Tips keamanan dan keselamatan Terhadap Benda Yang Mudah Terbakar

0

Tips Keamanan dan Keselamatan

Tips keamanan dan keselamatan Terhadap Benda Yang Mudah Terbakar, – Pemakaian benda yang mudah terbakar adalah salah satu hal yang bisa memicu kebakaran. Maka dari itu anda mesti waspada dalam pemakaian benda tersebut terlebih sewaktu dipergunakan di dalam rumah. Jangan lupa sediakanlah Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di rumah Anda untuk berjaga-jaga memadamkan api apabila terjadi sesuatu yang bisa memicu kebakaran, sehingga kebakaran bisa diantisipasi.

Baca Juga : Tips Keselamatan Kerja Di Area Timbunan Yang Rawan Akan Kecelakaan Kerja

Berikut ini merupakan tips keamanan dan keselamatan yang mesti di perhatikan sewaktu memakai benda yang mudah terbakar di dalam rumah.

  • Awasi nyala api di area terbuka

Apabila anda kerap menyalakan api di area terbuka semisal membakar sampah, membuat api untuk membakar daging atau sate, membuat api unggun, maka pastikanlah bahwa nyala api yang anda buat aman serta pastikan pula api menyala tak terlalu besar. Sebab api yang menyala di area terbuka cukup membahayakan dan bisa mengakibatkan kebakaran.

  • Berhati-hatilah ketika menyalakan lilin

Apabila hendak menghidupkan lilin, maka pergunakanlah alas berbahan besi serta jauhkanlah lilin yang menyala dari benda-benda yang mudah terbakar serta jauhkan pula dari anak-anak.

  • Merokoklah di area yang aman

Merokok adalah salah satu aktivitas yang berhubungan dengan api, maka dari itu apabila hendak merokok sebaiknya merokok di area khusus merokok. Jangan sesekali merokok di area yang bisa menimbulkan baya percikan api semisal d dapur, sebab di area tersebut ada kompor gas yang bisa memicu terjadinya kebakaran. Jangan pula merokok di kamar ataupun di ruangan tertutup, tidak hanya asapnya mengganggu pernafasan dan bisa membahayakan apabila anda terlelap dalam keadaan rokok masih menyala. Hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

  • Buanglah puntung rokok pada tempat yang aman

Buang puntung rokok pada tempat yang aman serta jauhkanlah dari sampah yang mudah terbakar. Pastikan pula sebelum puntung rok dibuang sudah dalam keadaan mati.

  • Perhatikan penggunaan obat nyamuk bakar

Obat nyamuk yang kerap digunakan ialah obat nyamuk bakar. Pemakaian obat nyamuk bakar mesti diperhatikan sebab bisa menimbulkan kebakaran. Hindarilah menyimpan obat nyamuk bakar berada di dekat peralatan atau perabotan yang mudah terbakar. Pakailah alas berbahan besi serta jauhkan dari anak-anak.

  • Berhati-hatilah dengan petasan dan kembang api

Sebelum menyalakan kembang api ataupun petasan, sebaiknya perhitungkanlah terlebih dahulu jangkauan percikan bunga api yang akan menyala. Hati-hati ketika menyalakannya, jauhkanlah dari benda yang mudah terbakar serta awasilah anak-anak yang tengah memainkannya.

 Baca Juga : Langkah Penting Keselamatan Kerja di Bengkel

Hal-hal tersebut tanpa kita sadari bisa menyebabkan terjadinya kebakaran, berhati-hatilah ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan api, sebab lengah sedikit saja akan menyebabkan kebakaran dan jangan lupa untuk selalu menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk berjaga-jaga memadamkan api apabila terjadi sesuatu yang bisa memicu kebakaran.

Penulis : Vei
Editor : angga

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.