“Tujuh Tahun Jadi Salesman, Kini Firman Kerja Lebih Fleksibel Berkat Ralali Agent

0
Firman Sobat Agent
Firman Sobat Agent

Jakarta, 6 Desember 2019 – Pemberdayaan SDM terus didorong oleh pemerintah agar masyarakat Indonesia melalui tenaga kerjanya siap memasuki peta industri 4.0. Ralali.com menyadari hal ini dengan menghadirkan Ralali Agent sebagai platform yang memberdayakan bisnis dan sumber daya manusia. Platform yang menjadi bagian dari ekosistem digital Ralali.com ini memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan, dengan bekerja menyasar market, termasuk UMKM. Dengan demikian UMKM lebih teredukasi untuk memanfaatkan teknologi digital untuk tetap mampu bersaing.

Hal ini pula yang turut dirasakan oleh Firman pria berusia 32 tahun asal Sleman Yogyakarta yang memutuskan bergabung menjadi Sobat Agent setelah lebih dari 7 tahun menggeluti pekerjaan sebagai sales. 

“Awalnya ya dulu kerja sebagai sales di salah satu perusahaan rokok, sampai perusahaan  obat. Gaji yang diterima sesuai dengan target yang sudah diberikan dari perusahaan, tapi setimpal sama targetnya besar. Jam kerja juga dari pagi sampai malam”. Ungkap Firman bercerita tentang pengalamannya sebelum bergabung menjadi Sobat Agent. 

Menurut penuturan Firman kondisi tersebut mendorongnya memutuskan untuk berhenti menjadi sales di tahun 2019. Setelah tidak menjadi sales lagi Firman mengerjakan pekerjaan serabutan seperti menjadi tukang parkir di daerah Malioboro, Yogyakarta. Firman mengungkapkan “Saat itu setelah resign dari kerjaan, saya dikenalkan dengan Ralali Agent dari teman yang dulu saya kenal dari pekerjaan sales. Awalnya saya bingung ini yang bayar pekerjaan saya siapa ya, nanti bayarnya lewat apa, lalu pekerjaannya Ralali Agent modalnya seperti apa. Tapi ternyata gampang banget, tinggal ambil pekerjaan yang ada di aplikasi Ralali Agent, nanti komisi masuk ke saldo di aplikasi, bisa dicairkan juga ke rekening kita.” 

Meski diawali dengan rasa ragu, Firman merupakan salah satu Sobat Agent yang rajin dan aktif mengerjakan promosi dan berjualan sebanyak lebih dari 1.300 pekerjaan yang dikerjakan dalam 3 bulan. “Saya di awal-awal bergabung sebagai Sobat Agent merasa puas, karena dalam seminggu setidaknya saya bisa dapat komisi lebih dari 600.000 dari pekerjaan survei, dan penjualan” ucap Firman dengan semangat saat bercerita dengan tim Ralali.com. 

Firman menyadari bahwa waktu bersama keluarga jadi lebih banyak dibandingkan ketika ia melakukan pekerjaannya sebagai sales. “Salah satu alasan bergabung jadi Sobat Agent adalah karena saya punya waktu lebih sama keluarga, waktu anak masih kecil dititipkan ke keluarga lalu istri saya juga bekerja. Jadi pas anak udah gede sudah masuk SD, saya pikir perlu onok (ada) waktu sama keluarga dan jadi Sobat Agent saya punya waktu lebih mau kerja kapan aja mau dapat komisi berapa aja ya tergantung di saya. Tidak ada target-target yang ngikat kaya pas dulu kerja di perusahaan, istilahe mandiri ngono (istilahnya mandiri begitu)”.

Bergabung menjadi Ralali Agent selama 5 bulanan terakhir memberikan banyak manfaat yang dirasakan baik dari sisi material maupun sosial. “Karena punya pengalaman sales, saya jadi semakin beruntung bisa kenal Ralali Agent, karena kenalan-kenalan toko dan warung sudah banyak sebelumnya jadi bisa cepat pendekatannya. Dari promosi atau jualan bisa tahu langsung kebutuhan pelaku UMKM itu apa saja. Sebelumnya hanya tahu yang punya usaha butuh produk ini saja tapi jadi tahu banyak setelah bergabung jadi Sobat Agent. Saya juga ngerti kebutuhan stok apa saja, karena yang ditanyakan seputar kebutuhan yang dibeli apa, yang banyak dibeli konsumen apa saja, dan  modal usahanya. Lalu yang terakhir kalau memang sesuai ada produk seperti minyak atau sabun biasanya saya juga langsung tawarin ke yang ibu-ibu yang punya toko atau warung.” tutur Firman. 

Lebih dari 5 bulan bergabung Firman telah membantu pelaku UMKM dari toko, warung, bengkel hingga grosir di daerah Sleman Yogyakarta. Kebutuhan pelaku UMKM yang beragam mudah didapatkan melalui peran serta Firman sebagai Sobat Agent. 

Firman juga turut menceritakan tentang upaya dan usahanya agar mendapat komisi besar di Ralali Agent. “Supaya hasilnya maksimal dan bisa ngebantu yang punya usaha (konsumen) saya menargetkan pokokmen (pokoknya) sehari harus maksimal 35 toko, warung, grosir sampai konter HP tergantung dari job yang ada di aplikasi Ralali Agent. Biasanya yang punya toko suka susah dihubungin saat verifikasi dari tim Ralali Agent. Jadi  saya harus bisa memastikan nomer dan data yang diisi benar, jadi verifikasi pekerjaan kita cepet juga, alhamdulilah sih saya selalu ngisi data yang beli bener, nggak ngapusi (tidak membohongi) buktinya job saya yang disetujui cepat, komisi jadi banyak juga”. 

Selain berbagi pengalaman, Firman juga memberikan semangat dan masukan kepada rekan-rekan Sobat Agent dari pengalaman yang ia rasakan. Jika ingin komisi banyak, Sobat Agent harus melakukan pekerjaan dengan benar dan tidak memanipulasi hasil promosi maupun penjualan, semakin banyak pekerjaan yang diambil semakin banyak komisi yang didapatkan. “Mau komisi yang banyak, ya kerja dengan giat ojo males-malesan (jangan malas-malas), jangan ngeluh kalau misalnya ditolak saat baru pertama ngenalin Ralali Agent. Kerja di Ralali Agent dapat teman baru, ilmu baru karena ada kumpul-kumpul sama Mitra Ralali.com (partner) untuk dikasih tahu cara-cara kerja yang bener di Ralali Agent”, imbuh Firman.

Pelaku UMKM semakin terbantu karena terhubung dengan Ralali.com untuk memenuhi kebutuhan hingga pengembangan usahanya. Ralali.com membantu pemenuhan dan pengembangan kebutuhan usaha utamanya pelaku retail seperti warung kelontong, warung makan, kios HP, toko elektronik bahkan toko busana. Pengembangan dalam ranah finansial teknologi yaitu peminjaman modal juga terus diberikan Ralali.com bersama partner untuk pelaku usaha dengan memberi edukasi kepada UMKM melalui peran serta Ralali Agent di dalamnya. 

——————————————————————————————————————————————————————————————–

TENTANG RALALI.COM

Didirikan pada tahun 2013 oleh Joseph Aditya, Ralali.com adalah online marketplace B2B (Business-to-Business) pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori produk bisnis. Tahun 2018 Ralali.com memperkenalkan Business Innovation Group (BIG), pasar segmentasi vertikal yang menggunakan BIG data untuk menyediakan solusi spesifik dalam pemenuhan kebutuhan usaha UMKM sesuai segmentasi usaha, mencakup usaha kuliner dan jasa makanan (BIG Resto), usaha perkantoran (BIG Office), usaha otomotif (BIG Auto), usaha bahan bangunan (BIG Home), usaha kebutuhan FMCG (BIG Mart), usaha retail (BIG Market) dan usaha jasa on-demand berbasis pekerjaan (BIG Agent).

Selama 6 tahun, Ralali.com melayani lebih dari 13.000 pemasok (sellers), memberdayakan hampir 1 juta UMKM dan menangani hampir 300.000 produk (SKU) di dalam platformnya, dengan setengah juta pengguna teregistrasi dan lebih dari 5 juta pengunjung bulanan. 

BIG Agent adalah on-demand platform dari Ralali.com yang memiliki misi untuk memberikan definisi cara baru berbisnis. BIG Agent membantu bisnis berkembang dengan memberdayakan dan menghubungkan jutaan pekerja berkualitas, sekaligus membantu masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan melalui berbagai jenis pekerjaan sesuai preferensi. Dengan 99 Mitra BIG Agent (mitra bisnis lokal), saat ini terdapat 300.000 Sobat Agent (anggota) yang tersebar di 25 provinsi se-Indonesia.

KONTAK MEDIA:

Alsevera Popi Yolanda

Public Relations Executive Ralali.com

P: 085790568826

E: [email protected]

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.