Hindari Maut! Lakukan 3 Cara Mudah Merawat Genset Ini

0

Masih ingat dalam ingatan Anda tentang ‘genset maut’ yang beberapa bulan lalu merenggut korban jiwa, nah, inilah yang perlu dihindari dan tentu saja berlaku untuk siapapun pemilik generator set alias genset. Lalu, ada cara mudah merawat genset?

Hindari Maut! Lakukan 3 Cara Mudah Merawat Genset Ini
Genset-Rusak-Yang-Meledak

Indonesia yang notabene prosentase kebutuhan industri dan rumah tangga lebih banyak memerlukan tenaga listrik, tak ayal sebuah genset kerap dimiliki di setiap rumah di beberapa kota dan desa terpencil di tanah air. Selain untuk konsumsi utama generator pembangkit listrik, alat ini juga sebagai pendukung usaha.

Ternyata, bukan cerita duka dari sebuah klinik kota bekasi saja yang memunculkan cerita, istana negara juga sempat dikejutkan dengan sebuah ledakan yang setelah ditelusuri sebuah genset yang tak terawat adalah penyebab dari ledakan tersebut.

Apa Anda ingin hal memilukan dan mengejutkan itu terjadi? Tentu tidak bukan, nah, untuk menghindari kejadian yang tak terduga maka Anda bisa melakukan perawatan, salah satunya adalah melalui 3 cara mudah merawat genset berikut ini.

Tahapan Dalam Merawat Genset

Ada beberapa tahapan dalam melakukan pengecekan, dan tahapan tersebut menentukan kesulitan yang akan dilalui. Berikut 3 tahapan dalam pengecekan genset; Pengecekan umum, Pengecekan dan Perbaikan Standar kemudian Perbaikan Sistem Kerja Genset.

Baca juga: 10 Kiat Menggunakan Genset Untuk Pemula Dengan Baik dan Benar

Pengecekan Umum

Untuk melakukan cara mudah merawat genset ini sebenarnya siapapun bisa melakukannya, dan apapun jenis generator set yang dimiliki bisa dilakukan, pasalnya, aktivitas ini hanya melakukan pengecekan secara umum dari fisik sebuah mesin genset tersebut.

Mulai dari komponen luar seperti membersihkan bagian yang terkena korosi, lalu mengeringkan bagian yang terkena air jika ada, memeriksa tutup tengki bahan bakar, panel atau tombol sistem start, serta beberapa bagian luar lain yang kiranya perlu di bersihkan atau di ganti. Hal ini bisa dilakukan oleh pemilik sendiri.

Pengecekan dan Perbaikan Standar

Sebagai tahap kedua dari tips merawat genset adalah dengan melakukan beberapa aktivitas yang di urutan pertama namun ada penambahan yakni melakukan perbaikan, sejauh perbaikan yang dilakukan tidak terlalu sukar dan belum masuk dalam komponen mesin utama maka inilah perbaikan standar yang bisa dilakukan.

Paling tidak dalam melakukan pengecekan tahap ini, generator tersebut harus dinyalakan dalam kurun waktu 3 atau 6 bulan sekali meski tidak pernah digunakan. Apapun jenisnya, genset silent, genset portable ataupun genset green power, tetap dinyalakan untuk mencegah kemacetan mesin.

Untuk genset ukuran besar sekitar 10 – 50KVA jangan lupa untuk memperhatikan gas buang atau alur cerobong gas buang, jangan sampai mengalami kebocoran seperti kasus sebuah klinik di bekasi Jakarta, akibat lalai melakukan pengecekan gas buang maka berdampak pada korban jiwa.

Perbaikan Sistem Kerja Genset

Nah, tahap ini kebanyakan pemilik generator akan memanfaatkan tenaga ahli untuk melakukan perbaikan. Ranah sistem kerja mesin misalnya, beberapa tipe atau jenis mungkin bisa disamakan dengan cara kerja kendaraan bermotor, namun perlu juga diperhatikan hubungan antar komponen.

Jangan sampai salah membuka atau melepas komponen yang akhirnya menjadi lebih rusak bahkan berakibat fatal hingga terjadi ledakan. Ini yang dihindari, saran Kami jika Anda kesulitan dan ragu dengan teknisi maka Anda bisa melakukan cek garansi produk dan hubungi tempat membeli atau servis center.

Untuk jenis generator tertentu maka Anda bisa melakukan pemeriksaan distilled water pada battery. Air dapat diisi ulang jika dibutuhkan, namun baterai harus diganti dalam kurun waktu 2 – 3 tahun agar performance tetap baik. kemudian periksa baut yang cendrung melonggar setelah penggunaan dalam jangka waktu tertentu.

Hindari Maut! Lakukan 3 Cara Mudah Merawat Genset Ini
Bengkel-Perbaikan-Genset

Itulah 3 cara mudah merawat genset sekaligu melakukan perbaikan yang bisa dilakukan dengan mudah, kesulitan untuk melakukan perbaikan pun bisa Anda atasi dengan mudah yakni menghubungi tenaga ahli untuk melakukan reparasi salah satu machine tools ini agar kembali berfungsi dengan baik.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.