10 Kiat Menggunakan Genset Untuk Pemula Dengan Baik dan Benar

13

Tak ada cara khusus untuk menggunakan sebuah genset, namun jika dalam keadaan tertentu dan Anda dihadapkan pada situasi harus mengoperasikan generator maka perlu waktu lama untuk mengetahui cara kerja mesin tersebut, bahkan bisa jadi Anda panik karena belum tahu langkah awal yang harus dilakukan.

10 Kiat Menggunakan Genset Untuk Pemula Dengan Baik dan Benar
Diesel-Genset-Manual-Starter

Jangan khawatir, Anda bisa dipastikan bisa mengoperasikan semua jenis generator, paling tidak jika Anda bertemu dengan situasi harus mengoperasikan pembangkit listrik ini maka tak terlalu awam. Namun, Anda terlebih dulu harus mengetahui kiat menggunakan genset untuk pemula berikut ini.

10 Kiat Menggunakan Genset Untuk Pemula

1. Periksa Bahan Bakar

Sebagai tahap paling awal sebelum menyalakan sebuah generator set adalah wajib memeriksa ketersediaan bahan bakar kecuali jenis generator tanpa bahan bakar. Untuk jenis portable genset sebaiknya menggunakan bahan bakar premium. Jika kosong, isi secukupnya jangan terlalu penuh dan jangan pula terlampau sedikit.

2. Periksa Pelumas Mesin

Langkah kedua dalam kiat menggunakan genset untuk pemula adalah memastikan Oli atau pelumas terisi penuh. Umumnya menggunakan oli tipe SAE 20-40 merek apapun bisa Anda gunakan sesuai jenis mesin genset yang Anda miliki.

3. Periksa Kondisi Accu

Cara melakukan pengecekan bisa dengan melakukan start langsung, jika masih baik maka sontak mesin akan menyala, namun jika beberapa kali ditekan tetapi tidak terjadi aktivitas mesin maka bisa jadi accu kurang baik.

Baca juga: Agar Aki Awet Tidak Hanya Karena Pemakaian dan perawatan Saja, Lakukan Hal ini

Lakukan pengecekan pada accu dan beberapa konektor yang berhubungan langsung dengan pembangkit mesin untuk memicu bergerak. Jika tidak ada masalah dengan konektor dan kabel maka ganti accu Anda.

4. Periksa MCB Pembebanan Listrik

Ini harus dilakukan, karena jangan sampai arus yang nantinya akan dialirkan listrik menjadi bermasalah dan akhirnya menjadi short. Termasuk kabel yang menopang beban arus listrik. Pastikan MCB panel menuju generator dan saklar PLN pada posisi OFF. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran arus yang tidak teratur dan menyebabkan kecelakaan kerja.

Baca juga: Genset, Solusi Ampuh Ketika Padam Listrik

5. Menyalakan Genset Bensin

Setelah melakukan tahapan pengecekan beberapa komponen inti dan arus distribusi maka inilah tahapan dimana Anda harus mengaktifkan mesin tersebut. Tahapan aktivasi adalah;

  • Pastikan lakukan Choke Genset sebelum dinyalakan, mengubah posisi untuk mempercepat genset menyala ketika dihidupkan.
  • Posisi Choke berada dekat dengan karburator, biasanya disertai dengan logo segitiga
  • Pastikan posisi tuas Choke berada di puncak logo segitiga
  • Posisikan saklar mesin/ engine switch pada posisi on
  • Posisikan tuas pengatur udara/ Choke pada posisi on

6. Menyalakan Genset Diesel

Hampir sama setelah semua dinyalakan dan disiapkan dengan benar, setelah semua siap maka kiat menggunakan genset untuk pemula bisa dilanjutan. Berikut tahapannya;

  • Posisikan kunci kontak pada posisi ‘on’ kemudian biarkan sejenak
  • Periksa voltase pada display 12V atau 24V tergantung dari accu yang dibutuhkan
Jual Genset
Jual Genset

7. Pemanasan

Kiat menggunakan genset urutan ini mirip dengan ketika Anda menghidupkan kendaraan motor atau mobil, biarkan mesin melakukan pemanasa dengan sendirinya hingga 5 sampai 10 menit, hal ini juga untuk menjaga agar putaran sistem kerja mesin lebih stabil karena semua komponen dan pelumas sudah bekerja dengan sempurna. Setelah itu, Anda bisa menambahkan beban dengan menghidupkan panel yang ada secara berurutan satu-persatu.

8. Tarik Koil Perlahan

Ini adalah jenis genset mekanik, artinya untuk menghidupkan genset ini diperlukan tarikan yang kencang. Namun, sebelum melakukan penarikan kencang, Anda bisa melakukan tarikan lemah setelah terdapat beban dalam tarikan maka Anda bisa menariknya dengan kencang agar mesin menyala dengan baik.

9. Matikan Choke

Ini bisa dilakukan setelah genset menyala. Biarkan beberapa saat (5 menit pertama), dan genset dapat diberi beban. Jangan beri beban berat untuk pertama kali. Sebaiknya beban bertahap, 500 Watt, 1000 Watt, 2000 Watt dan seterusnya. Hal ini lazimn dilakukan di semua genset, baik manual starter ataupun elektrik starter.

10. Mematikan Genset

Inilah tahap akhir setelah generator ini usai digunakan, namun, hal ini juga bisa dilakukan jika terjadi sesuatu hal dan harus mematikan mesin demi keamanan. Berikut tahapannya;

  • Matikan saklar MCB/ Breaker pembebanan pada posisi off
  • Biarkan selama ± 5 menit agar putaran mesin generator menghabiskan gas buang
  • Pastikan kontak mesin pada posisi OFF untuk tipe diesel dan bensin, manual ataupun elektrik
10 Kiat Menggunakan Genset Untuk Pemula Dengan Baik dan Benar
Genset-Bensin-Elektric-Starter

Beberapa tahapan ini sepertinya terlihat panjang, namun sebenarnya rangkaian ini dilakukan hanya sebentar, paling lama adalah sekitar 10 menit, sudah termasuk melakukan pemanasan awal agar putaran mesin stabil. Semoga kiat menggunakan genset untuk pemula ini bisa menjadi sara informatif Anda sehingga tak bingung ketika dihadapkan pada situasi harus mengoperasikan sebuah genset.

Ralali Business Solution

13 Komen
  1. Anonim berkata

    Terima kasih telah memberikan saya kesempatan berkomentar. Saya harap dengan membaca tulisan di blog anda, akan menambah wawasan dan pengetahuan untuk saya. Terima kasih banyak 😀

  2. Dilla berkata

    Bagaimana mengetahui listrik sudah menyala atau belum ketika siang hari? Sering mengalami genset masih menyala karena tidak tahu kalo listrik pln sdh menyala.. kalau bertanya pada tetangga, sy rasa kurang etis krn ckup mengganggu.. trims sarannya

    1. Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sebelumnya sudah membaca artikel ini.

      Untuk mengetahui listrik sudah menyala atau belumnya ketika genset masih dalam keadaan hidup, dari pengalaman saya, lampu yang menyala di sekitar kedap-kedip.

      1. sam arifin berkata

        bagaimana persiapan sebelum mengoperasikan generator listrik kalo yang diatas itu kn menerangkan langkah untuk mengoperasikan generator bagian dieselnya saja kalo bagian alternatornya bagaimana

  3. lingga berkata

    terimakasih informmasinya, kebetulan benget besok saya pengen memebeli genset.
    itu ketentuannya untuk genset jenis apa saja kan yah?

    1. Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini 🙂
      Ya benar, untuk semua jenis genset 🙂

  4. Joko Kumolo berkata

    itu berlaku untuk semu genset ya? saya nggak pernah manasin genset sebelum make, makasih banget ini bisa jadi pelajaran saya ke depan

  5. Roza novianty berkata

    Gmn yaa klo genset nya idup tp listriknya gx nyala … padahal mcb ud on dll ud ok …. volmtr nya gx naikk apa ngaruh ? Itu knp yaaa

  6. tedy berkata

    mohon sarannya, jika seandainya genset saya gunakan untuk berjualan dengan alat listrik blender. ketika tidak ada penggunaan blender, apakah lebih baik genset di matikan dan dnyalakan lagi ketika akan digunakan. atau genset lebih baik dinyalakan terus.

  7. rajabonat berkata

    Apakah bisa genset 1200 watt pake petralite ? Thanks…

    Regards
    Bonar

  8. Rastra berkata

    Biasanya tempat untuk membeli gen set itu dimana ya?

  9. Informasi Terkini berkata

    Mantap nih, alhamdullilah bisa nyala makasih

  10. velasco berkata

    good tips!! berhasil… thankyou

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.