Ibank Mandiri : Internet Banking Bank Mandiri

0

Ibank Mandiri merupakan salah satu fasilitas yang diberikan Bank Mandiri kepada nasabah untuk mengakses rekening yang dimiliki melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat lunak browser pada komputer. Cara untuk menggunakan Ibank Mandiri adalah dengan melakukan Daftar Rekening. Setelah mendaftar, nasabah akan mendapatkan identitas yang harus diinput oleh setiap nasabah dalam memanfaatkan layanan Ibank Mandiri. Identitas tersebut diistilahkan dengan User ID. Tidak hanya User ID, Personal Identification Number (PIN) unik Ibank Mandiri juga akan diberikan. PIN merupakan nomor identifikasi pribadi yang amat rahasia dan hanya diketahui oleh nasabah Ibank Mandiri.

Dalam transaksi menggunakan Ibank Mandiri, dikenal istilah Token. Token merupakan alat pengaman tambahan untuk menunjang transaksi finansial yang diproduksi dalam 11 warna yang berbeda. Fungsi Token adalah untuk menciptakan PIN Dinamis, atau yang selalu berubah agar tidak mudah dilacak oleh pelaku kejahatan. PIN Ibank Mandiri digunakan sebagai alat melakukan uji keotentikan pada setiap transaksi. Berbeda dengan PIN, User ID dan PIN Mandiri Internet tetap sama. Satu nomor ID nasabah hanya terhubung pada satu nomor serial Token PIN Mandiri, sehingga sifatnya sangat unik (satu-satunya), serta dapat digunakan di semua Channel e-Banking. Untuk mengakses Token, nasabah tidak memerlukan atau alat perangkat khusus, cukup dengan mengakses Mandiri Internet dan hardware berupa PC (Personal Computer) dengan Pentium minimal 133 Mhz, dan modem 28.8 kbps (disarankan 56 kbps). Software yang dapat menunjang fasilitas ini adalah Operating System Windows 98, Windows 2000 atau Windows NT, Browser Microsoft Internet Explorer 5.00 atau Netscape Navigator 4.5, koneksi internet seperti Radnet, CBN, Indosatnet, serta Instant Access seperti Telkomnet Instant atau ISP lainnya.

Cara Mendaftar/Register Internet Banking atau iBank Mandiri

Syarat utama nasabah yang ingin mendaftar Ibank Mandiri yaitu memiliki rekening tabungan, giro rupiah dan atau mata uang lain yang berlaku sebagai rekening penunjang. Jika pendaftaran dilakukan di ATM, nasabah harus memiliki kartu Mandiri Debit. Setelah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, nasabah dianggap telah membebaskan Bank Mandiri dari tuntutan apapun. Tuntutan yang dimaksud adalah yang tercipta Bank tidak dapat melaksanakan perintah dari nasabah baik sebagian maupun seluruhnya karena alasan di luar kekuasaan Bank Mandiri.

Untuk mendaftar Ibank Mandiri, nasabah diharuskan untuk mengisi dan menandatangani Formulir Aplikasi Internet Banking serta SMS Banking melalui cabang atau di situs Internet Bank Mandiri di alamat www.bankmandiri.co.id. Setelah itu, nasabah perlu menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan pemegang rekening. Pada setiap pelaksanaan transaksi, nasabah Ibank Mandiri wajib memastikan kelengkapan perintah pada transaksi seperti kelengkapan input data. Pihak Bank mandiri tidak bertanggung jawab jika terjadi segala dampak mungkin timbul karena kelalaian, ketidaklengkapan, ketidakjelasan, maupun ketidaktepatan data yang diinput oleh nasabah. Untuk memastikan bahwa kebenaran data ditanggung sepenuhnya oleh nasabah, yang bersangkutan harus memasukkan PIN pada kolom yang telah disediakan pada halaman layanan transaksi MANDIRI INTERNET. Karena sudah diverifikasi, segala transaksi yang dilakukan tidak dapat dibatalkan. Segala transaksi akan diakukan melalui Ibank Mandiri kecuali jika saldo rekening nasabah tidak mencukupi atau pihak Bank Mandiri mengetahui atau mempunyai alasan untuk menduga bahwa penipuan atau aksi kejahatan telah atau akan dilakukan.

Contoh hal yang menjadi gangguan saat transaksi melalui Ibank Mandiri gangguan virus komputer atau Trojan Horses dan komponen membahayakan lainnya. Tentu gangguan tersebut dapat menggangu layanan Ibank Mandiri, web browser, maupun komputer sistem pada Bank, nasabah, dan Internet Service Provider (ISP). Tidak hanya itu, bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, juga merupakan suatu keadaan di luar kekuasaan Bank Mandiri. Baca juga : Ibank BRI, Internet Banking Bank Rakyat Indonesia

internet banking

Keuntungan Menggunakan Layanan Internet Banking Mandiri

Keuntungan Ibank Mandiri adalah sistem kerja yang fleksibel dan praktis. Cocok untuk keperluan dan mobilitas para nasabah. Cukup mengakses dengan satu browser, aktivitas perbankan bisa dilakukan dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Tidak hanya itu, cakupan Ibank Mandiri yang luas dan global memungkinkan nasabah dapat melakukan transaksi dari belahan dunia manapun selama terjangkau dengan sinyal internet. Akses Ibank Mandiri dapat dinikmati oleh siapapun, dan menu pilihan pada fitur transaksi jelas serta mudah digunakan.

Soal fitur, Ibank Mandiri memberikan variasi layanan yang amat banyak seperti transfer, bayar tagihan, isi ulang pulsa, dan sebagainya. Transfer antar rekening Bank Mandiri atau transfer antar bank domestik dapat dilakukan dengan Sistim Kliring Nasional (SKN), Real Time Gross Settlement (RTGS), dan Realtime Online. Daftar transfer akan dilakukan secara terjadwal dan terstruktur. Tidak hanya itu, nasabah juga dapat melakukan pembayaran tagihan Telkom, Telepon CDMA, Telepon GSM, Internet, Layanan TV Kabel, Kartu Kredit, Listrik, PBB, Angsuran, PAM, Angsuran, Asuransi, Pendidikan, Tiket Kereta Api, Pesawat, Autodebit, dan sebagainya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar