Macam-Macam Perkakas Kayu

0

Macam-Macam Perkakas Kayu – Dalam menjalankan pekerjaan yang berhubungan dengan kayu, pastinya memerlukan perlengkapan serta peralatan yang sesuai dengan keperluan dan kebutuhan anda. Peralatan untuk menunjang pekerjaan kayu yang tersedia sekarang ini sudah modern sehingga membuat pekerjaan anda menjadi lebih efisien. Tidak hanya efisien saja, dari sisi waktu pengerjaannya dan biaya yang dikeluarkan pun lebih sedikit. Berikut ini adalah sejumlah peralatan kayu yang wajib anda miliki.

Macam-macam perkakas kayu
Sumber : Howcast.com

 Baca juga : Ini yang harus diperhatikan saat bekerja di bengkel kayu

– Mesin gergaji Belah serta Mesin Gergaji Potong

  • Mesin Gergaji Belah
    Mesin gergaji belah bekerja dengan sebuah mata pisau yang berbentuk lingkaran yang bekerja dalam poros. Mesin gergaji tipe ini akan berputar otomatis dengan sabuk berjalan yang akan mengantarkan kayu melewati pisau pemotong. Anda dapat menggunakan mesin gergaji belah untuk membelah kayu log maupun papan kayu yang ukurannya lebar.
  • Mesin Gergaji Potong
    Cara kerja mesin gergaji potong yaitu memakai pisau yang berbentuk pita yang elastis serta dapat diatur sudut potongnya dengan fleksibel. Anda dapat membuat bentuk khusus seperti potongan lurus, sudut miring, lengkung dan lainnya. Jadi untuk membentuk bentuk dasar dari kaki meja, kursi, penampang meja dan yang lainnya anda mesti memakai mesin gergaji jenis ini.

– Mesin Ketam Kayu / Serut (Planner)

Mesin serut kayu ini memiliki fungsi untuk menghaluskan satu sisi dari sisi lain yang terdapat di sebuah kayu semisal mesin serut manual. Guna mempercepat proses ini, ada mesin serut dengan fungsi serta kemampuan kerja yang lebih baik. Mesin kayu mempunyai 4 mata kikir serta dapat menghaluskan empat sisi kayu sekaligus dengan level kehalusan yang mendekati hasil amplas.

– Mesin Bor (Drilling)

Mesin bor termasuk ke dalam mesin kayu konvensional yang telah ada sejak lama. Mesin bor berfungsi untuk membuat lubang, dowel ataupun Pen.

– Mesin Profil Kayu

Mesin Profil kayu bekerja dengan membentuk profil kayu pada bagian samping kayu. Untuk proses penggarapannya, mesin ini memakai mata pisau berporos vertikal yang akan mengiris dari samping. Hasil irisan mesin ini sangatlah halus serta lebih menyerupai hasil serutan dari mesin panjer. Umumnya mesin ini masuk ke dalam bagian mesin finishing.

– Mesin Router Kayu

Cara kerja mesin Router perih dengan mesin bor. Bedanya, pada mesin router mempunyai mata pisau yang berbeda sehingga dapat dipakai sebagai alat bantu untuk membentuk alur serta ulir pada kayu. Mesin ini umumnya mempunyai kecepatan lebih tinggi dari mata bor.

– Mesin Ampelas Kayu

Jika bahan kayu telah berbentuk seperti yang anda inginkan, maka langkah terakhir yang mesti anda lakukan ialah mengampelasnya dengan ampelas. Mesin kayu modern yang dapat digunakan untuk mempercepat proses pengampelasan ialah mesin ampelas. Mesin ampelas akan menghaluskan kayu sampai menghasilkan kayu tanpa serat sedikit pun. Mesin ampelas juga memakai kertas ampelas seperti pada umumnya, hanya saka mesin ini bekerja lebih cepat.

Ralali

Itu adalah beberapa macam perkakas kayu yang perlu anda ketahui dan anda miliki untuk menunjang pekerjaan anda agar lebih mudah dan lebih cepat terselesaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Dan untuk melihat review serta spesifikasi lengkap dari beragam produk perkakas kayu yang anda inginkan, dapat anda lihat selengkapnya di sini >> http://www.ralali.com/work-tools

Penulis : Vei
Editor  : Metha

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar