Cara Tepat Memilih Modem Sesuai Kebutuhan

0

 

Memilih Modem
Image: Ralali.com

Di jaman modern seperti sekarang ini, internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang tak bisa dipisahkan lagi. Oleh karenanya modem menjadi barang yang paling banyak diburu, dengan menggunakan modem kita bisa mengoneksikan perangkat komputer kita ke internet dengan sangat praktis.

Baca: Jangan Salah, Router dan Modem Berbeda

Saat ini modem sudah banyak tersedia di pasaran dengan beragam merek, jenis, ukuran dan harga. Keberagaman tersebut sering kali membuat kita bingung dalam memilih modem mana yang berkualitas dan sesuai kebutuhan. Dalam memilih modem, perhatikanlah beberapa tips berikut ini.

1. Sinyal Sesuai Tempat Tinggal

Pilih modem yang bisa menangkap sinyal jaringan yang ada di tempat Anda. Terdapat dua tipe jaringan yaitu GSM dan CDMA. Apabila di daerah Anda sinyal GSM lebih bagus, maka pilih modem GSM, begitu juga dengan sebaliknya.

2. Kecepatan

Pilih modem yang bisa menawarkan kecepatan minimal 3,6 Mbps. Hal ini dapat dilihat dari data yang tertera pada kemasan modem.

3. Frekuensi

Jenis modem yang dapat menggunakan banyak frekuensi akan memberi kemudahan untuk modem tersebut dalam memasuki jaringan yang lebih luas. Sehingga pada nantinya akan mempengaruhi koneksi internet yang dapat dilakukan. Seperti modem prolink yang menawarkan produk bisa digunakan pada frekuensi 2100 MHz, 850 MHz, 900 MHz atau juga 1900 MHz.

4. Kemampuan Memilih Jaringan Secara Otomatis

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika terdapat pihak yang secara tidak sengaja mengubah jaringan dalam modem tersebut. selain itu jika digunakan pada kondisi berbeda, misalnya mengganti provider untuk koneksi internet maka Anda tidak perlu lagi melakukan pengaturan ulang.

5. Penyimpanan Data atau Data Service

Dengan adanya fitur ini, modem tidak hanya digunakan sebagai alat koneksi internet saja namun juga dapat digunakan sebagai media penyimpanan data.

6. Kompabilitas

Pilihlah modem yang dapat digunakan pada semua sistem operasi. Dengan demikian, modem tidak hanya bisa digunakan pada sistem operasi tertentu saja. Seperti Windows, Linuux, atau Machintos.

Untuk melihat bermacam modem, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual modem berkualitas dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar