Jangan Lupa Mengenakan Peralatan Keamanan Ini Saat Bekerja di Bengkel Kayu

0

peralatan tukang kayu

Mengingat sejumlah peralatan tukang kayu cukup berbahaya, maka sebaiknya biasakanlah untuk mengenakan peralatan keselamatan atau Personal Protection Equipment (PPE) ketika bekerja. Dibutuhkan sedikit “paksaan” pada diri sendiri guna menjadikan sebuah kebiasaan supaya nantinya akan merasa nyaman.

Pakaian Kerja

Janganlah mengenakan pakaian yang “berkibar: atau pakaian yang mudah terbakar dari badan anda. Pakailah pakaian yang nyaman. Dalam bengkel kerja ada banyak perlengkapan yang memakai motor penggerak, jika memakai pakaian yang “berkibar” maka akan sangat mudah tersangkut serta sangat berbahaya untuk keselamatan anda.

Baca: Seberapa Penting kah Pakaian Pelindung Kerja ketika Bekerja ?

Sepatu

Banyak sekali serpihan kayu serta peralatan pada lantai bengkel, semua itu sangat berbahaya untuk pergerakan anda. Anda mesti memakai sepatu yang kuat (Sepatu Safety), kalau bisa pakailah sepatu yang bersol dari besi atau kayu, sehingga jika menginjak benda-benda tajam tanpa sengaja contohnya paku, sekrup ataupun pahat kayu. Sepatu tersebut akan melindungi kaki anda dari sayatan.

 Baca: 10 Alasan Kenapa Harus Memakai Sepatu Safety

Masker Debu

Ada sejumlah jenis masker atau respirator sesuai dengan tingkatan kepadatan debu ataupun jenis partikel di udara bengkel. Tergantung kepada proses apa yang tengah dilakukan, apakah di bagian ampelas yang cenderung lebih banyak debu dari serbuk kayu ataupun proses finishing yang lebih banyak partikel bahan kimia akibat dari “Over spray” selama proses pengecatan.

Pelindung Telinga (Hearing Protection)

Jika bekerja di bengkel yang berada di area Huna, lebih baik pastikan terlebih dahulu bahwa semua peralatan yang dipergunakan tidak mengganggu lingkungan sekitar karena kebisingan yang ditimbulkan peralatan. Jika tidak mengganggu maka pakailah Earplug atau Earmuff yang sesuai dengan tingkat kebisingan tersebut.

Baca: Pentingnya Alat Pelindung Pendengaran

Kacamata Anti Debu

Jika peralatan kerja tak mempunyai alat bantu yang memadai, sehingga debu gergaji ataupun tatal masih mudah beterbangan tak tentu arah, maka kacamata kerja (Goggles) amat penting dipakai. Seluruh peralatan keamanan tersebut sangat tidak nyaman dipakai, namun dengan mengubahnya sebagai kebiasaan kerja, maka risiko paling fatal pun dapat dihindari.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.