Tips Keselamatan Kerja di Kantor

0

Tips Keselamatan Kerja di Kantor

Tips Keselamatan Kerja di Kantor – Jika dibandingkan dengan area kerja industri, nampaknya area kerja kantor terlihat seperti tempat yang aman untuk bekerja. Akan tetapi di kantor pun banyak terjadi kecelakaan yang serius. Tergelincir serta jatuh merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari kecelakaan di area kerja. Keselamatan kerja di kantor pun mesti diperhatikan, dan berikut ini adalah tips keselamatan kerja di kantor.

Perhatikanlah penghalang yang bisa mengakibatkan pekerja tersandung, semisal kabel. Kabel jangan lah diletakkan di area yang sering dilewati.

Barang-barang pribadi mesti disimpan di tempat khusus, di mana tidak akan ada yang menimpa seseorang atau karyawan.

Bersihkanlah tumpahan semisal kopi ataupun air dengan cara yang benar. Apabila tempayan tidak bisa diambil atau dibersihkan, maka segeralah pasang barikade serta tanda guna memperingatkan kepada karyawan untuk tidak melewati area tersebut. Lantai yang basah serta belum dibersihkan pun mesti diblokir serta ditandai dengan tanda peringatan.

Ketika mengisi lemari file janganlah mengisi dari bawah ke atas. Jangan mengisi dari atas terlebih dahulu, sebab lemari tidak seimbang dan akan terjatuh menimpa karyawan, kecelakaan tersebut sudah pernah terjadi dan diberitakan.

Pergunakanlah teknik mengangkat yang aman, jika tidak dilakukan dengan aman bisa menyebabkan cedera pada punggung. Ketika hendak mengambil barang yang berat, gunakanlah kekuatan kaki, bukan kekuatan punggung ketika mengangkatnya.

Alat-alat tajam semisal gunting, pisau kertas, dan alat tajam lainnya ditempatkan terpisah guna mencegah terjadinya luka sayat ataupun luka tusukan.

Berhati-hatilah terhadap bahaya listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran. Periksalah pada setiap kabel. Perbaiki jika terdapat kabel yang rusak ataupun sobek, perbaikan listrik mesti dilakukan hanya oleh seorang teknisi yang sesuai.

Janganlah membebani sirkuit listrik.

Jangan membebani sirkuit listrik. Kabel ekstensi yang dimaksudkan untuk digunakan hanya sementara, jadi pastikan daerah yang ada kabel memadai untuk semua peralatan elektronik seperti komputer, mesin fotokopi dan printer. Breakers harus dipasang untuk mengamankan kelebihan beban.

Jangan memakai perancah darurat semisal kursi skor yang diletakkan di atas meja sewaktu hendak meraih sesuatu yang berada di atas kepala yang susah dijangkau atau diraih. Gunakanlah tangga supaya lebih aman.

Cedera tangan karena gerakan yang berulang-ulang adalah hal yang umum di kantor. Sewaktu melakukan pekerjaan semisal keyboard komputer, menjaga tangan serta pergelangan tangan supaya lurus serta santai. Beraihlah sedikit waktu ke tugas lain guna memberikan tangan untuk beristirahat.

Itulah beberapa tips keselamatan kerja di kantor yang bisa anda terapkan supaya meminimalkan terjadinya kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri serta perusahaan.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.