Fungsi dan Cara Menggunakan Quick Coupler

0
Fungsi dan Cara Menggunakan Quick Coupler
Fungsi dan Cara Menggunakan Quick Coupler

Fungsi dan Cara Menggunakan Quick Coupler – Mesin yang membutuhkan tekanan udara didalamnya terdapat beragam jenis komponen yang cukup kompleks. Setiap komponen memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu komponen yang sangat penting yaitu Quick Coupler. Komponen ini berguna untuk menghubungkan dan menyambung pressure angin antar bagian. Salah satunya untuk menghubungkan antara prome-over menuju trailer.

Penggunaan komponen ini biasanya terdapat pada mesin konstruksi dan engine diesel yang memerlukan ketelitian aliran udara bertekanan tinggi. Contohnya pada mesin kompressor atau mesin hidrolik yang menggunakan tekanan udara. Hasil dari kekuatan tekanan udara yang dimampatkan ini akan menghasilkan energi tinggi untuk mempermudah kegiatan. Quick Coupler sangat penting untuk menjaga ketahanan udara yang berpindah dari satu bagian ke bagian yang lainnya.

Fungsi Quick Coupler

Quick Coupler berfungsi untuk menghubungkan atau konektor peralatan pneumatic atau peralatan lain yang membutuhkan supply udara. Supply udara ini biasanya berasal dari kompresor yang sengaja dipasang langsung pada drat kompresor. Drat kompresor biasanya berukuran ¼ inch. Jika penghubungan atau konektor berjalan dengan baik maka udara akan tersalurkan dengan aman. Namun jika penghubung tidak dipasang dengan benar, bisa mengakibatkan kebocoran. Saat ini beberapa komponen ini telah dilengkapi dengan kopling otomatis agar ketika terjadi kebocoran maka arus angin akan terhenti dan secara otomatis dan terhindar dari kecelakaan.

Cara Menggunakan Quick Coupler

Pada dasarnya Quick Coupler terdiri dari dua jenis yaitu male dan female. Seperti halnya pada perangkat colokan listrik yang saling menyambung satu sama lain. Jadi agar anda bisa menggunakan komponen ini dengan baik, anda harus memiliki satu pasangan male dan female. Untuk memasangnya anda hanya perlu memegangnya dengan tangan dan dorong lurus ke arah adapter hingga berbunyi klik. Jika penyambungan sulit dilakukan, gerak-gerakkanlah bagian projection part-nya dan lakukan penyambungan kembali. Ingat jangan melakukan pemasangan dengan memegang bagian lever atau hosenya. Kemudian untuk melepasnya anda hanya perlu mendorong body ke arah adapter dan tekan bagian yang menonjol dengan ibu jari dan putar pojection part ke arah kanan.
Pada dasarnya Quick Coupler memiliki kopling otomatis, jika konektor tidak menyambung maka coupler akan menghentikan arus angin secara otomatis. Hal ini sangat membantu agar terhindar dari kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah berbagai fungsi dan cara penggunaan Quick Coupler yang wajib anda ketahui. Berhati-hatilah saat memasang dan melepaskan komponen ini. Hindari untuk memegang bagian lever dan horsenya, jika pemasangan tidak dilakukan dengan benar bisa jadi udara tidak bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Untuk melihat berbagai Quick Coupler dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali.com. Ralali.com jual Quick Coupler dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar