Faktor yang Mempengaruhi Panjang dan Pendeknya Usia AKI

0
Faktor yang Mempengaruhi Panjang dan Pendeknya Usia AKI
Faktor yang Mempengaruhi Panjang dan Pendeknya Usia AKI

Tak dapat dipungkiri bahwa aki adalah salah satu elemen penting pada kendaraan sebab berfungsi sebagai starter, suplai beban, serta penstabil kelistrikan. Maka dari itu perawatan aki sangat penting dilakukan supaya performanya tetap bagus serta bisa bertahan lama.

Tidak ada patokan tetap apapun untuk menghitung usia aki, akan tetapi terdapat sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi panjang serta pendeknya usia aki.

Salah satu faktor yang dapat memperpendek usia aki yaitu macet. Di kota besar macet sudah menjadi hal yang biasa. Kenapa macet dapat memperpendek usia aki ? sebab ketika macet, aki akan bekerja lebih banyak menerima daya ataupun beban daripada memberikan beban. Hal ini akan mengakibatkan aki menjadi panas serta overcharged atau bisa disebut kelebihan setrum, terlebih ketika keadaan cuaca panas akibat terik matahari.

Namun jangan khawatir, overcharged ini bisa diatasi dengan menyeimbangkan pemakaian AC, lampu serta audio supaya aki kendaraan bisa tetap memberikan beban keluar ketika macet. Setelah terjebak macet dalam jangka waktu yang lama sebaiknya periksalah air aki maupun kondisi charging.

Tidak hanya overcharged saja yang bisa memperpendek usia aki, namun undercharged pun demikian. Penyebab undercharged sendiri bisa diakibatkan karena kendaraan yang tidak dihidupkan dalam waktu lama namun sewaktu ingin dioperasikan kendaraan tersebut tidak dipanaskan terlebih dahulu. Panaskanlah kendaraan setidaknya 5 hingga 10 menit sembari menginjak pedal gas hingga titik minimal 2.000 RPM.

Penyebab lain terjadinya undercharged pun bisa dikarenakan akibat pemasangan bermacam asesoris tambahan misalnya lampu, sistem audio, klakson, alarm dan lainnya tanpa memperhatikan bebannya. Supaya aki awet, diperlukan pengecekan rutin terhadap daya aki serta kebutuhan daya asesoris terlebih dahulu sebelum melakukan penambahan sejumlah beban dari bermacam asesoris.

Apabila Anda tak mau repot menjaga kondisi aki kendaraan Anda, sebaiknya gunakan aki jenis bebas perawatan atau maintenance Free (MF). Seperti aki Yasa, delkor, Astra, Gforce dan lainnya. Aki MF tidak membutuhkan perawatan dan aki MF pun bebas dari risiko tumpahan maupun percikan asam elektrolit.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar