Berbagai Jenis Alat Keselamatan Kerja

0

Berbagai Jenis Alat Keselamatan Kerja

Berbagai Jenis Alat Alat Keselamatan Kerja – Alat keselamatan kerja merupakan alat upaya terakhir di dalam sistem keselamatan kerja secara umum. Setiap jenis pekerjaan mempunyai karakternya masing-masing termasuk risiko kecelakaan yang mungkin bisa terjadi. Maka dari itu dibuatlah alat yang sesuai karakteristik pekerjaan tersebut yang bertujuan untuk menangkal kecelakaan yang mungkin saja terjadi.

Baca: Mengenal Fungsi Alat Keselamatan Kerja Lebih Dalam

Berikut ini merupakan beberapa contoh pekerjaan serta alat keselamatan kerja yang biasa dibutuhkan.

Scaffolder

Scaffolder merupakan pekerjaan yang kerjanya di area ketinggian. Peralatan utama dari pekerjaan ini yang amat dibutuhkan ialah alat pelindung jatuh atau Full Body Harness. Alat ini ditunjukkan supaya penggunanya tak jatuh, apabila penggunanya berada dalam kondisi yang bisa saja terjatuh maka alat ini dapat mencegah pekerja supaya tidak terjatuh sehingga akan membuat pekerja tergantung di ketinggian.

Welder

Alat yang dibutuhkan oleh tukang las atau welder ialah alat pelindung mata atau Kacamata Safety (Safety Glasses) yang berguna untuk melindungi mata terhadap bunga api hasil proses pengelasan. Kacamata Safety untuk welder harus dilengkapi dengan goggle, ialah kacamata yang dibuat khusus untuk tukang las serta Face Shield (perisai pelindung wajah). Bunga api dari hasil pengelasan ini sangat berbahaya apabila mengenai mata, dampak yang terjadi bisa mengakibatkan kebutaan.

Baca: Cara Mengatasi Sakit Mata Akibat Las Listrik

Blaster

Blaster merupakan pekerjaan penyemprotan mesin semisal ketika melakukan penyemprotan pada material logam yang karat. Para pekerja bidang ini sangat rawan terhadap bahaya gangguan kesehatan pernapasan. Maka dari itu diperlukan peralatan yang menunjang permasalahan pernapasan semisal Dust Masker, respirator serta Cartridge.

Painter

Painter merupakan orang yang bekerja melakukan pengecatan. Panca indera yang wajib dilindungi ialah mata, hidung, kulit serta mulut. Maka dari itu sangat dibutuhkan Face Shiled yang dilengkapi dengan plastik film ataupun Plastic Painting guna menghendaki terjadinya pengembunan terhadap Safety glasses yang dipakai.

Operator

Oprator merupakan orang yang mengerjakan semua peralatan yang bergerak, entah itu kendaraan bergerak ataupun mesin yang memiliki motor. Pada umumnya operator sangat rawan terhadap bahaya kebisingan, oleh karena itu operator sangat membutuhkan alat pelindung telinga atau Ear Plug.

Electrician

Electrikan ialah pekerjaan di bidang kelistrikan, selain membutuhkan peralatan khusus untuk kelistrikan, alat pelindung semisal Kacamata Safety (Safety Glasses), sarung tangan Safety (Safety Gloves)dan Sepatu Safety (Safety Shoes) pun dibutuhkan, guna meredam sengatan listrik

Pekerja Konstruksi

Pekerjaan konstruksi sangat memerlukan tenaga yang besar, pekerja jenis ini bekerja langsung di lapangan. Pekerjaannya memasang batu bata dan yang lainnya yang berhubungan. Alat yang di butuhkan untuk pekerja konstruksi ialah Sarung Tangan Safety, Sepatu Safety, Helm Pelindung, Dust Masker (Pelindung Pernafasan), Ear Plug serta Kacamata Safety.

Alat-alat keselamatan tersebut merupakan alat yang diperlukan oleh setiap masing-masing pekerja yang sesuai dengan jenis pekerjaannya. Sebaiknya perusahaan benar-benar peduli terhadap kesehatan serta keselamatan setiap pekerjanya supaya kualitas pekerjaannya baik. Keselamatan jiwa lebih berharga daripada tumpukan uang ataupun kilauan berlian. Jadi, lebih baik mengutamakan keselamatan kerja.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.