10 Cara Menggunakan Genset Supaya Awet dan Berfungsi Optimal

0
10 Cara Menggunakan Genset Supaya Awet dan Berfungsi Optimal
10 Cara Menggunakan Genset Supaya Awet dan Berfungsi Optimal – Image: plus.google.com

Genset atau generator set merupakan sebuah mesin generator gabungan antara generator listrik dan sebuah mesin penggerak. Keduanya dipadukan menjadi sebuah alat penghasil listrik. Dalam pengoperasiannya, genset menggunakan bahan bakar bensin, solar atau gas. Biasanya alat ini dipakai oleh perusahaan, toko atau yang lainnya.

Banyak berita yang menginformasikan kecelakaan karena genset. Kecelakaan tersebut bisa dihindari jika genset dioperasikan dengan benar. Dengan menggunakan genset yang benar, tidak hanya terhindar dari risiko kecelakaan saja, namun juga bisa membuat genset tetap awet dan berfungsi optimal.

Lalu bagaimana cara menggunakan genset supaya awet dan berfungsi optimal? Berikut ini ulasannya.

Cara Menggunakan Genset Supaya Awet dan Berfungsi Optimal

Letakkan Genset di Tempat yang Kering

Jangan sembarang meletakkan genset, simpanlah genset di tempat yang kering, sebab jika genset diletakkan pada tempat yang terdapat air, terik matahari serta lainnya, genset bisa cepat rusak, malahan bisa memicu sengatan listrik yang bisa menyebabkan kematian.

Jaga Kebersihan Genset

Perhatikanlah kebersihan genset, dengan menjaga kebersihan genset maka kemampuan kerjanya akan jauh lebih optimal serta tetap terlihat bagus. Bersihkanlah semua kotoran, debu, minyak yang menempel di genset, bersihkanlah secara teratur terutama pada bagian Radiator sehingga mesin genset tidak mudah rusak.

Ganti Sparepart Genset

Ketika genset sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu serta terdapatkan sparepart genset yang tidak bisa bekerja secara optimal, maka segeralah untuk melakukan penggantian. Jika tidak segera dilakukan penggantian maka sparepart genset yang lainnya akan ikut rusak, tentunya hal tersebut akan membuat genset tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui sparepart apa saja serta kapan waktu yang pas untuk mengganti sparepart tersebut bisa diketahui dari buku panduan yang tersedia sewaktu membeli genset.

Pastikan Terdapat Sirkulasi Udara yang Baik

Sewaktu genset dinyalakan di sebuah ruangan, pastikanlah ruangan tersebut mempunyai sirkulasi udara yang baik. Hal tersebut diperuntukkan untuk membuang gas dari pembakaran genset. Dengan sirkulasi udara yang bagus, tidak hanya membuat pemilik ataupun pengguna lebih aman dari racun saja, namun juga bisa membuat mesin tidak mudah panas.

Pastikan Genset Dioperasikan Dengan Benar

Ketika ingin mengoperasikan genset, entah itu genset baru ataupun genset bekas, pastikan benar-benar mengetahui bagaimana cara mengoperasikannya, sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak di inginkan serta tidak terjadinya kerusakan terhadap genset. Alangkah baiknya bacalah buku petunjuk pemakaian genset.

Segera Matikan Genst Jika Terjadi Hal yang Mengganjal

Sewaktu sedang mengoperasikan genset terjadi hal yang tidak wajar maupun tidak normal, semisal suara yang lebih kencang dari biasanya, ataupun getaran yang amat kuat, segeralah untuk mematikan mesin genset tersebut. Segera lakukan pengecekan terhadap kondisi genset ketika dalam keadaan mati.

Perhatikan Kabel-kabel

Pada bagian-bagian genset terdapat kabel yang mesti diperhatikan dan perlu dirawat. Mengapa kabel-kabel tersebut harus diperhatikan dan dirawat? Ssebab kabel tersebut merupakan bagian-bagian dari perlengkapan penting pada sebuah mesin genset itu sendiri.

Periksa bahan bakar

Bahan bakar merupakan hal penting yang mesti diperhatikan sebelum mengoperasikan mesin genset, apabila bahan bakar tidak mencukupi maka genset akan cepat rusak sebab mengalami kekeringan.

Lakukan Pemeriksaan Distilled Water pada Bagian Battery

Pada battery genset terdapat distilled, dalam jangka waktu tertentu mesti diisi ulang, pada umumnya sekitar 2 sampai 3 tahun battery mesti diisi ulang.

Cek Oli Mesin Genset secara Berkala

Salah satu bagian penting pada genset yaitu Oli. Periksalah secara teratur serta gantilah oli mesin apabila sudah keruh atau sudah berkurang dari jumlah yang ditentukan. Sebaiknya lakukan pergantian setiap 6 bulan sekali maupun jika keadaan oli sudah tidak lagi normal.

Baca artikel lainnya : Hindari Maut! Lakukan 3 Cara Mudah Merawat Genset Ini

Demikianlah sejumlah langkah bagaimana cara menggunakan genset supaya awet dan berfungsi optimal. Untuk melihat berbagai genset, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual genset dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semua produk di Ralali.com berkualitas baik dan harga terjangkau. Dapatkan tambahan diskon 5% untuk semua produk.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.