Cara Merawat Selang Pemadam Kebakaran Agar Awet Digunakan

0

cara merawat selang pemadam kebakaran

Fire Hose atau selang pemadam kebakaran memerlukan perawatan khusus supaya awet serta dapat dipakai setiap waktu. Pemakaian serta perawatan selang pemadam kebakaran mesti sesuai dengan aturan baku supaya selang pemadam kebakaran bisa berfungsi normal ketika dipakai. Selang tidak bocor dan bisa mengalirkan air dari fire hydrant dengan baik, selang tidak lengket serta tidak kaku. Dari selang yang beredar di pasaran terdapat 2 jenis selang yaitu tipe PU atau Canvas yang umumnya berwarna putih serta Tipe Karet Rubber. Secara garis besar kedua jenis selang tersebut pemakaian serta perawatannya sama. Yang membedakan kedua jenis selang tersebut yaitu dari bahan dasarnya sehingga tingkatan keawetannya pun berbeda-beda. Untuk selang pemadam kebakaran jenis Karet Rubber dianggap dapat tahan lebih lama jika dibandingkan dengan selang pemadam kebakaran jenis Canvas, harga selang tipe Karet Rubber pun lebih mahal.

Baca Juga : Tips Menyimpan Selang Pemadam Api di Rumah (APAR)

Pada selang pemadam jenis canvas serta jenis karet Rubber perawatannya sama, baca artikel ini lebih lanjut sebab artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara merawat selang pemadam kebakaran agar awet digunakan.

Cara Merawat Selang Pemadam Kebakaran agar Awet

Salah satu cara supaya selang pemadam kebakaran bisa awet digunakan yaitu dengan memperhatikan pemakaian selang tersebut. Penempatan selang sering kali tidak diperhatikan atau diabaikan oleh sang pemilik sehingga ketika selang pemadam kebakaran hendak dipakai malah tidak bisa bekerja dengan baik. Tempatkanlah selang pemadam kebakaran sesuai pada tempatnya yaitu pada Hydrant Box dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui apakah selang pemadam kebakaran masih dalam kondisi bagus atau tidaknya. Cobalah sesekali untuk melakukan simulasi pemakaian selang pemadam kebakaran, dengan melakukan simulasi pemakaian akan membuat selang lentur serta tidak kaku. Pastikan selang tidak diseret sebab gesekan selang terhadap tanah ataupun aspal akan berpotensi kebocoran selang itu sendiri. Ketika menggulung selang pun mesti diperhatikan apakah akan memakai metode single roll ataupun double roll.

Cara Merawat Selang Pemadam Kebakaran Agar Tidak Lengket

Setelah memakai selang pemadam kebakaran tentunya selang akan basah entah itu pada bagian luar ataupun bagian dalam. Jika hal ini tidak segera dikeringkan maka selang akan lengket serta berjamur. Apa bila hal tersebut terjadi, selang tidak bisa dipakai sebab air tersumbat. Hal seperti ini akan berdampak negatif ketika hendak melakukan pemadaman sebab petugas mesti mengalirkan air terlebih dahulu. Hal selanjutnya yang mesti diketahui yaitu jangan memberikan tekanan lebih terhadap selang sebab selang pemadam kebakaran bisa pecah.

Penulis : Vei

Editor : Angga

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.