Cara Menjadi Reseller Sukses Sebagai Big Agent di Ralali.com

0

Semakin banyak jenis usaha yang bisa dimulai oleh seseorang di di era digital saat ini. Hampir semua produk sudah bisa dipasarkan secara digital. Target pembeli yang disasar juga bisa berasal dari berbagai kalangan. Pengelompokkan pasar bisa difokuskan berdasarkan usia, kelompok sosial, dan bahkan kelompok ekonomi yang spesifik sesuai dengan nilai produk yang Anda tawarkan.

Beberapa orang bahkan menilai bahwa menjadi seorang reseller bisa dimulai tanpa modal. Nah, hal ini tentu akan menjadi daya tarik jika Anda sedang ingin memulai usaha. Banyak pelaku usaha yang sukses dengan mulai menjadi reseller tanpa modal sama sekali, loh. Namun, hal ini tentu harus dilakukan berdasarkan kesepakatan dengan semua pihak yang terlibat.

Apa itu Reseller?

Reseller adalah sebutan populer untuk orang yang menjual suatu produk yang diproduksi oleh orang lain. Biasanya, jumlah stok barang yang dimiliki oleh reseller mengikuti jumlah stok barang dari penjual pertama. Penjual pertama biasanya menentukan harga minimal untuk dijual kembali oleh reseller, tapi reseller bisa menentukan harga jual dengan keuntungan tinggi sekalipun.

Bukan hanya bisa menentukan harga sendiri, reseller juga bisa mendapatkan harga dasar yang lebih rendah daripada harga di pasaran. Jadi, keuntungan yang Anda dapatkan saat memulai bisnis sebagai reseller bisa semakin besar. Bukan hanya itu, biasanya akan ada pembinaan komunitas bagi reseller untuk bisa memasarkan produk dengan laris.

Bagaimana Cara untuk Jadi Reseller Sukses?

Jika sudah memantapkan diri untuk memulai usaha sebagai reseller, coba terapkan juga beberapa strategi usaha agar bisa sukses menjalankan bisnis. Bukan hanya usaha untuk mendapatkan keuntungan yang besar, tapi juga bisnis yang mampu bertahan dengan waktu yang lama. Berikut ini beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk mulai bisnis menjadi reseller dari nol.

Pilih Supplier Barang yang Profesional

Agar kerja sama usaha bisa langgeng untuk waktu yang lama, pastikan untuk memilih partner usaha terbaik. Bukan hanya dari segi kualitas produk, tapi juga komunikasi dan branding yang dilakukan oleh partner. Tidak sedikit supplier yang merupakan merek produk terkenal dan juga tidak segan untuk ikut membantu reseller-nya melakukan distribusi produk mereka.

Nah, supplier seperti itulah yang layak untuk diajak bekerja sama, bukan hanya untuk waktu singkat. Di masa yang akan datang, Anda bahkan bisa mendapatkan keuntungan kerja sama yang lebih banyak. Hal ini akan menjadi daya tarik tambahan bagi para konsumen.

Tentukan Harga Jual yang Bersaing

Anda memang akan mendapatkan harga produk yang lebih murah sehingga bisa menentukan untung setinggi-tingginya. Namun, jangan sampai hal ini menjadi boomerang karena barang jualan malah mungkin tidak diminati calon pembeli jika harganya terlalu mahal. Jadi, bagaimana cara menentukan harga barang yang tepat? Pastikan untuk melakukan kalkukasi harga dan melihat kondisi pasar.

Anda bisa memberikan beberapa gimmick promo jika ingin memberikan harga yang murah. Hal ini akan membuat pembeli tertarik untuk berbelanja. Gunakan momentum tematik pada event tertentu seperti hari ibu, hari kemerdekaan, tahun baru, dan sebagainya. Jika sudah berhasil mendapat ‘perhatian’ dari para pelanggan, barulah pasang kembali harga normal untuk ditawarkan.

Selektif Memilih Produk untuk Dijual

Meskipun sudah memilih merek produk yang populer, Anda sebaiknya juga tidak begitu saja mengambil semua barang untuk dipasarkan. Kenali nilai jual dan daya tarik produk yang sesuai dengan target pasar dari usaha Anda. Dengan begitu, tidak akan ada barang yang tersisa dan tidak bisa terjual atau bahkan kedaluwarsa.

Bagaimana jika harga produk yang diminati terlalu mahal? Mulailah dengan menyediakan stok dalam jumlah sedikit. Dengan untung yang didapat, putarkan kembali modal Anda untuk membeli lebih banyak produk. Nah, hal ini juga bisa jadi salah satu strategi bagi calon pembeli. Saat stok barang Anda habis, artinya pembeli tahu bahwa banyak orang yang mengincar. Jadi, bisa coba buat sistem pre-order, deh.

Manfaatkan Media Sosial untuk Penjualan

Di era digital ini, hampir tidak mungkin jika ada usaha yang tidak memanfaatkan fungsi media sosial untuk memasarkan produknya. Oleh karena itu, Anda bisa terus mengoptimalkan peran media sosial agar dapat meningkatkan jumlah penjualan. Salah satu kunci kesuksesan dari media sosial bukan hanya dari segi konten, tapi juga konsistensi untuk mengelola media sosial sebagai sarana informasi bagi para pelanggan.

Pelajari Strategi Kompetitor

Hal yang tidak bisa dihindari saat Anda melakukan usaha sebagai reseller adalah kompetitor. Kecil kemungkinan Anda hanya menjadi satu-satunya kompetitor yang memasarkan produk. Namun, jangan jadikan hal tersebut menjadi hambatan yang membuat Anda merasa rendah diri. Dalam hal ini, cobalah untuk memperhatikan para kompetitor dan mempelajari strategi yang membuat usahanya lebih sukses.

Bergabung Jadi Reseller di Ralali.com

Salah satu cara untuk mulai jadi reseller bisa Anda lakukan dengan bergabung dengan salah satu anak perusahaan Ralali.com yaitu BIG Agent. BIG Agent merupakan platform layanan dengan fokus B2B yang menawarkan produk dalam jumlah besar (grosir). Nah, setiap Agent akan berperan untuk melakukan beberapa jenis pekerjaan berbeda dan mendapatkan penghasilan sesuai dengan pencapaian.

Pekerjaan yang diberikan pada BIG Agent merupakan pekerjaan yang resmi dan diberikan oleh klien skala perusahaan. Beberapa pihak yang memberikan pekerjaan adalah sebagai berikut.

  • Perusahaan yang aktif menggunakan jasa pekerja lepas
  • Distributor produk barang (principal)
  • Lembaga penelitian untuk kebutuhan usaha

Jenis pekerjaan yang dilakukan oleh BIG Agent juga bisa dipilih sesuai dengan bidang yang Anda sukai sehingga tidak ada keterikatan dalam mengerjakan tugas. Nantinya, BIG Agent bisa melakukan beberapa aktivitas sepertu menjual produk sebagai reseller resmi, mengakuisisi kebutuhan perusahaan, dan melakukan penelitian data. Karena itulah, berikut ini proses yang perlu dilalui untuk menjadi BIG Agent.

  • Lakukan pendaftaran dengan mengakses formulir yang bisa diakses melalui agent.ralali.com
  • Isi semua kelengkapan data dengan benar
  • Tim BIG Agent akan menghubugi Anda untuk melakukan verifikasi data diri
  • Calon agent akan diundang oleh tim BIG Agent untuk melakukan briefing
  • Dapatkan detail akun BIG Agent berupa username dan password
  • Login ke akun BIG Agent melalui aplikasi
  • Pilih pekerjaan yang cocok dengan minat dan keahlian

Hal-hal yang perlu dipastikan saat melakukan pendaftaran akun adalah memastikan bahwa data diri Anda sudah sesuai dengan KTP dengan alamat email yang masih aktif dan valid. Pastikan juga untuk memasukkan nomor handphone dengan benar agar verifikasi data diri bisa dilakukan dengan cepat.

Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin memulai usaha sebagai reseller. Sebagai tambahan, Anda juga bisa dapat pengalaman profesional yang lebih banyak jika bergabung menjadi BIG Agent. Bukan hanya jadi reseller, ke depannya Anda mungkin bisa melakukan produksi sendiri, deh.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.