Inilah Daftar Jenis Besi Baja Ringan yang Perlu Anda ketahui

0
daftar jenis baja ringan
Source : apkpure.com

Saat ini dengan semakin maraknya pembangunan, tentu saja Anda bisa menemui berbagai jenis material yang bertebaran di pasaran. Apalagi di berbagai proyek yang sedang banyak di kerjakan. Berkaitan dengan hal tersebut, tentu saja ada banyak produk baru di dunia bangunan yang mungkin belum banyak Anda ketahui seluk beluknya, namun Anda sudah menemukannya di lapangan.

Nah, berkaitan dengan itu, jika sejauh ini memang banyak menekuni dunia tersebut, atau sedang merencanakan proyek tertentu, alangkah baiknya jika Anda mengenal lebih jauh beberapa produk penting terkait. Dan salah satu diantaranya yang sangat banyak dimintai saat ini adalah baja ringan. Tentu saja dengan kelebihan dan penggunaan sesaui kebutuhan.

Berbicara mengenai penggunaan besi baja ringan, tentu saja sudah tidak asing lagi jika memang baja ini memiliki beberapa jenis. Sedangkan jenis besi baja ringan tersebut pastinya tidak kalah penting juga untuk dikenali lebih jauh lagi. Oleh karenanya, berikut ini disajikan beberapa informasi lebih jauh terkait baja ringan sekaligus ulasan singkat mengenai jenis-jenisnya.

Contents

Mengenal Lebih Jauh Tentang Baja Ringan

Sebenarnya apa sih baja ringan itu? Sebelum lebih jauh membahas mengenai apa saja jenis yang di tawarkan dalam produk umum baja ringan, tentu saja ada beberapa hal penting yang terlebih dahulu memang harus Anda ketahui. Salah satunya adalah pengertian baja ringan itu sendiri. Karena dalam hal ini sebenarnya baja ringan ini mirip-mirip dengan baja konvensional pada umumnya.

Secara lebih spesifik, baja ringan terbuat galvalum, yaitu material baja dengan pelapisan yang mengandung unsur karbon, alumunium dan zinc yang tahan terhadap korosi dan sesuai standart ISO.

Ringan dan tipis serta memiliki kualitas yang baik sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan penting. Tentu saja terkait kebutuhan ini kembali lagi disesuaikan pada bagaimana jenis besi baja ringan yang di maksud.

Tidak dapat di pungkiri juga bahwa keberadaan baja ini di dunia konstruksi sangatlah penting. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda selalu menemukannya di setiap proyek yang sedang di selesaikan. Sedangkan untuk tipe bajanya sendiri adalah baja karbon dengan tingkat karbon yang rendah. Karena itulah baja ini biasa di sebut juga dengan baja karbon rendah karena kandungannya sedikit.

3 Jenis Baja Ringan

Dengan jenisnya yang khusus, tentu saja sudah tidak asing lagi bahwa baja ringan ini pun memiliki fungsi yang serba khusus. Sedangkan diantara fungsi tersebut antara lain adalah sebagai baja structural, untuk keperluan mebel, dekorasi, pagar dan sejenisnya. Sedangkan untuk jenisnya, setidaknya ada 3 jenis baja ringan yang perlu Anda ketahui, yakni bodek, spandek dan truss.

Baja Ringan Dengan Jenis Bondek

ARTIKEL TERKAIT

Cara Pemasangan Baja Ringan yg Perlu Anda ketahui

12 Feb 2019

Inilah 8 Bahan Bangunan yang Kuat & Kokoh

20 Jul 2018

Daftar baja ringan pertama adalah bondek, merupakan salah satu dari sekian jenis baja ringan yang tersebar di pasaran. Biasanya, jenis ini di gunakan dalam rangka pengaplikasian baja pada tulangan satu arah. Adakalanya juga di gunakan pada proyek yang berhubungan dengan konstruksi bangunan beton.

Selanjutnya, tentu saja jenis ini memiliki kelebihan khusus dalam aplikasinya jika dibandingkan jenis lain. Sedangkan kelebihan dari penggunaan bondek adalah waktu pengerjaan akan semakin cepat dengan pemasangan yang mudah. Tidak hanya pemasangannya saja, tetapi demikian juga untuk pembongakaran pun juga relatif cepat.

Baja Ringan Dengan Jenis Spandek

Selain bondek, ada lagi yang menarik dalam hal ini, yakni spandek. Pada umumnya, penggunaan spandek ini adakalanya sebagai penutup, dan ada juga yang mengaplikasikan sebagai dinding. Baik dalam rangka penggunaan di perumahan, bangunan industri maupun di bangunan komersia. Penggunaan spandek ini menegaskan adanya unsur keindahan dengan bentuk gelombangnya.

Selanjutnya, dalam pemasangannya baja ringan ini hampir sama seperti jenis sebelumnya, namun tentu saja ada juga beberapa kelebihan khusus. seperti jenis baja ringan spandek ini mudah di pasang mengingat bentuknya yang berupa lembaran. Dengan proses proyek yang lebih cepat, maka tidak heran jika banyak negara yang begitu respect untuk menggunakannya, termasuk Indonesia.

Baja Ringan Dengan Jenis Truss

Terakhir, jenis baja ringan yang akan di bahas di sini adalah truss. Jenis baja ini tidak kalah di minati di dunia kontruksi. Mungkin sejauh ini Anda pun sudah mulai banyak menemukannya di lingkunagn proyek. Di Indonesia, sebenarnya baja ringan jenis ini juga sudah banyak di temukan. Truss ini sendiri pada umumnya di buat dari material utama berupa zinc.

Sedangkan untuk sifatnya, perlu diketahui pula bahwa truss juga mudah sekali dalam pemasangan. Bahkan yang menarik lagi, jenis ini memiliki sifat yang lebih tahan lama dan anti karat bagi produk yang memang sudah dilapisi anti karat. Dengan demikian, tentu saja akan sangat menguntungkan menggunakan truss yang cocok untuk bangunan perumahan dan gedung komersial.

Itulah beberapa informasi mengenai baja ringan sekaligus beberapa jenis besi baja ringan yang mungkin bisa menjadi rujukan Anda. Dalam hal ini perlu diketahui pula bahwa sebelum di pasarkan, biasanya baja ringan ini dalam jenis apa pun akan melalui tahap pengujian terlebih dahulu dan di pastikan sudah layak sesuai standartnya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar