bersamaan.

Cara Menggunakan Treker Bearing
Ring-Bearing

Itulah cara sederhana yang bisa Anda lakukan, cukup mudah bukan? Dengan menggunakan alat press melingkar ini Anda akan mendapatkan proses melepas dan memasang bearing dengan bersamaan dan terhindar dari kesalahan yang mengakibatkan komponen akan mengalami kerusakan baik bengkok ataupun hancur salah satunya jika menggunakan hammer.

Demikian cara menggunakan treker bearing dari Kami, jika Anda kerap menggunakan perangkat jenis ini maka Anda bisa membelinya dengan harga sekitar 1 jutaan untuk satu set alat pasang lepas dan jika beberap komponen penting saja paling mahal bisa Anda beli sekitar 300 ribuan. Semoga bermanfaat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.