Seperti ini Cara Mencabut dan Memasang Kabel Aki yang Benar

0
Cara Mencabut dan Memasang Kabel Aki yang Benar
Cara Mencabut dan Memasang Kabel Aki yang Benar

Seperti ini Cara Mencabut dan Memasang Kabel Aki yang Benar –¬†Apabila Anda berencana mengutak-atik mobil yang ada kaitannya dengan kelistrikan, lebih baik cabut terlebih dahulu kabel akinya. Dalam mencabut dan memasang kabel aki, tidak boleh di lakukan dengan sembarang. Terdapat aturan-aturannya. Tahukah Anda bagaimana caranya ? berikut ulasannya.

Cara Mencabut dan Memasang Kabel Aki yang Benar

Berhati-hatilah ketika membuka kepala aki sebab jika salah maka akan menimbulkan masalah. Langkah yang pertama ialah dengan melonggarkan konektor ataupun kepala aki yang ada di terminal negatif maupun ground terlebih dahulu setelah itu barulah dicabut.

Apabila ingin melepas aki dari tempatnya, maka buka pula kabel yang terhubung ke terminal positif. Harap di ingat, lepaskanlah terlebih dahulu kabel negatif setelah itu kabel positif. Mengapa harus kabel negatif terlebih dahulu ?

Alasannya ialah, apabila Anda melepas kabel bagian positif terlebih dahulu apabila Anda menjatuhkan alat kerja ataupun benda lainnya jatuh ke terminal positif serta mengenai benda lainnya yang ada di mobil, maka akan memicu terjadinya hubungan pendek arus listrik.

Sedangkan jika mencabut kabel negatif terlebih dahulu maka dengan sendirinya akan memutuskan hubungan arus listrik pada bodi mobil. Apabila terdapat benda logam ataupun benda lainnya jatuh pada kedua terminal sekalipun maka tidak akan mengalami masalah.

Langkah selanjutnya yang mesti di ingat ketika hendak memasang kembali aki, yang pertama kali disambungkan ialah kabel positif terlebih dahulu setelah itu barulah kabel negatif. Langkah memasang ini merupakan kebalikan dari langkah membuka.

Sewaktu memasang kabel negatif pada terminal aki, pastinya akan muncul percikan pai sewaktu didekatkan dengan terminal. Anda tidak perlu merasa panik, sebab jika kepala aki sudah terpasang dengan sempurna maka percikan tersebut tidak akan muncul kembali.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.