Memulai Bisnis Bersama Ralali.com

Jenis Colokan Listrik, Steker, Saklar, Stop Kontak Dan Cara Menggunakannya

25

Mungkin seluruh aksesoris alat listrik ini pernah Anda temui karena alat – alat ini ada di dalam rumah. Namun, banyak yang terkadang salah menafsirkan nama aksesoris listrik tersebut. Nah inilah 8 nama aksesoris alat listrik dan cara menggunakannya agar nama dan fungsinya tak lagi tertukar.

1. Steker

berbagai-jenis-steker
Jenis-Jenis Steker

Mungkin Anda mengenal nama aksesoris listrik ini dengan ‘colokan listrik’ tak ada salahnya memang, namun, alat listrik tersebut punya nama yakni steker. Fungsinya adalah sebagai penghantar listrik menuju tempat lain atau stop kontak.

Cara menggunakan steker :

Cukup mudah, jika steker telah terpasang kabel maka colokkan saja dimana terdapat dua lubang sesuai dengan arahnya, hanya itu. Jika belum terdapat kabel maka Anda harus melakukan pemasangan terlebih dulu. Caranya adalah buka baut atau mur untuk membuka permukaan pelindung, kemudian kendurkan baut pengencang kabel lalu hubungkan masing-masing kabel sesuai dengan tempatnya kemudian kencangkan.

Pastikan warna kabel yang sama jangan sampai ada kabel berbeda warna menjadi satu yang terhubung atau menempel satu dengan lainnya diantara baut pemasangnya.

Jenis Steker

Steker Bengkok

steker-bengkok
Steker Bengkok

Steker Adapter

Steker Adapter
Steker Adapter

Steker T

Steker T
Steker T

Steker Arde

Steker Arde
Steker Arde
Jual Alat Listrik
Jual Alat Listrik

2. Saklar

Banyak yang menyebut jika saklar adalah stop kontak, namuan pastikan apakah nama tersebut memang benar itu. Dan jawabanya adalah ini. Saklar dan stop kontak berbeda. Begitu juga secara fungsi, saklar adalah sebagai pemutus arus listrik. Namun stop kontak adalah penyedia atau sarana arus listrik tersebut akan dialirkan.

Berbagai Jenis Saklar
Berbagai Jenis Saklar

Cara menggunakan Saklar :

Sangat lah mudah, cukup tekan searah permukaan, dan lampu atau perangkat listrik lain akan menyala. Dengan syarat, seperti kabel listrik telah terhubung. Jika belum maka bisa Anda lakukan pemasangan kabel terlebih dulu. Saat pemasangan kabel pastikan sumber listrik dalam keadaan mati atau tidak teraliri listrik. Jika Anda belum bisa memasang bisa Anda serahkan kepada tukang atau yang mengerti benar.

Jenis Saklar

Saklar Seri Outbow

Saklar Seri Outbow
Saklar Seri Outbow

Saklar Engkel

saklar-engkel
Saklar Engkel

Steker + Saklar

steker-saklar
Saklar + Steker

3. Fitting

Nama aksesoris listrik ini berasal bahasa Inggris, fitting adalah sebuah tempat untuk menaruh sebuah lampu bohlam, yang berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya yang digunakan untuk menaruh bohlam. Jenisnya ada dua, berulir dan ‘sumpit’ yang mana lampu tidak diulirkan tetapi ditusukkan ke tempatnya.

Berbagai Jenis Fitting
Berbagai Jenis Fitting

Cara menggunakannya :

Juga sangatlah mudah, fitting ini digunakan sebagai tempat lampu agar lebih aman ditempatkan menggantung, di plafon atau di media lain yang memerlukan penerangan. Cara memasangnya, untuk jenis ulir cukup tempelkan lampu pada lubang ulir yang tersedia kemudian sesuaikan ulir dan putar untuk mengencangkan. Jangan terlalu kencang dan pastikan ketika memutar lakukanlah secara perlahan agar kaca lampu tidak pecah.

Jenis Fitting Lampu

Fitting Lampu Plafon

Fitting Lampu Plafon
Fitting Lampu Plafon

Fitting Lampu Gantung

Fitting Lampu Gantung
Fitting Lampu Gantung

Fitting Lampu Kombinasi

fitting-lampu-kombinasi
Fitting Lampu Kombinasi

4. Socket

Electric Socket adalah bahasa inggris dari Stop Kontak. Fungsi atau kegunaan yang dimiliki oleh socket agak sama dengan stop kontak, selama terpasang dalam sebuah dinding atau perangkat, maka boleh jadi itu dinamakan socket. Karena lubang alat listrik tersebut merupakan penghubung arus listrik atau jaringan sehingga perangkat rumah bisa aktif sempurna.

Cara menggunakannya :

Hanya dengan mencocokkan antara kabel yang terhubung di televisi dengan kabel socket dinding yang terhubung dengan antena atau jaringan lain, maka perangkat tersebut aktif dan bisa Anda manfaatkan.

Pemasangan jenis perangkat ini pada dinding rumah dimaksudkan agar lebih rapih untuk sebuah proses instalasi kabel antena televisi, sehingga dengan adanya socket tv ini di beberapa titik dalam dinding rumah, Anda bisa dengan leluasa memindahkan tanpa menarik kabel panjang untuk sambungan ke antena luar.

8 Nama Aksesoris Listrik Dan Cara Menggunakannya
Socket-Pada-Perangkat-Listrik

Cek Harga Socket >>

Jenis Socket

Beberapa jenis socket lain juga hadir sebagai pelengkap, berikut adalah dua jenis socket yang biasa hadir sebagai pelengkap perkakas electrical rumah Anda;

Telephone Wall Socket

8 Nama Aksesoris Listrik Dan Cara Menggunakannya
Telephone-Wall-Socket

Cek Harga Telephone Wall Socket >>

Jual Alat Listrik
Jual Alat Listrik

TV Socket

8 Nama Aksesoris Listrik Dan Cara Menggunakannya
TV-Socket

Cek Harga TV Socket >>

5. Ballast

Ballast merupakan nama aksesoris listrik yang tak bisa ditinggalkan, setiap lampu tentu memiliki ballast. Fungsinya sebagai penyeimbang atau pembatas besaran arus listrik yang masuk dan mengoperasikan lampu pada karakteristik yang sesuai.
Ballast

Cek Harga Ballast

Ballast merupakan nama aksesoris listrik dan cara menggunakannya cukup mudah, setiap lampu tentu memiliki ballast. Fungsinya sebagai penyeimbang atau pembatas besaran arus listrik yang masuk dan mengoperasikan lampu pada karakteristik yang sesuai.

Cara menggunakan ballast :

Hanya lakukan pemasangan yang ditempel pada kap lampu, biasanya aplikasi ini cenderung pada neon, dengan kandungan tabung unsur phospor didalamnya. Jika ruang atau tempat ballast tidak ada maka Anda bisa memberikan dudukan atau memasang ballast versi sendiri. Usahakan posisinya berdekatan dengan lampu dan terlindung dari air hujan.

6. Kap Lampu

Nama Aksesoris Listrik Dan Cara Menggunakannya
Kap-Lampu

Cek Harga Kap Lampu >>

Istilah ini tentu tak tertukar, dari namanya sudah mudah diingat dan bentuknya juga familiar pasti. Alat aksesoris listrik ini digunakan untuk menutupi sebuah lampu dari cipratan hujan agar tak terjadi korsleting.

Cara menggunakannya :

Bisa Anda pasang menempel pada dinding atau digantung, prosesnya sama seperti pemasangan lampu pada fitting, namun, kap lampu tidak mendapat aliran listrik dan agar pijaran lampu lebih terarah dan lebih maksimal diarea yang dingin dipancarakan sinar lampu saja.

Selain itu, untuk memberikan maksimum penerangan terarah di area yang hanya diperlukan penerangan. Lapisan putih dengan material alumunium tahan panah cukup membuat lampu lebih aman dan terang lebih terarah sempurna. Baca juga Jenis-jenis Kap Lampu >>

7. Multiplug

Nama Aksesoris Listrik Dan Cara Menggunakannya
Multiplug

Cek Harga Multiplug >>

Nama aksesoris listrik dan cara menggunakannya cukup mudah, ini merupakan salah satu perkakas listrik yang bisa digunakan untuk memberikan keleluasaan pemilik rumah menggunakan saklar pada stop kontak. Jadi semisal dalam sebuah rumah memiliki stop kontak terbatas, alat listrik jenis multiplug bisa Anda gunakan, selain itu misalkan kabel yang terhubung dengan alat listrik seperti kulkas atau laptop namun jarak jangkau terbatas maka alat ini solusinya.

Cara menggunakannya :

Sama dengan prinsip stop kontak, hanya saja jika saklar terhubung dengan kabel yang teraliri listrik sementara untuk multiplug adalah sebagai perantara mengingat efisiensi tempat, dimaka satu stop kontak dapat dipasang lebih dari 2 saklar. Jenis-jenis Multiplug >>

8. Stop Kontak

Nama aksesoris listrik ini juga kerap tertukar, dan sebenarnya stop kontak adalah tempat steker dipasang, itulah fungsi dan cara menggunakan sederhannya Stop Kontak. Namun aplikasinya stop kontak ada yang dipasang langsung pada tembok ada pula yang dipasang langsung pada kabel.

Nama Aksesoris Listrik Dan Cara Menggunakannya
Stop-Kontak

Cek Harga Stop Kontak >>

Cara menggunakannya :

Proses pemasangan kabel pada stop kontak juga mirip dengan sistem kerja memasang kabel atau menghubungkan kabel dengan steker. Pisahkan antara dua warna kabel, tempatkan di posisi yang telah disediakan, kencangkan dan pastikan semua tak saling berhubungan, pasang kembali.

Yang agak lebih sukar memasang untuk pemula adalah memasang stop kontak di dalam tembok, karena aruis listrik yang terdapat dalam kabel langsung. Maka jika Anda ragu untuk memasangnya maka serahakan pada ahlinya, Namun jika akan tetap mencobanya, turunkan MCB listrik agar arus listrik menuju stop kontak tidak ada.

Setelah usai kemuduan rapihkan dan coba. Jika MCB turun maka pemasangan tidak berhasil. Pastikan uji coba Anda juga berhasil, jangan sampai beberapa hari kedepan terdapat wangi karet terbakar dan menyebabkan arus pendek yang sehingga menjadikan sumber petaka atau kebakaran. Itulah nama aksesoris listrik dan cara menggunakannya untuk jenis stop kontak.

9. Stop Kontak + Saklar

Nama Aksesoris Listrik Dan Cara Menggunakannya
Stop-Kontak-+-Saklar

Beli Stop Kontak Saklar Disini harga Diskon

Demikian ragam nama aksesoris listrik dan cara menggunakannya, meski semua perkakas ini sudah familiar untuk Anda namun beberapa jenis biasanya Anda sebut berbeda atau tertukar, walaupun maksud Anda adalah benar sebagai fungsi pelengkap aksesoris listrik. Kini Anda tak lagi menamakan perkakas industrial kategori electrical ini dengan nama yang salah pastinya. Semoga bermanfaat.

Jual Alat Listrik
Jual Alat Listrik

Apabila ingin membeli bermacam alat listrik sebaiknya kunjungi Ralali.com. Di Ralali.com jual alat listrik yang bagus seperti stop kontak, saklar, steker, fitting lampu dan aneka alat listrik lainnya sangat lengkap dan berkualitas terbaik dengan beragam pilihan jenis dan merek ternama seperti panasonic, kenmaster, bosch, philips, brocco, dll .

25 Komen
  1. prida berkata

    bagus bagus, ngebantu ngerjain tugas. terima kasih 😉

  2. Aldo 77 berkata

    Baguslah,,pas lg ada tugas begini jd bisa ngebantu…makasih

  3. Lydia berkata

    makasiii.. membantu kerjaan saya

  4. metixnakpapua berkata

    penyaringan atas dasar listrik

  5. imam berkata

    thanks ….

    1. ahmad Vei
      ahmad Vei berkata

      Sama-sama 🙂 terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini 🙂

  6. Yulia Rachman berkata

    Tks ya, semoga Allah ngasih balasan yg baik. aamiin….

  7. ulandari berkata

    thanks guys infonyaa…

  8. hydra berkata

    Saya ada rangkaian elektronik yg memakai steker 3 kaki, sementara stop kontak dirumah hanya ada 2 lobang,
    1. apakah tanpa menggunakan adapter dari 3 ke 2 (maksudnya kaki ground steker saya potong supaya bisa utk 2 lobang) ?
    2. Apakah ada pengaruhnya bila saya langsung dengan cara seperti no.1 tadi
    Terimakasih banyak sebelumnya…

    1. angga ralali
      angga ralali berkata

      Saya sendiri belum pernah melakukan hal tersebut, seharusnya tetap masih dapat digunakan karena kaki ketiga (ground) hanya untuk tambahan perlindungan apabila jika terjadi kebocoran listrik. akan tetapi demi keamanan ada baiknya tetap menggunakan kaki tiga, lebih baik beli adapter tambahan harganya juga tidak terlalu mahal kok, atau jika yang lebih aman lagi, ganti stop kontaknya dengan yang 3 lobang.

  9. Mahendra Mustika Wijaya berkata

    gan mau nanya ada ga sih aksesoris yang digunakan untuk menempel kabel di dinding ??

    klo ada namanya apa ya ? soalnya ane mau buat extender wifi di lantai bawah ….

    terima kasih 🙂

    1. angga ralali
      angga ralali berkata

      Ada kok gan, namanya itu klem kabel.

  10. faisal berkata

    good info, semoga makin sukses yg buat postingan..aamiin

  11. faisal berkata

    oiya, apa beda colokan, stop kontak sama terminal? thx b4

    1. angga ralali
      angga ralali berkata

      Perbedaan antara stop kontak dengan terminal yaitu, stop kontak biasanya digunakan sebagai penghubung benda benda elektronik yang membutuhkan arus listrik. biasanya pada benda benda elektronik tersebut terdapat steker (colokan), steker tersebutlah yang dicolokkan ke stop kontak, oleh karena itu stop kontak sering disebut sebagai rumah steker (colokan). sedangkan terminal biasanya digunakan untuk penyambungan kabel agar lebih mudah dan juga lebih aman.

      Semoga jawaban saya membantu, terimakasih sudah berkunjung. 😉

  12. rudi berkata

    bermanfaat salam dari kami

  13. Heru Jati Blora berkata

    Jujur saja, sampe hari ini nama nama lat listrik itu saya kurang paham. jadi dengan adanya artikel ini jadi mengingatkan saya. terima kasih

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat 🙂

  14. Sanken elektronik berkata

    info yang bermanfaat

  15. rama berkata

    Trmksh mas informasi nya

  16. Junot berkata

    baru tahu colokan nama lainnya steker 😀 makasih ilmunya

  17. edit-ing.services berkata

    This is vital, thanks for contributing this list. I am sure that the entire electrical appliance accessories are important tools in the house.

  18. ari berkata

    Bedanya stopkontak yg bahan kuningan dengan yg biasa apa sih? Apa menghantarkan listrik lebih baik atau lebih tahan karat ya?

  19. mawan berkata

    super skali
    terima kasih infonya

  20. mawan berkata

    trima kasih infonya
    super mantab

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.