Tahukah Kamu Bedanya Si “Kembar” Sushi dan Kimbap?

0

Siapa yang masih suka ketuker ngira sushi itu kimbap, atau sebaliknya ?

Memang sih dua makanan ini ibarat bayi kembar yang sulit dibedain. Tapi tahu gak sih kalo faktanya dua makanan ini punya perbedaan yang cukup signifikan. Supaya lebih mudah Ralali sudah merangkumnya buat kamu

 

Perbedaan bumbu dasar yang membuat rasa sushi dan kimbap jadi berbeda

Perbedaan sushi dan kimbap
Source: Unsplash

Serupa tapi tak sama, kalau di Jepang sushi dibumbui dengan cuka beras, berbeda lagi dengan kimbap yaitu minyak wijen yang sudah di fermentasi. Kedua bumbu yang berbeda jelas membuat perbedaan rasa yang sangat mencolok.

Isian yang Berbeda

Perbedaan sushi dan kimbap

Perbedaan sushi dan kimbap lainnya adalah, ketika di negara asalnya ikan salmon & tuna mentah menjadi isian utama dari sebuah sushi. Sementara itu kimbap disajikan dengan daging matang, nasi serta sayuran seperti wortel, timun atau bayam. Beda banget kan?

 

Variasi sushi yang lebih banyak

 

Perbedaan sushi dan kimbapJika sushi bisa disajikan dengan berbagai variasi bentuk seperti digulung, ditaruh di atas nasi dengan isian daging, sayur  mentah maupun matang. Kimbap cenderung hanya nasi berbentuk bulat yang dilapisi rumput laut, sehingga variasinya tidak terlalu banyak.  

Sushi itu gak bisa di take away

Perbedaan sushi dan kimbap

Di Jepang sushi lebih sering dimakan di restoran, dan bukan untuk di take away. Sedangkan di Korea Selatan kimbap merupakan street food, yang sering dijadikan cemilan atau lunch box yang biasa dibawa ke sekolah atau tempat kerja

Kimbap menggunakan banyak varian beras 

Jenis-jenis beras

Meskipun Kimbap memiliki filling yang terbatas, tapi tidak dengan nasi yang bisa digunakan. karena kuliner Korea Selatan ini dapat dibuat dengan nasi merah, coklat atau hitam.

Berbanding terbalik dengan sushi selalu menggunakan nasi putih sedangkan isiannya biasanya dibuat bervariasi. Seperti ikan, sayuran, maupun daging.

Nah, sudah tahu kan perbedaan sushi dan kimbap? 

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.