HATI-HATI! 5 Hal ini Dapat Menyebabkan Mata Anda Rusak

0

Penyebab Kerusakan Mata di Area Kerja

Penyebab Kerusakan Mata di Area Kerja – Mata adalah salah satu indra yang mempunyai peranan penting d dalam kehidupan makhluk hidup. Rusaknya fungsi mata sangat mungkin terjadi di tempat kerja, maka dari itu di dalam artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara melindungi mata dari kerusakan di tempat kerja.

Banyak sekali jenis-jenis pekerjaan yang mempunyai risiko tinggi terhadap kesehatan mata, pekerja yang berisiko mengalami kerusakan mata yaitu pekerja yang berkaitan dengan hal berikut:

Berikut Penyebab Kerusakan Mata di Area Kerja:

Radiasi .

Jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan hal-hal tersebut mesti berhati-hati dalam bertindak guna menghindari terjadinya luka ataupun cedera pada mata, terutama terhadap pekerjaan penanganan zat kimia serta radiasi.

Kerusakan pada mata banyak diakibatkan karena benturan-benturan benda tumpul, benda-benda asing yang masuk ke dalam mata, bahan-bahan kimia yang berbahaya serta radiasi.

Baca: Cara Mengatasi Sakit Mata Akibat Las Listrik

Benturan benda tumpul

Mata akan secara refleks mengedipkan kelopak mata ketika terdapat benda asing yang mendekati mata, akan tetapi benturan yang melebihi kemampuan mata dalam menahan bisa menyebabkan mata rusak. Meskipun tidak menyebabkan luka fisik yang terlihat, tetapi bisa memungkinkan terjadinya pendarahan di dalam mata tersebut.

Benda Asing

Masuknya benda-benda asing ke dalam mata kerap disebut dengan sebutan kelilipan. Kelilipan bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan mata, terlebih jika benda tersebut berukuran kecil. Benda yang masuk bisa menetap di dalam mata, benda asing tersebut semisal garam, debu, besi hasil gerinda, ataupun percikan logam kecil. Pada berapa benda asing bisa mengakibatkan kerusakan secara fisik serta ada pula yang mempunyai efek biologi terhadap mata.

Bahan Kimia

Kerusakan mata yang diakibatkan karena bahan kimia sangatlah besar, kerusakan serta keparahan yang terjadi tergantung dari sifat serta karakteristik bahan kimia tersebut. Sangat disarankan terlebih dahulu untuk membaca Material Safety Data Sheet (MSDS) dari bahan kimia sebelum anda memakai bahan kimia tersebut.

Radiasi

Paparan radiasi terhadap mata akan berpengaruh terhadap kornea, lensa serta retina mata.  Sejumlah radiasi yang bisa mengakibatkan kerusakan mata ialah sinar Ultraviolet, laser, Infra Red serta ionisasi.

Selalu untuk mengindentifikasi semua potensi bahaya yang bisa merusak fungsi mata. Lakukanlah pengendalian serta kontrol terhadap bahaya yang terdapat di area kerja. Lakukanlah pelatihan kepada setiap pekerja supaya mengetahui serta memahami potensi bahaya yang bisa mengakibatkan kerusakan mata. Pakailah kacamata Safety untuk meminimalkan terjadinya kerusakan mata.

Untuk melihat berbagai Kacamata Safety dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat anda cek di website Ralali. Ralali jual Kacamata Safety dengan varian merk dan tipe yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.