Cara Mengatasi Sakit Mata Akibat Las Listrik

1

cara mengatasi sakit akibat las listrik

Sakit mata akibat terkena las listrik bukan main rasa sakitnya. Tidak heran jika para pemula kerap kali mengeluhkan rasa sakit yang disebabkan pada saat mengelas.
Pada sebagian pemula, rasa sakit akibat las listrik ini terkadang menjadikan ancaman tersendiri sehingga banyak yang mengalami kegagalan di tengah jalan tanpa mau meneruskan untuk menjalani profesi sebagai tukang las terlebih las listrik. Untuk mencegah sakit mata ketika pengelasan anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Baca Juga : Nikko Steel Indonesia, Produsen Kawat Las Berkualitas

Cara Mengatasi Sakit Mata Akibat Las Listrik

  • Gunakanlah Alat Pelindung Kaca Mata Las Yang Layak Digunakan

Alat pelindung las yang paling utama ialah kaca las hitam yang dilengkapi dengan tameng atau gunakan Kacamata Safety. Mengapa kaca las hitam beserta tameng menjadi hal yang paling utama ? Sebab bahaya yang paling utama ketika pengelasan las listrik yaitu sinar ultra violet serta sinar ultra merah yang muncul ketika mengoperasikan las listrik. Sedangkan tameng las dapat meminimalkan mata supaya tidak terkena asap yang bisa mengakibatkan sakit mata.

  • Pakai Kawat Las Yang Baik

Dengan menggunakan kawat las atau elektroda yang baik, maka ketika penyalaan awal akan berjalan dengan lancar. Jangan menggunakan kawat las yang bagian ujung kawat tersebut sudah terkelupas lapisan fluksnya, dan jangan memakai kawat las dalam keadaan basah.

  • Tatap Las Bagian Bawah

Apabila ternyata perlu menatap ketika pengelasan berlangsung, maka sangat disarankan untuk menatap pada bagian bawah sinar las. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan rasa sakit terhadap mata. Akan tetapi cara seperti ini hanya dilakukan untuk tukang las yang sudah kebal terhadap sinar yang ditimbulkan ketika pengelasan berlangsung.

  • Obat Mata Perih Setelah Mengelas Menggunakan Kompres Mata

Supaya mata tetap segar lakukanlah kompres mata secara rutin dengan memakai parutan mentimun. Caranya yaitu hanya dengan memarut mentimun kemudian taruh parutan mentimun di kelopak mata dengan mata dalam keadaan terpejam. Salah satu obat tetes mata kena las listrik yang bisa anda coba bernama tetes mata pantocain, tetapi admin sarankan konsultasi dahulu ke dokter, karena bisa jadi obat mata tersebut terdapat efek sampingnya.

Itulah artikel mengenai cara mengatasi sakit mata akibat las listrik, untuk hasil terbaik sebaiknya pergi ke dokter. Serta berhati-hatilah ketika melakukan pekerjaan menggunakan las listrik, karena selain asap las nya yang berbahaya bagi kesehatan juga percikan api dari las lebih berbahaya lagi. Oleh karena itu penggunaaan kaca mata las sangatlah penting untuk kesehatan, serta keselamatan diri dan mata anda. Semoga bermanfaat.

Beberapa Jenis Kacamata Las :

Beli Kaca Mata Las Terbaik Harga Murah Di Sini

 

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. Mata Belekan berkata

    Makasih infonya gan..

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar