Bukan ‘Empty’ Ini Arti Huruf E pada Indikator Bensin di Kendaraan

0

indikator bensin

Siapa yang tidak mengetahui speedometer kendaraan, terlebih bagi yang menggunakan kendaraan setiap hari. Pada speedometer kendaraan seperti mobil maupun motor terlebih pada bagian panel bensin yang terdapat huruf E dan F. Nah kalian tahu gak apa arti dari huruf E pada panel speedometer yang biasanya digunakan untuk menunjukan indikasi BBM.

Sebenarnya apa sih arti symbol E dan F pada panel indikator bensin di speedometer? Biasanya pada panel bensin terdapat huruf E yang berada di sebelah kiri dan huruf F pada sebelah kanan. Titik-titik ini sendiri ditunjukan dengan jarum yang bergerak sesuai ketersediaan BBM dalam tangki bensin. Nah lalu apa arti huruf E dan F tersebut?

Huruf F pada indikator bensin ini sendiri memiliki arti Full atau penuh. Jelas hal ini banyak yang mengetahuinya. Namun apa kalian tahu arti dari huruf E ? Kebanyakan orang mengartikan huruf E pada indikator bensin dengan kaa Kosong atau ‘Empty‘. Namun sebenarnya arti dari huruf E ini sendiri bukanlah Empty lho.

Rangkaian indikator mesin

Sebenarnya arti dari huruf E ini merupakan symbol dari ‘Emergency’ yang artinya darurat. Sebenarnya pada saat jarum indikator bensin berada di huruf E, bensin di tangki belum benar-benar habis. Hal ini merupakan tanda peringatan bagi pengendara untuk segera melakukan pengisian BBM. Saat jarum indikator berada di huruf E, maka tandanya BBM yang tersisa di tangki masih ada 10% sampai 15% dari kapasitas maksimum tangki.

Nah kira-kira siapa ya yang memiliki ide membuat indikator seperti ini? Penemuan ini sendiri sangatlah penting dan dibutuhkan oleh para pengendara. Dengan adanya penemuan ini, pengendara mampu mengetahui kapan harus mengisi kembali BBM secara tepat waktu. Penemu indikator bensin ini ialah Jim Moylan pada tahun 1986 namun baru diaplikasikan di mobil pertama kali di tahun 1989.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.