Catat! 5 Kelemahan Virus Corona Menurut Ahli Kesehatan

0

Memang Virus Corona itu bisa membuat khawatir, akan tetap ternyata virus Corona ini mempunyai kelemahan yang ternyata kalau kita tahu, ternyata bisa dicegah dan diminimalisir penyebarannya. Berikut news.Ralali.com sudah merangkumkannya untuk kamu

# Hancur Dengan Sabun

Kelemahan Virus Corona
Source: Google Image

Nah, kalau yang satu ini kamu tentu sudah tahu kalau sejak merebaknya Covid 19 baik WHO (World Health Organization) dan pemerintah sangat menyarankan kita untuk rajin-rajin mencuci tangan, karena efeknya yang sangat ampuh untuk membunuh kuman.

Virus ini sendiri bisa hancur dengan mudah jika terkena sabun karena DNA dari Corona sebenarnya terdiri dari protein yang dimana digunakan virus untuk memperbanyak diri, dan lapisan lemak sebagai pelindung luarnya. Sehingga jika saat lapisan luar atau lemak ini hancur makan virus ini juga ikut mati.

Nah, semoga dengan adanya fakta ini kamu akan semakin rajin mencuci tangan ya, di bawah air mengalir, dan menggunakan sabun tentunya. Sebarkan juga info ini kepada keluarga, teman atau mereka yang belum mengetahuinya, agar kita dapat cepat memutus rantai Covid 19 yang bisa menyebar dari tangan ke tangan lainnya. Cegah penularan virus Corona dengan rajin mencuci tangan. 

#Virus yang Bersifat Self Limiting Disease

Apa sih maksudnya self limiting disease? Jadi sebenarnya Covid-19 ini adalah virus yang bisa sembuh dengan sendirinya loh, dengan cara mengurangi stress yang ada. 

Mungkin kamu pasti bertanya-tanya apa sih hubungannya stress dengan virus Corona ini, jadi kami coba menjelaskannya dengan cara yang sesimpel mungkin. Simak baik-baik ya.

Jadi menurut sebuah penelitian di Australia  antibodi yang kuat menjadi benteng pertahanan saat corona virus menyerang tubuh. Dalam penelitian yang sama menunjukan seorang pasien berusia 47 tahun dengan gejala ringan, tanpa penyakit bawaan seperti diabetes, hipertensi, pada hari 7-9 sejak gejala virus Corona ini muncul, antibodi juga mulai terbentuk. Kondisi ini menunjukan kalau tubuh orang tersebut sedang melawan virus yang mematikan ini. Bahkan tubuh pasien berangsur baik setelah antibodi terbentuk. 

Untuk memiliki antibodi ini kamu perlu untuk memiliki hidup yang sehat dan tentunya menghindari stress yang bisa menurunkan antibodi tubuh.

# Bisa Dibunuh Dengan Disinfektan 

Disinfektan
Source: Popmama

Tahukah kamu kalau Corona virus itu terdiri dari berbagai jenis, dan beberapa karakternya mirip dengan penyebab SARS & MERS, dimana Covid 19 lemah terhadap disinfektan. Penelitian menunjukan kalau virus ini bisa bertahan pada beberapa benda seperti plastik, kaca, dengan jangka waktu yang berbeda-beda. 

Untuk itu cobalah untuk membersihkan setiap permukaan benda-benda yang sering disentuh dengan tangan, hal ini juga termasuk saat kamu membeli barang-barang secara online, maupun makanan pesan antar.  Semprotkan disinfektan setelah menerima barang apapun yang datang dari luar. 

Gunakan cairan pembersih dengan kadar alkohol 60-70 %, hidrogen peroksida 0,5 persen, sodium hipoklorit 0,1 persen selama satu menit untuk membunuh kuman yang terpapar pada permukaan benda yang sering disentuh. Ingat tangan bisa menjadi sumber penyebaran virus Corona.

# Hanya Memiliki Ketahanan Beberapa Jam Di Permukaan 

Pertahanan Corona Virus

Nah, seperti ulasan di atas virus Corona itu hanya bisa bertahan beberapa jam di permukaan benda dengan jangka waktu tertentu seperti berikut:

  1. Alumunium -Virus Corona dapat bertahan 2-8 jam
  2. Kayu -Virus Corona bertahan 4 hari
  3. Baja. -Virus Corona bertahan 48 jam – 2 hari
  4. Logam -Virus Corona bertahan 5 hari
  5. Kertas. -Virus Corona bertahan 4-5 hari
  6. Kaca -Virus Corona bertahan 4 hari
  7. Plastik -Virus Corona bertahan 5 hari
  8. Lateks -Virus Corona bertahan 8 hari
  9. Keramik -Virus Corona bertahan 5 hari 
  10. Telefon -Virus Corona bertahan 5 hari

# Lemah Pada Suhu Panas 

Suhu Panas
Source: HiMedik

Sama seperti virus yang mirip lainnya seperti SARS yang bisa terbunuh pada suhu 56 derajat celcius, begitu juga dengan Corona pada permukaan yang bisa mati jika kita membasminya menggunakan air hangat di atas 60 derajat celcius.

Bukan saja bisa dipraktekan pada saat kamu mencuci barang-barang yang telah digunakan, tapi juga bisa diterapkan saat kamu mencuci masker kain yang sudah digunakan

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar