Begitu Pentingnya Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan

0

Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan

Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan – Berbicara mengenai keselamatan kerja karyawan, mau tak mau membahas mengenai bagaimana menjaga keselamatan di area kerja tersebut, sebab keselamatan para pekerja akan banyak dikaitkan dengan bagaimana upaya perusahaan dalam menjaga keselamatan karyawannya. Dalam sejumlah kasus, ketikan terjadi kecelakaan ternyata pihak perusahaan pun ikut diusut oleh pihak yang berwenang.

Baca: Tips Keselamatan Kerja di Kantor

Perusahaan yang mempunyai tingkat kecelakaan kerja yang tinggi terhadap lingkungan kerja, akan berdampak negatif untuk perusahaannya sendiri, salah satunya ialah tidak direkomendasikannya atas sertifikat ISO, akan memperoleh penalti dari pemangku regulasi dan masih bayak lagi dampaknya.

Pekerjaan yang berisiko tinggi.

Seluruh pekerjaan mempunyai risiko serta ancaman masing-masing. Akan tetapi dari segi tingkat bahayanya berbeda-beda. Berikut ini merupakan jenis pekerjaan yang mempunyai potensi besar terhadap kecelakaan serta ketika sewaktu bekerja mesti mengenakan perlengkapan keselamatan.

Pertambangan

Pertambangan adalah pekerjaan yang seluruhnya dilakukan di luar keuangan, serta bersentuhan langsung dengan mesin-mesin pertambangan yang seluruhnya dalam ukuran besar. Di dalam area kerja tambang potensi bahayanya bisa terjadi kapan saja, oleh karena itu pekerja tambang wajib mematuhi semua standar baku keselamatan serta peraturan yang berlaku.

Tidak seluruh orang dapat memasuki area tambang, sebab area tambang memang berbahaya. Masuk ke area tambang mesti memakai perlengkapan keselamatan semisal helm pengaman, rompi dengan warna yang menyala, sarung tangan Safety (Safety Gloves) Sepatu Safety (Safety Shoes) serta untuk orang yang awam mesti didampingi oleh petugas khusus.

Eksplorasi minyak lepas pantai

Melakukan pekerjaan di anjungan eksplorasi minyak lepas pantai atau Off Shore pun mempunyai potensi bahaya yang besar. Orang yang bekerja di bidang ini hanyalah orang yang memiliki kualifikasi yang unggul. Durasi kerjanya lebih panjang dibandingkan dengan kerja kantoran yaitu selama 12 jam. Oleh karena itu seorang yang bekerja di bidang ini tidak hanya pandai saja, akan tetapi orang tersebut mesti mempunyai fisik yang kuat, berhati-hati serta teliti.

Standar keselamatan bekerja di bidang ini sangat tinggi, setiap pekerja Mei dilengkapi dengan baju serta sepatu tahan api, Helm Kevlar, Pelampung serta Rompi. Demikian pula dengan Safety Kit sebagai pendukung lain. Tidak hanya itu saja, para pekerja pun mesti mengerti serta memahami bagaimana cara menangani pertolongan pertama terhadap kecelakaan kerja, sebab daerah kerja di bidang ini berada di tengah-tengah Samudera serta keberadaan rumah sakit pun sangat jauh.

Pabrik

Pabrik pun termasuk ke dalam tempat kerja yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Di area pabrik terdapat sejumlah rangkaian mesin besar yang dioperasikan oleh tenaga manusia. Selain itu di dalam pabrik terdapat pula cadangan bahan baku yang tidak seluruhnya aman terhadap pekerja serta lingkungan. Oleh karena itu pihak karyawan serta pihak perusahaan haruslah berhati-hati dalam mengoperasikan mesin industri.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.