Perayaan Pelantikan Presiden Jokowi – JK. Selamat Bertugas Pak!

0

Perayaan pelantikan presiden Jokowi – JK untuk periode 2014 – 2019 tiba pada waktunya, bertempat di gedung MPR tepatnya di ruang sidang paripurna MPR/ RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014). Harapan baru tak hanya diinginkan dari sisi hukum dan politik termasuk harapan baru pada sektor industri dan indeks saham.

Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Dengan demikian, Jokowi-JK resmi menjadi orang nomor 1 dan 2 di Indonesia periode 2014-2019. Jokowi mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru diikuti oleh JK.

Dalam perayaan pelantikan presiden Jokowi – JK, Jokowi berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah. Susilo Bambang Yudhoyono yang berada di samping Jokowi juga ikut berdiri dan menyaksikan prosesi ini.

Jokowi dan JK mengantikan posisi Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono yang telah menjabat selama 5 tahun. Jokowi resmimenjabat sebagai Presiden RI ke-7.

Perayaan Pelantikan Presiden Jokowi - JK. Selamat Bertugas Pak!
Ilustrasi-Presiden-RI

Sumpah Di Perayaan Pelantikan Presiden Jokowi – JK

Joko Widodo dan Jusuf Kalla resmi menjabat sebagai Presiden dan Wapres RI usai mengucapkan sumpah jabatan. Pembacaan sumpah itu berlangsung dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014). Jokowi membacakan sumpah terlebih dahulu, kemudian disusul oleh JK.

Sumpah ini sudah tercantum di dalam Pasal 35 UU MD3. Keduanya mengucapkan sumpah dengan disaksikan oleh Ketua MA Hatta Ali. Berikut isi sumpah yang diucapkan Jokowi dan JK:

Sumpah Jokowi

Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

Sumpah JK

Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

Perayaan Pelantikan Presiden Jokowi - JK. Selamat Bertugas Pak!
Ilustrasi-Sidang-Pelantikan-Jokowi—JK

Putusan Resmi Dari MPR

Sebelum perayaan pelantikan presiden Jokowi – JK, Ketua MPR Zulkifli Hasan membuka Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2014-2019. Zulkifli kemudian membacakan Surat Keputusan KPU tentang Pilpres 2014.

Zulkifli membacakan SK KPU nomor 536/Kpts/KPU/Tahun 2014 Tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014.

“Menetapkan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 nomor urut 2, Saudara Ir H Joko Widodo dan Saudara Drs H M Jusuf Kalla,” kata Zulkifli membacakan surat keputusan tersebut.

Dalam Pilpres 2014 lalu, Jokowi-JK memperoleh 70.997.833 suara atau 53,15% dari total suara sah. Keputusan ini ditetapkan pada 22 Juli 2014 silam.

Ketua KPU Husni Kamil Manik beserta para komisioner KPU lainnya hadir di Pelantikan Jokowi-JK ini. Sejumlah tokoh nasional dan utusan negara sahabat juga hadir.

Perayaan Pelantikan Presiden Jokowi - JK. Selamat Bertugas Pak!
Ilustrasi-Bakso-Gratis-Syukuran-Rakyat-Perayaan-Pelanktikan-Jokowi—JK

Syukuran Rakyat

Terkait dengan perayaan pelantikan presiden Jokowi – JK hari ini, relawan Jokowi dan warga Jakarta yang ingin mengikuti acara ‘Syukuran Rakyat’ mulai memadati di Bundaran HI. Mereka berkumpul di sisi jalan dan juga bagian tengah bundaran HI.

Tak hanya pendukung presiden dan wakil presiden terpilih, beberapa pekerja atau karyawan yang lokasi kantor di sekitar area sukuran juga ikut menjajal makanan gratis yang disuguhkan berbagai penjaja makanan. Momen ini digunakan mereka untuk sarapan pagi, pasalnya syukuran tersebut digelar mulai jam enam pagi.

Mengutip kompas, pantauan di bundaran Hotel Indonesia sudah mulai ramai dan prediksinya hingga sore nanti akan semakin ramai karena banyak kuliner yang disuguhkan untuk dimakan gratis. Untuk menjaga kebersihan toilet, rumah sakit mini dan petugas kebersihan termasuk satuan pengamanan telah dikerhakan.

Kerumunan warga ini sempat membuat lalu lintas di sekitar Budaran HI tersendat. Rencananya usai mengikuti pelantikan di Gedung DPR, Jokowi-JK akan menaiki kereta kuda dari Bundaran HI ke arah Monas.

Prosesi di Bundaran HI akan berlangsung setelah pukul 12.00 WIB setelah Jokowi-JK dilantik. Kabarnya, untuk sarana transportasi Jokowi-JK akan naik kereta kuda mirip andong menuju Istana. Selamat bertugas pak!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.