promo hari ini

Agar Aki Awet Tidak Hanya Karena Pemakaian dan perawatan Saja, Lakukan Hal ini

0
Aki
Image: www.oeamtc.at

Fungsi accumulator atau lebih dikenal dengan aki pada sebuah kendaraan sangatlah penting. Jika aki tekor atau tidak berfungsi dengan baik, kendaraan akan sulit hidup ketika di starter. Fungsi utama aki ialah untuk menyuplai kelistrikan seperti elektrik starter, lampu, klakson dan komponen kelistrikan lainnya.

Usia pakai aki kendaraan tidak hanya bergantung pada penggunaan dan perawatan saja, namun sistem pengisian ataupun suplai listrik ke aki pun menjadi penentu, terutama pada sepeda motor. Sistem suplai listrik ke aki pada mobil dengan sepeda motor sangat berbeda. Pada mobil dilengkapi regulator canggih dan alternator besar, sehingga pengisian aki lebih stabil berbeda dengan sepeda motor.

Ketika mesin dihidupkan, kumparan ataupun biasa disebut dengan spul akan menghasilkan listrik yang dikontrol oleh regulator. Listrik tersebutlah yang akan mengisi aki. Besarnya pengisian ke aki mesti pas, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.

Apabila pengisian kurang dari kebutuhan, maka listrik di aki akan habis atau lebih dikenal dengan istilah “tekor”. Sebaliknya, apabila berlebih maka aki akan memperoleh tekanan terlalu banyak dampak yang terjadi biasanya aki akan mengembung dan mengalami kerusakan.

Baca: Faktor yang Mempengaruhi Panjang dan Pendeknya Usia AKI

Lantas bagaimana caranya pengisian ke aki benar-benar pas? Untuk memastikan pengisian aki sesuai, solusinya dengan menggunakan voltmeter atau Digital Multimeter. Alat ini sudah banyak tersedia di pasaran sehingga mudah didapatkan.

Ketika mesin mati, tegangan pada aki yang sehat sekitar 12,3 – 12,6 Volt, sedangkan ketika mesin dalam kondisi menyala tegangan akan naik sekitar 14,2 Volt. Apabila tegangan lebih dari nilai tersebut, maka pengisian berlebih dan akan memperpendek usia pakai aki.

Ketika listrik digunakan seperti klakson dan sein hidup maka tegangan aki minimal ialah tegangan ketika mesin mati yaitu sekitar 12,3 Volt. Apabila kurang dari 12,3 Volt berati aki tekor artinya listrik di aki akan cepat habis dan rusak. Penting diketahui, apabila aki kendaraan Anda rusak dalam waktu kurang dari setahun, terlebih dahulu harus dilakukan pemeriksaan terhadap sistem pengisian sebelum menggantinya dengan aki baru.

Untuk melihat bermacam aki, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual aki berkualitas dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.