Tips Jitu agar UPS Tetap Bekerja Maksimal

0
merawat ups
Image: gearnuke.com

Listrik mempunyai fungsi yang besar di banyak negara. Jika tiba-tiba listrik padam akan berakibat fatal, terutama bagi perusahaan besar. Ketika listrik padam secara tiba-tiba secara otomatis alat yang menggunakan listrik pun akan padam, dampak listrik padam secara tiba-tiba terhadap alat yang menggunakan listrik bisa mengalami kerusakan. Namun jika menggunakan UPS, ketika listrik padam maka akan mengalirkan energi listrik ke semua alat yang menggunakan listrik sehingga risiko kerusakan bisa dihindari. Selain itu UPS pun berfungsi sebagai stabilizer arus listrik, serta sebagai penangkal petir.

Namun sangat disayangkan, banyak pengguna UPS yang tidak paham dan mengerti bagaimana merawat alat ini supaya tetap bekerja secara maksimal. Berikut ini sejumlah tips merawat UPS agar tetap maksimal.

Tips Jitu agar UPS Tetap Bekerja Maksimal

Test

Sewaktu membeli UPS baru meskipun terdapat keterangan bahwa indikator baterainya sudah terisi penuh, Anda mesti tetap mengujinya. Cara mengujinya yaitu dengan menghubungkan UPS dengan alat elektronik yang memerlukan tenaga listrik rendah setelah itu periksalah apakah indikator baterainya sudah sesuai dengan keterangan.

Update

Sewaktu membeli UPS baru, periksalah batas tanggal penggunaan baterainya, dan ketika mengganti baterainya pun berikan label kapan harus dilakukan penggantian baterai kembali. Penggunaan baterai yang melebihi masa pakai akan membuat performa UPS menurun.

Tempat

Tempatkanlah UPS di tempat yang mempunyai ventilasi udara dan bersih. Tempat dengan ventilasi udara akan mendinginkan perangkat dan akan berdampak baik pula bagi usia baterai. Selalu jaga kebersihan di mana UPS terebut ditempatkan.

Baterai

Bisanya baterai UPS bisa bertahan 3 hingga 5 tahun. Semakin sering UPS digunakan, maka akan semakin pendek pula umur baterainya. UPS dengan harga yang paling mahal sekalipun pasti baterainya akan mengalami keausan. Sebaiknya ganti baterai UPS setiap 2 tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kebocoran baterai yang dapat menyebabkan umur UPS cepat menurun.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.