Cara Mengeliminasi Potensi Bahaya Bekerja di Ketinggian

0

Cara Mengeliminasi Potensi Bahaya Bekerja di Ketinggian

Cara Mengeliminasi Potensi Bahaya Bekerja di Ketinggian – Seluruh potensi bahaya yang bisa mengakibatkan pekerja terjatuh dari ketinggian mesti dilakukan pengendalian, salah satunya ialah dengan melakukan eliminasi kontrol. Pengendalian bahaya terhadap pekerjaan di atas ketinggian lebih baik direncanakan sejak tahap pertama perencanaan konstruksi, hal ini bertujuan untuk menentukan desain bangunan, koordinasi serta perencanaan.

Mengeliminasi potensi terjatuh ketika bekerja di atas ketinggian bisa dilakukan dengan cara, yaitu :

Membuat desain yang lebih aman.

Menghilangkan bahaya terjatuh dari ketinggian dengan cara membuat desain yang lebih aman yaitu dilakukan dengan cara membuat desain yang semua aspek keselamatannya sudah diperhitungkan, semisal menempatkan peralatan serta perlengkapan yang memerlukan perawatan secara berkala di posisi yang tidak terlalu tinggi atau rendah sehingga ketika melakukan perawatan tak perlu naik, membuat akses jalan atau walkway yang dilengkapi pegangan tangan atau handrail, serta membuat dinding pembatas.

Masih begitu banyak bentuk eliminasi bahaya jatuh dengan membuat desain yang lebih aman, intinya tujuan dari metode ini yaitu untuk mencari alternatif supaya pekerjaan tidak mesti dilakukan di ketinggian, misalnya menempatkan blower Air Conditioner (AC) di tempat yang rendah, sehingga ketika melakukan perbaikan tak perlu naik.

Menggunakan Alat Bantu

Pengendalian bahaya terjatuh secara eliminasi selanjutnya yaitu pemakaian alat bantu. Dengan memakai alat bantu yang sesuai maka pekerjaan yang seharusnya dikerjakan di atas bisa dikerjakan di bawah. Misalnya pemakaian tongkat galah ketika mengecat dinding yang tinggi, pemakaian ekstensi terhadap pekerjaan pembersihan jendela.

Pemakaian alat bantu tersebut bisa menghilangkan keharusan dalam melakukan pekerjaan di atas atau di ketinggian.

 Baca: Berbagai Jenis Alat Keselamatan Kerja

Metode alternatif

Sejumlah contoh metode alternatif guna menghindari pekerjaan di ketinggian ialah:

  • Melakukan pengecatan terlebih dahulu sebelum genting dipasang, hal seperti ini bisa menghilangkan pekerjaan pengecatan yang dikerjakan di atas.
  • Melakukan perbaikan pada blower Air Conditioner (AC) di lantai.
  • Melakukan perakitan bangunan di bawah dan setelah itu didirikan.

Itulah sejumlah bentuk eliminasi bahaya terhadap pekerjaan yang seharusnya dikerjakan di atas ketinggian. Hal yang mesti dipahami yaitu jangan pernah memaksakan untuk melakukan pengendalian secara eliminasi, sebab tidak seluruh bahaya bisa dihilangkan, apabila hal ini terjadi maka terapkanlah pengendalian dengan cara menerapkan urutan pengendalian yang berikutnya yaitu isolasi.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar