Seberapa Penting Keselamatan Kerja Untuk Perusahaan?

0
Safety First
Image: pdhacademy.com

Keselamatan kerja sangat penting diperhatikan oleh setiap perusahaan dan pekerja. Sudah banyak media berita yang menginformasikan kecelakaan dalam sebuah pekerjaan hanya karena mengabaikan keselamatan kerja salah satunya tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) penting digunakan bagi setiap orang yang berada di lingkungan kerja. Peraturan yang mengatur penggunaan Alat Pelindung Diri ini tertuang dalam pasal 14 Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dimana setiap pengusaha atau pengurus perusahaan wajib menyediakan Alat Pelindung Diri secara cuma-cuma terhadap tenaga kerja dan orang lain yang memasuki tempat kerja. Berdasarkan peraturan tersebut secara tidak langsung setiap pekerja diwajibkan untuk memakai APD yang telah disediakan oleh perusahaan.

Adapun macam-macam Alat Pelindung Diri ialah sebagai berikut:

  1. Safety Helmet
  2. Sepatu Karet (sepatu boot)
  3. Sepatu pelindung (safety shoes)
  4. Sarung Tangan
  5. Tali Pengaman (Safety Harness)
  6. Penutup Telinga (Ear Plug / Ear Muff)
  7. Kaca Mata Pengaman (Safety Glasses)
  8. Masker (Respirator)
  9. Pelindung wajah (Face Shield)
  10. Jas Hujan (Rain Coat)

Alat Pelindung Diri yang disediakan oleh perusahaan dan dipakai oleh tenaga kerja harus memenuhi syarat pembuatan, pengujian dan sertifikat. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari keselamatan kerja, tidak hanya untuk karyawan saja namun keselamatan kerja pun memberikan banyak manfaat untuk perusahaan, berikut ulasannya.

  • Menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman dan tenang. Dengan kondisi lingkungan tersebut karyawan dapat bekerja secara optimal, sebab karyawan merasa sudah ada jaminan keselamatan dalam bekerja yang diberikan oleh perusahaan.
  • Adanya keselamatan kerja oleh perusahaan, maka akan menumbuhkan loyalitas kerja karyawan. Karena, hal tersebut menujukan perusahaan mempunyai kepedulian terhadap keselamatan para karyawannya.
  • Dengan adanya keselamatan kerja, proses kerja perusahaan dapat berjalan sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Dengan demikian tidak ada penyimpangan ataupun penundaan dalam penyelesaian sebuah pekerjaan akibat adanya masalah seperti terjadinya kecelakaan kerja.
  • Mendukung program pemerintah guna menekan angka kecelakaan kerja. Dengan minimnya angka kecelakaan kerja, bisa meningkatkan minat investor untuk menanamkan investasinya di Indonesia.

Untuk melihat bermacam alat safety, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual alat safety berkualitas dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar