Yuk Intip Tradisi Lebaran Unik Di 6 Belahan Dunia

0

India, Pakistan, Bangladesh (Chand Raat)

Tradisi Lebaran

Di India, Pakistan, dan Bangladesh penghujung Ramadhan selalu diwarnai dengan kaum wanita, yang melakukan tradisi Chand Raat. Dimana semua kaum hawa memberi warna tubuh mereka, dengan cat temporer pada bagian kaki & tangan menggunakan henna.

Sebelum melakukan tradisi unik ini, para perempuan berbondong-bondong pergi untuk belanja mulai dari cat tubuh hingga perhiasan. Serta bertukar makanan manis.


Turki (Ramadhan Bayram)

Tradisi lebaran unik

Dikenal dengan Ramadhan Bayram atau Seker Bayrami. Dimana orang Turki akan berbagi manisan seperti permen atau coklat. Namun sebelum mendapat ‘hadiah’ manis yang sudah disebutkan, baik anak-anak maupun sanak keluarga harus mencium tangan orang yang lebih tua dahulu.

Afganistan (Tokhm-Jangi)

perang telur tradisi lebaran

Nggak kalah uniknya nih, di Afganistan juga punya tradisi yang Lebaran yang patut kamu tahu. Memulai hari kemenangan dengan shalat Ied pada pagi hari, dan dilanjutkan dengan ‘perang’ telur. Iya perang telur, kompetisi saling memecahkan telur rebus. Aturannya mudah para pemain hanya perlu mempertahankan telur mereka utuh hingga akhir. Seru kan?

Mesir

santapan untuk lebaran

Memulai hari kemenangan dengan melakukan shalat led, dan silaturahmi seperti kebanyakan lainnya. Barulah setelah itu mereka berkumpul di suatu tempat, dan siap menyantap Ranja, makanan khas Lebaran yang terbuat dari ikan asin dan acar. Dengan adanya momen makan bersama ini, diharapkan bisa mendekatkan mereka yang jauh dan menjalin silaturahmi antara masyarakat.

China

Lebaran di negara China

Jika selama ini di China biasa dikenal dengan tradisi imleknya yang kental. Namun siapa sangka negara tirai bambu ini juga ternyata punya tradisi yang unik untuk menyambut lebaran. Beberapa etnis China seperti Uyghur atau Hui, biasanya akan mengunjungi makam dari Sayyid Ajjal Shams Al Din Omar.

Beliau sendiri merupakan gubernur pertama Yunnan, yang mengenalkan Islam kepada warganya. Juga mengajarkan toleransi antar umat beragama. Nggak heran, perannya menjadi rujukan para umat Muslim di China.

Tunisia

Pistachio Baklava with Cardamom and Rose Water

Berbeda dengan negara lainnya, di negara yang terletak di Afrika ini dirayakan dengan tari-tarian dan bermain musik. Selain itu momen lebaran juga dipakai untuk memakan roti khas mereka yaitu Baklawa dan Kaak.

Nah, itu dia tradisi lebaran yang unik di beberapa belahan dunia. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat hari raya Idul Fitri bagi sahabat & mitra Ralali yang merayakan.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.