Tips Sehat & Bugar Menjalani Bulan Puasa

0

Wah, nggak terasa kita sudah menjalankan ibadah puasa di hari pertama nih!

Untuk sebagian orang yang sudah biasa berpuasa sunnah, menahan makan dan minum mungkin bukan hal yang sulit lagi. Berbeda dengan sebagian mereka yang belum terbiasa.

Maka dari itu hari ini kita akan melihat tips dan trik sederhana agar kamu bisa lebih mudah, serta fit dan bugar selama bulan puasa 2019 ini.

Karena Berpuasa Selalu Bicara Soal Niat

Berpuasa

Wajib dan kudu banget untuk mempunyai niat yang kuat saat berpuasa. Lakukanlah segala sesuatunya untuk Tuhan, agar hati bisa ikhlas dan lebih ringan saat menjalankan puasa.

Don’t Eat Too Much

Sehat saat berpuasa

Banyak yang berpikir dengan makan sahur dalam ukuran besar, bisa membuat kamu kenyang sampai sore, masa sih? Nah, fakta menunjukan kalau makan sahur yang terlalu kenyang bisa membuat kamu lapar lebih cepat. Tak hanya itu makan terlalu banyak bisa membuat aliran darah menumpuk pada perut, dan aliran darah ke otak menjadi berkurang. Efeknya kamu akan lebih mudah mengantuk, lemas, dan imun tubuh berkurang.

Makan Banyak Protein

Makanan yang tepat saat berpuasa

Tahukah kamu menyantap protein saat sahur dapat meningkatkan metabolisme tubuh? Semakin cukup kadar protein yang dikonsumsi, maka kamu akan lebih kuat menghadapi rasa haus dan lapar seharian.

Agar tetap seimbang jangan lupa tetaplah konsumsi karbohidrat, lemak dengan porsi yang tepat. Hal ini bukan cuma berlaku saat sahur loh, tapi juga berbuka.

Oh iya sebagai info tambahan, pada hari puasa pertama dan kedua glikogen pada hati menurun 10%, tapi kadar glukosa dalam darah tetap relatif sama. Maka untuk meningkatkan glukosa dalam darah, protein adalah asupan yang tepat. Misalnya saja daging dada tanpa kulit, ikan, susu, telur, dan kacang-kacangan.

Minum yang Manis

kurma ralali

Rasa Lemas yang dirasakan tubuh saat menahan haus dan lapar, selalu berkaitan erat dengan tingkat kadar gula darah dalam tubuh. Maka dari itu saat sahur atau berbuka kamu membutuhkan bukan hanya sekedar air putih saja, tapi juga yang manis.

Rasa manis ini sendiri bisa didapatkan dari buah kurma, air tebu, dan jus buah. Hindari minuman dengan pemanis buatan, atau kalori berlebihan ya agar perut nggak buncit.

Jangan Dijadikan Beban

semangat saat berpuasa

Saat berpuasa tentunya kamu akan menghadapi tantangan, salah satunya adalah soal sabar. Bentar-bentar liat jam, kapan ya buka puasanya? Duh, lama banget sih bukanya! Stop mengeluh,  dan coba fokuskan diri kamu alasan kenapa kamu berpuasa.

Beraktivitas Seperti Biasa

Tips saat berpuasa

Puasa bukanlah menjadi sebuah alasan untuk menjadi malas atau menghambat aktivitas yang kamu lakukan. Memang bukanlah hal mudah untuk menahan rasa lapar dan haus, tapi faktanya ya, semakin kamu bermalas-malasan itu membuat metabolisme tubuh makin aktif.

Makanlah dengan menu makanan yang sehat dan seimbang

Waktu tubuh kekurangan asupan setelah seharian berpuasa, ada baiknya jika kamu mengonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat yang baik,  seperti nasi merah, roti gandum, dan jangan lupa protein, serta zat besi ya. Hindari makanan yang berlemak tinggi

Nah, itu dia tips sederhana agar kamu tetap sehat saat berpuasa,  kalau masih sulit tidak mengapa yang penting lakukanlah yang terbaik. Selamat berpuasa bagi semua yang menjalankan, semoga tetap kuat

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar