Inilah Mengapa Harus Melakukan Tune Up Mobil Secara Teratur

0
Tune Up Mobil Secara Teratur
Image: fjb.kaskus.co.id

Inilah Mengapa Harus Melakukan Tune Up Mobil Secara Teratur – Mesin mobil mesti memerlukan sejumlah perawatan supaya performanya tetap prima. Salah satu perawatannya ialah Tune Up, yang merupakan kegiatan merawat mobil yang dijadwalkan secara rutin umumnya satu tahun sekali untuk melakukan perawatan ke semua komponen mobil. Tune Up yang benar dan secara teratur akan membantu menjaga performa dan memperpanjang usia pakai mobil Anda.

Sebuah mobil memiliki banyak rangakaian seperti mesin yang kompleks. Oleh karena itu mesin membutuhkan sejumlah perawatan pencegahan dalam rangka untuk terus berkinerja. Tune up mobil adalah kegiatan merawat mobil yang dijadwalkan secara rutin, biasanya setahun sekali, untuk melakukan semua perawatan dan pencegahan yang perlu dilakukan. Memastikan bahwa mobil Anda mendapatkan tune up secara teratur akan membantu menjaga performa mobil dan memperpanjang umur hidupnya.

Secara umum, Tune Up sendiri meliputi penggantian pada sejumlah onderdil mobil. Mungkin penggantian onderdil mobil tak begitu penting, namun kegagalan dalam pemasangan ketika melakukan penggantian akan mengakibatkan penurunan kinerja mobil itu sendiri dan malah bas mengakibatkan permasalahan lainnya. Misalnya, filter udara mesti di ganti minimal satu tahun sekali, dan apabila penggantian gagal maka bisa mengakibatkan kotor serta akan menyebabkan mesin kurang memperoleh udara yang diperlukan untuk berjalan dengan baik. Apabila kondisi tersebut dibiarkan tanpa adanya pengawasan, maka campuran udara dan bahan bakar akan terus berjalan secara berlebihan, itu artinya akan ada banyak bahan bakar serta udara yang tak cukup dalam campuran serta akan mengakibatkan masalah pada komponen lain.

Tune Up mesti dilakukan secara teratur, hal ini sangat penting untuk kinerja mobil. Tune Up itu sendiri melibatkan mengganti ataupun membersihkan busi, mengganti saringan udara serta mengganti tutup distributor, rotor, filter bahan bakar, penggantian kabel busi, katup PVC serta sensor oksigen.

Pemeliharaan yang tak termasuk dalam Tune Up dasar pun mungkin diperlukan, semisal memeriksa sistem rem serta kopling, seluruh tingkat cairan serta minyak, dan pengoperasian sistem lainnya yang tak dipergunakan ataupun tak diperiksa secara teratur. Apabila Tunr Up dilakukan di musim semi ataupun di awal musim panas, maka sistem pendinginnya mesti di diperiksa juga.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.