Cara Memilih UPS Berkualitas Terbaik

1

Cara Memilih UPS Berkualitas Terbaik – Ketika menghidupkan laptop menggunakan charger, sangat tak disarankan untuk melepas baterainya. Sebab apabila ketika menggunakan laptop namun hanya bergantung dari AC Power saja dan tanpa baterai, dan jika suatu saat listrik mati secara tiba-tiba, maka hardware ataupun software laptop bisa mengalami kerusakan. Apabila menggunakan UPS, Anda dapat mengoperasikan laptop tanpa baterai. Mengapa bisa begitu ?

Sumber Image : http://media.bestofmicro.com
Sumber Image : http://media.bestofmicro.com

Uninterruptable Power Supply atau UPS adalah alat yang memberikan tenaga listrik cadangan sementara pada komputer apabila listrik utama padam. Dengan menghubungkan laptop atau komputer ke  UPS, dan apabila sewaktu-waktu listrik padam, maka laptop atau komputer tak  akan mati, laptop akan tetap menyala memakai listrik  dari UPS tersebut.

Tak hanya memberikan listrik cadangan bagi  perangkat yang terhubung dengannya, UPS pun bisa menstabilkan tegangan dan jika tegangan input terjadi ketidakstabilan maka UPS akan  melakukan stabilisasi tegangan, sehingga tegangan output yang digunakan oleh  komputer tetap merupakan tegangan stabil.

Baca Juga : Beberapa Langkah Merawat UPS Agar Tetap Awet

Dengan menggunakan UPS, maka Anda tak perlu  khawatir lagi ketika mengoperasikan laptop tanpa baterai. Karena walaupun listrik mati, maka laptop Anda tak akan mati.

Ralali

Simak tips berikut ini, sebelum anda membeli UPS : 

  • Pastikanlah membeli UPS yang mempunyai daya lebih besar dari pada Power Suply komputer anda. Power supply pada komputer umumnya dalam satuan Watt sementara kapasitas pada UPS dalam satuan VA. Satuan Watt serta VA adalah tak sama. Watt = VA x Power Factor. Biasanya di kardus UPS tertera seberapa besar kapasitas VA serta Power Factor.
  • Periksalah kapasitas baterai, seberapa lama UPS bisa menyala sewaktu listrik padam. Umumnya berkisar antara 8 hingga 20 menit.
  • Pastikanlah UPS dilengkapi dengan AVR (stabilizer) serta Fuse (anti petir) yang berkualitas sehingga apabila tegangan listrik turun atau tak stabil maka kerusakan di komputer ataupun di komponen-komponennya bisa dicegah.
  • UPS memiliki Transfer Time yang kecil sehingga sewaktu listrik pada, maka dengan cepat UPS akan menggantikan pasokan daya serta komputer tak mengalami restart.

Itu beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda membeli UPS, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Untuk info UPS berkualitas lainnya, anda bisa melihat review dan spesifikasi detail dari UPS yang ingin anda beli disini >> http://www.ralali.com/ups

Wakeni IHS 2015

Penulis : Vei
Editor   : Metha

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. Nur Halimah berkata

    Kalau PC dimatikan, apa UPS juga harus dimatikan?

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.