Sinergi Ralali.com, MBN, dan KOPITU, Buka Ribuan Peluang Baru Petani Indonesia

0

Jakarta, 24 Agustus 2021

Memasuki era digital, membuat para pelaku UMKM perlu memahami bagaimana keadaan market pasar digital. Diperlukan adanya digitalisasi market untuk produk UMKM dan juga produk pertanian. Digitalisasi di era pandemic Covid-19 saat ini menjadi prioritas utama dalam bisnis untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM.

E-commerce menjadi sebuah solusi untuk dapat mengakses pasar digital yang lebih luas. Namun, masih banyak pengguna e-commerce dari kalangan pelaku UMKM dan petani Indonesia yang belum memahami optimalisasi penggunaan e-commerce sebagai akses untuk menembus pasar digital. Minimnya pengetahuan mengenai digital market menjadi salah satu hambatan kalangan UMKM dan petani dapat menembus pasar digital. Dengan begitu, hadirnya e-commerce enabler sangat membantu untuk memecahkan masalah operasional dalam bisnis digital secara menyeluruh.

PT. Mitra Enabler Indonesia melalui platform Marketplace dan Enabler Ralali.com menjadi salah satu penyedia layanan tersebut. Ralali.com mendukung penuh kegiatan ini, karena sesuai dengan fokus utama dari misi Ralali untuk memberdayakan UMKM Indonesia. Bekerjasama dengan KOPITU atau Komite Pengusaha Mikro Menengah Indonesia Bersatu serta MBN (Mitra BUMDes Nusantara), Ralali.com menjadi akselerator dalam meningkatkan pemasaran dan pengembangan produk UMKM dan produk pertanian.

Demi mewujudkan kepekaan terhadap pasar digital dan informasi untuk  menunjang daya jual dan beli hasil budidaya petani Pangan dan Hortikultura, Ralali.com bersama MBN, KOPITU dan Kementerian Pertanian RI mengadakan Webinar Online dalam tema “Pengembangan Sumber Daya Petani Dalam Mengakses Pasar Digital Tanaman Pangan dan Hortikultura”.

“Hari ini KOPITU dengan Marketplace Ralali.com telah melakukan kerjasama di digitalisasi UMKM binaan KOPITU dalam rangka mencapai kesuksesan memasuki pasar digital via platform Ralali.com. Fitur unggulan lain yang kita tonjolkan adalah fungsi Enabler untuk kurasi produk, dukungan perizinan, packaging, pembiayaan tanpa agunan dengan bunga rendah, hingga pelatihan dan sertifikasi.”, ungkap Yoyok selaku ketua umum KOPITU.

Dengan menggunakan e-commerce enabler, maka dapat membuka peluang bagi petani untuk memasarkan kegiatan budidaya maupun penjualan pasca panen yang bisa secara langsung menjual produk tani ke marketplace. Hal ini juga memudahkan akses informasi antara penjual dan pembeli di ruang yang lebih luas.

“Dengan Ralali ekosistem kami bertekad agar UMKM Indonesia dapat Go Digital. Ralali hadir berikan solusi lewat Konekto, aplikasi platform yang berfokus dalam membantu pelaku usaha untuk membuka gerbang digital. Dengan Konekto, UMKM dapat mempersingkat mekanisme penjualan produk usaha dengan berbagai fitur unggulan.“ ungkap Michael Agoes Wangsapoetra selaku Deputy of CEO Ralali.com pada webinar online hari ini.

PT Mitra Enabler Indonesia bersama Ralali dan KOPITU, dan MBN akan melakukan training di berbagai kota dan kabupaten untuk melakukan pelatihan khusus pembinaan terkait standarisasi produk, packaging, logistik, pembukuan sederhana dan pembiayaan serta layanan lain yang dibutuhkan dalam pengembangan usaha terhadap UMKM dan petani agar mereka siap menghadapi persaingan pasar digital.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat membuka gerbang digital bagi UMKM Indonesia untuk masuk ke pasar global, serta diharapkan dapat meningkatkan persentase jumlah UMKM yang bergabung menjadi seller di e-commerce untuk memasarkan produknya secara langsung.

Info selengkapnya terkait cara bergabung menjadi seller segera kunjungi Ralali.com atau langsung download aplikasi Ralali di Google Play dan App Store.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.