Beberapa Langkah Merawat UPS Agar Tetap Awet

0

Cara merawat UPS

Beberapa Langkah Merawat UPS Agar Tetap Awet – Para pengguna komputer tipe PC kerap kali melewatkan untuk membeli perangkat tambahan yaitu UPS. Seberapa penting UPS ? sederhananya, jika komputer menyala serta sedang digunakan dan secara tiba-tiba aliran listrik terputus, jika menggunakan UPS maka komputer tidak ikut mati sebab ada suplai energi dari perangkat ini. Pada umumnya UPS ini bisa ditemui di sejumlah warnet game Online ataupun komputer perkantoran. Apakah ada cara khusus untuk merawat UPS?

UPS Krisbow

Dan berikut ini adalah cara merawat UPS agar lebih awet :

– Bagi yang baru saja membeli UPS, pastikan terlebih dahulu men-chargenya kurang lebih sekitar 8 sampai 12 jam supaya performa baterai UPS bagus. Sama halnya dengan pemakaian baterai laptop yang mesti terisi sebelum dipakai.

– Jika memakai UPS jenis analog yang tidak ada panel digital, pastikanlah untuk melakukan pemeriksaan secara berkala tentang impedansi tegangan yang masuk. Lihatlah apakah sudah sesuai dengan spesifikasi UPS. Akan tetapi apabila memakai UPS digital, dapat dilakukan pemeriksaan terhadap panel digital display. Lihatlah apakah tegangan VCC yang tertera sudah sesuai dengan spesifikasi UPS atau belum.

– Pakailah UPS sesuai dengan spesifikasi dan beban yang pas serta seharusnya. Pemakaian UPS yang tak sesuai beban ataupun berlebihan maka akan berisiko akan mengakibatkan baterai cepat drop serta rusak. Beban yang disarankan biasanya hanya 50% dari yang tertera di UPS.

– Sangat penting sekali untuk menjaga UPS supaya tak sampai kehabisan baterai ketika melakukan Back-up pada situasi gangguan listrik. UPS hanya bisa melakukan Back-up sekitar 15 sampai 30 menit. UPS akan langsung mati dengan seketika apabila terjadi gangguan listrik ataupun pemadaman walaupun suplai energi dari perangkat UPS baru berlangsung beberapa menit saja.

– UPS yang memakai aki Kering sangat disarankan untuk diperiksa secara berkala pada kop tegangan yang masuk kutub panel aki. Pastikan bagian tersebut tak mengalami karat sebab bisa mengurangi kinerja konduktivitas suplai tegangan dalam regulator utama.

– Lakukanlah restart dengan waktu selama 5 detik sesudah mematikan UPS. Jangan menghidupkan serta mematikan UPS secara tiba-tiba.

– Ketika tengah dipakai, alangkah baiknya untuk mencabut sumber listrik guna menghindari panas yang terjadi secara terus menerus. Selain itu langkah ini pun berfungsi untuk menghindari panas terhadap stop kontak listrik UPS.

– Kesalahan yang kerap dilakukan ialah menempatkan UPS dengan posisi yang salah yaitu dengan posisi tertutup di belakang komputer ataupun berdekatan dengan tembok, padahal UPS mesti ditempatkan di area yang tersirkulasi udara baik. Jadi tempatkan UPS di area yang cukup terbuka.

– Tidak disarankan memakai UPS terhadap perangkat yang lain selain dipakai untuk komputer.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat UPS anda agar tetap awet, dan semoga artikel mengenai tips merawat UPS ini dapat bermanfaat untuk anda.

Baca artikel lainnya : Hindari Maut! Lakukan 3 Cara Mudah Merawat Genset Ini

Editor : Metha

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.