Deretan Tempat Wisata di Jalur Mudik

0

Aktivitas mudik tentunya sudah menjadi ritual tahunan bagi masyarakat Indonesia. Menempuh perjalanan jarak jauh tentunya membutuhkan stamina yang banyak dan pikiran yang fresh. Daripada pusing dan stress selama menempuh jalur mudik yang penuh kemacetan, lebih baik diselingi dengan berwisata ke beberapa tempat menarik untuk membuat mudik lebih menyenangkan!

Berikut ini kami rangkum beberapa di antaranya :

1. Stone Garden, Padalarang

Stone Garden Padalarang merupakan kawasan wisata yang terletak di kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat. Padang yang bertabur bebatuan ilmiah bekas danau zaman purba itu sangat menakjubkan, terutama pada saat pagi dan sore hari. Sebuah taman batu yang berada di bukit akan membuat Anda sedang berada berwisata ke luar negeri. Bebatuan yang tinggi dan hamparan rumput serta langit birunya sangat aduhai.

Ada dua jalur yang bisa diambil untuk menuju sana. Pertama, lewat tol Padalarang yang akan langsung mengarah ke stone garden. Kedua, melalui Goa Pawon yang lebih memicu adrenalin karena jalurnya yang cukup terjal dan curam dengan kemiringan 45 derajat. Sesampainya di pintu stone garden, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

2. Gunung Pancar, Puncak, Bogor

Lokasi wisata Gunung Pancar Sentul ada di Desa Karang Tengah, tepatnya ada di Kecamatan Babakan Madang. Untuk menuju kesana, Anda bisa menuju tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Sentul yang bagian Selatan. 
Belok kiri ke Jl MH Thamrin dan ikuti saja sampai menuju Jungle Land. Setelah tiba disana dan menemukan jalan kecil menanjak, Anda bisa mengikutinya hingga sampai di pintu gerbang wisata.

Wisata alam Gunung Pancar sangat menarik siapapun yang melihatnya. Disana terdapat pemandangan khas hutan lindung alami yang masih berisikan pohon-pohon pinus yang menjulang. Selain itu, disana juga akan ditemani dengan aneka suara satwa yang hidup liar disana. Salah satu aktivitas paling hits disana adalah mandi udara panas. Harap diingat, bukan mandi air panas melainkan uap panas ya. Untuk berendam disana, Anda cukup membayar sebesar Rp 10.000 saja. Sedangkan untuk menuju kawasan ini, Anda hanya harus membeli tiket seharga Rp 5.000 untuk weekdays dan Rp 7.500 untuk weekend serta holidays.

3. Pantai Sawarna, Banten

Pantai Sawarna, sebuah kawasan pantai di Banten yang membentangkan berbagai pantai-pantai yang menjadi ikon Banten. Pantai Sawarna yang memiliki satu goa dan juga tujuh pantai dengan panorama alam yang berbeda satu sama lain ini mempunyai beragam jenis obyek wisata. Letak pantai Sawarna yaitu di desa Sawarna, sebuah desa pinggir pantai yang ada di kecamatan Lebak, Banten. Jarak pantai dari Jakarta sekitar 183 hingga 234 kilometer.

Anda cukup membayar biaya masuk seharga Rp 5.000,-/orang dan parkir kendaraan roda dua Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk mobil. Harga yang sangat terjangkau untuk mendapatkan liburan menyenangkan dan istimewa di pantai ini.

Ada beberapa jalur yang bisa Anda gunakan untuk pergi berwisata ke pantai Sawarna. Jalur yang pertama adalah jalur barat. Di Jalur ini perjalanan dimulai dari Jakarta menuju ke Serang. Lalu dilanjutkan ke Pandeglang menuju ke Saketi, Malingping, lalu desa Bayah, hingga tibalah di Sawarna. Atau lewat rute Rangkasbitung ke Gunung Kencana kemudian ikuti jalur ke Malingping menuju ke Bayah lalu Sawarna.

Anda juga bisa lewat jalur timur. Jika melalui jalur timur, perjalanan dimulai dari Jakarta untuk kemudian lanjut ke Ciawi (Bogor) lalu melewati Cibadak. Dari Cibadak menuju ke Pelabuhan Ratu lalu ke Cisolok hingga tibalah Anda di Sawarna. Atau bisa juga dari Bogor Anda ke Cikidang lalu rutenya sama dengan rute sebelumnya, melewati pelabuhan ratu terlebih dahulu lalu Anda akan segera tiba di pantai Sawarna.

4. Curug Cikaso, Sukabumi

Keindahan air di Curug Cikaso ini sudah tidak diragukan lagi. Tempat wisata yang ada di Desa Ciniti, Sukabumi Selatan ini memiliki tiga air terjun yang berdampingan. Ketinggian curug ini adalah 80 meter dengan lebar hingga 100 meter. Jadi, setiap pengunjung yang mendatanginya dapat menikmati keindahan curug dengan puas. Air dari curug ini jatuh ke dalam kolam yang berwarna turkish. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto ataupun sekedar bermain air. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di tempat ini, diantaranya berenang ataupun memancing. Namun, usahakan berhati-hati, karena kolam dari air curahan air terjun ini tergolong dalam.

Untuk rutenya sendiri, jika datang dari daerah Sukabumi, ambillah jalan menuju daerah Pantai Ujung Genteng. Atau memilih menuju daerah Surade, dari sini pengunjung dapat menuju jalan Cikaso dan akan tiba ditempat tujuan dalam waktu dekat. Namun sebelum melaksanakan trip ke tempat ini, disarankan untuk memeriksa kelayakan kendaraan. Jalan yang akan dilewati, cukuplah sulit, dimana terdapat tanjakan, tikungan dan turunan yang cukup curam dan tajam. Setiap pengunjung akan dikenakan tiket sebesar Rp 5.000 / orang dengan biaya masuk dan parkir mobil sebesar Rp 27.000.

5. Telaga Remis, Kuningan

Telaga Remis terletak di kaki Gunung Ciremai. Tempat wisata ini merupakan sebuah danau yang memiliki air jernih sehingga pantulan dari bayangan pohon sangat terlihat jelas di danau ini. Suasana asri bercampur dengan udara yang sejuk membuat Telaga Remis sangat pas dijadikan tempat untuk sekedar melepas kepenatan. Adanya wahana sepeda air untuk berkeliling menambah keasyikan tersendiri saat berkunjung ke area wisata yang saat ini dikelola oleh Perum kehutanan Kabupaten Kuningan ini.

Bagi Anda yang menyukai aktivitas berjalan kaki, terdapat jalur khusus untuk pejalan kaki yang dibuat untuk memutari telaga ini. Lain lagi bagi penyuka hobi memancing, Telaga Remis menyimpan aneka ikan yang bisa dibawa pulang. Ikan seperti mujair dan ikan mas menjadi ikan yang mendominasi Telaga Remis. Jarak tempuhnya sendiri dari pusat Kota Kuningan tidak begitu jauh, sekitar 37 km atau kira-kira 1 jam perjalanan. Rute perjalanan juga tidak terlalu sulit karena sudah beraspal, baik dari Palimanan maupun Mandirancan, sambil diiringi rimbunan pohon pinus dan batuan cadas. Harga tiket masuk ke Telaga Remis ini sebesar Rp 7.500 / orang.

Berlanjut ke halaman selanjutnya :

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar