Tips Keselamatan Kerja di Area Timbunan Yang Rawan Akan Kecelakaan Kerja

0

tips keselamatan kerja di area timbunanArea timbunan atau bisa disebut Wate Dump ataupun Disposal adalah salah satu daerah yang kerap terjadi kecelakaan di industri pertambangan. Daerah ini dalam satu hari dilalui oleh unit produksi serta unit pendukung yang lainnya sebanyak ribuan kali bahkan bisa lebih.

Selain karena sering dilalui, hal membahayakan yang lainnya ialah tingginya jenjang tebing Disposal atau Timbunan, longsor akibat kestabilan yang kurang, material lepas serta minimnya penerangan ketika malam hari.

Sejumlah kecelakaan fatal (kematian) sering terjadi di daerah timbunan tersebut di sebabkan terperosoknya unit ketika membuang sejumlah muatan di pinggir timbunan, menumpahkan muatan di atas air atau lumpur, longsor yang disebabkan patahnya timbunan, serta terjadinya tabrakan antar unit ketika manuver.

Perlu ketahui bahwa material yang berada di daerah Disposal merupakan material lepas, lapisan timbunan yang relatif tebal serta sudah tak ada lagi sudut kemiringan perlapisan semisal material asli. Akibatnya pada bagian tepi timbunan tidak akan stabil, selain itu tanggul pada bagian tepi timbunan dibuat dalam bentuk yang tipis. Maka dari itu dalam mengoperasikan unit truk produksi di area timbunan mesti sangat hati-hati.

Baca Juga : Langkah Penting Keselamatan Kerja Di Bengkel

Dalam upaya mengurangi risiko kecelakaan di area timbunan atau disposal, terdapat sejumlah hal atau tips keselamatan kerja yang mesti diperhatikan, yaitu:

Buat tanggul pengaman atau windrow

Kapasitas unit tambang yang berat menjadi alasan penting mengapa perlu membuat serta menjaga tanggul pengaman, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terperosoknya unit tambang ke tepi timbunan ketika membuang muatan

Memeriksa daerah timbunan secara berkala

Pemeriksaan bertujuan guna memastikan ada atau tidaknya keretakan di area timbunan. Operator unit mesti waspada dan berhati-hati terhadap adanya keretakan pada daerah timbunan, sebuah keretakan merupakan indikasi terdapatnya ketidakstabilan di area Disposal. Beban mekanis truk produksi bisa mengakibatkan material yang terdapat di area timbunan meluncur ataupun longsor.

Berilah tanda atau rambu supaya unit tidak terperosok atau menambah beban terhadap timbunan yang terdapat retakan, dan perbaikilah dengan hati-hati menggunakan Bulldozer..

Jangan sesekali membuang muatan di area yang di bawahnya sudah digali

Pada kondisi tertentu kebutuhan material yang bagus untuk pelapisan jalan tambang di ambil di area timbunan. Pada umumnya proses yang kerap dilakukan dalam kegiatan ini ialah proses undercut atau potong dari bawah, proses tersebut akan mengakibatkan ketidakstabilan pada daerah timbunan.

Jangan sesekali melakukan dumping double bench atau jenjang ganda

Teknik dumping material di daerah timbunan kerap dilakukan dengan double bench yaitu satu dumping dari atas dan terdapat unit lain di dasar timbunan. Teknik tersebut sangatlah membahayakan untuk operator unit sebab mengakibatkan tertimpanya material buangan dari unit yang berada di atas.

Itulah beberapa faktor tips keselamatan kerja di area timbunan, agar dapat lebih aman dalam bekerja, jangan lupa untuk selalu menggunakan alat keselamatan kerja atau safety Equipment yang berkualitas, untuk melihat berbagai contoh produk safety equipment berkulitas Anda bisa meihat di Ralali > http://www.ralali.com/automotive-equipment

Penulis : Vei
Editor : Angga

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.