Deretan Tempat Wisata di Jalur Mudik

0

11. Deretan Pantai Bantul dan Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai Bantul yang indah menjadi daya tarik tersendiri, pantai pasir putih dan pasir hitamnya, deras ombak dan keunikan di setiap pantai di Bantul yang ada. Wisatawan lokal maupun mancanegara nampak berduyun-duyun untuk datang dan menikmati wisata pantai yang ada di Yogyakarta. Suasana pantai dengan fenomena pemandangan yang indah dapat kamu dapatkan di sepanjang Pantai Bantul Yogyakarta, tanpa perlu keluar negeri.

Sedangkan Gunung Kidul terkenal dengan wisata pantainya yang cukup beragam. Bahkan ada banyak destinasi wisata baru yang mulai hits dikunjungi saat liburan. Jika dulu Anda lebih mengenal Pantai Baron, Kukup, dan Krakal, maka saat ini ada banyak pantai tersembunyi di Gunung Kidul yang masih sepi namun menawarkan keindahan alam begitu cantik.

Tidak hanya pantai Jogan dengan objek air terjun di tepiannya, pantai Nguluran dengan teras kaca di atas tebingnya, pantai Timang dengan kereta gantung yang menghubungkan batu besar di tengah laut, namun juga terdapat goa eksotis dan deretan pantai romantis yang siap memanjakan Anda. Bahkan Anda bisa menikmati momen sunrise, sunset hingga berkemah di area camping ground sekitar pantai. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp 10.000 / orang hingga Rp 250.000 tergantung jenis wisata dan wahana yang dikunjungi.

12. Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar berlokasi di kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Tempat wisata ini terbilang masih alami dengan keistimewaan batu karang yang bentuknya menyerupai Spinx dan adanya sumur yang tersembunyi. Sumur ini terletak di celah-celah batu karang di belakang tebing batu yang dijadikan arena pemandian. Bibir Pantai Klayar dipenuhi dengan pantai yang bersih dan lembut. Uniknya lagi pantai tersebut memiliki warna yang cukup menarik yakni putih dan cokelat.

Di bagian tengah Pantai ada sebuah bebatuan karang hasil dari erosi air laut. Terdapat juga atraksi Seruling Samudra dan Air Mancur Tengah Laut.
Dinamakan Seruling Samudra karena ketika angin dan air laut menembus lubang karang, maka akan terdengar seperti suara seruling dari laut. Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang masih sangat alami dan disana akan banyak ditemukan pedagang ikan yang khas daerah pantai Klayar.

Bagi Anda yang datang dari arah kota Pacitan, hanya perlu mengikuti jalur bis Solo-Pacitan, kemudian belok kiri pada pertigaan Dadapan. Setelah tiba di desa Candi selanjutnya belok kanan dan telusuri petunjuk arah yang mengarahkan Anda menuju Pantai Klayar. Sedangkan bagi Anda yang datang dari arah Yogyakarta, bisa melewati Wonosari atau Gunung Kidul kemudian mengambil arah lurus ke arah timur menuju daerah Pathuk. Dari Pathuk selanjutnya menuju arah Pracimantro, kemudian menuju Giribelah, selanjutnya melewati daerah Punung. Di sepanjang jalan Punung ada papan penunjuk arah menuju Pantai Klayar. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp 5.000 – Rp 10.000 / orang.

13. Gunung Bromo, Malang

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang terkenal di Jawa Timur dengan ketinggian 2.392 meter dari atas permukaan laut dan berada dalam empat lingkup kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Menikmati sunrise dan menjelajah pasir dengan luas sekitar 10 km adalah hal yang harus Anda lakukan disini.

Anda dapat menjelajahi pasir dengan menaiki kuda atau menaiki mobil Jeep yang bisa disewa di daerah sana. Pada malam hari Anda akan merasakan udara sangat dingin seperti es bila berada di sini. Selain itu, pesona menarik lainnya yang sudah familiar adalah mendaki anak tangga untuk melihat lubang kawah bromo yang selalu aktif mengeluarkan asap putih belerang. Ada juga wisata sekitar bromo yang menarik dan indah yaitu bukit telettabies dan savana, bukit singa, bukit kingkong dan bukit cinta, bukit mentigen, gunung batok, pasir berbisik, dan kaldera bromo.

Menuju lokasi gunung Bromo ada beberapa rute dan jalur umum yang sudah dikenal, diantaranya adalah jalur selatan yaitu menuju Bromo dari Tumpang Malang – Gubugklakah, yang juga searah dengan rute menuju Ranu Pani dan Semeru. Kemudian jalur dari kota Pasuruan serta yang paling populer yaitu jalur ke Bromo via Probolinggo. Jalur via probolinggo lebih diminati karena banyaknya tersedia penginapan dan hotel dekat dengan kawasan gunung Bromo. Harga tiket masuknya berkisar Rp 29.000 – Rp 34.000 / orang dan penyewaan Jeep sekitar Rp 550.000 – Rp 1.250.000 tergantung jarak yang ditempuh dengan maksimal penumpang 6 orang.

14. Jatim Park, Batu

Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3 merupakan taman bermain yang berada di Kota Batu. Taman bermain ini menawarkan puluhan wahana yang unik dan cocok untuk anak-anak dan dewasa. Dengan harga tiket masuk berkisar Rp 75.000 – Rp 200.000, Anda bisa merasakan sensasi berlibur yang mengasyikan.

Di Jatim Park 1, Anda bisa bermain sampai puas di aneka wahana yang disajikan. Selanjutnya di Jatim Park 2, Anda bisa menikmati dua atraksi yang menarik. Pertama ada Batu Secret Zoo yang berisi banyak satwa dari berbagai dunia dan yang kedua adalah Museum Satwa yang berisi koleksi hewan yang telah mati dan diawetkan untuk keperluan edukasi. Sedangkan di Jatim Park 3 adalah sebuah taman wisata sekaligus lokasi untuk belajar tentang kehidupan hewan purbakala seperti dinosaurus, terdiri dari Museum Dino, 5 Zaman, The Rimba, Live with Dino, wahana Ice Age, 6D Animasi, Jembatan Akar, dan lain-lain.

Rutenya sendiri dari Surabaya menuju Pandaan, selanjutnya menuju Lawang, kemudian melintasi Singosari. Dari Singosari lurus sampai dengan Pos Polisi Bentoel, belok ke kanan menuju Jl. Karang Loh, lurus saja sampai bertemu sebuah Tugu pasar. Dari Tugu ini belok ke arah kiri, kemudian lurus hingga bertemu traffic light Pos Polisi, dan dari sini Anda sudah masuk wilayah kota Batu.

15. Kawah Ijen, Bondowoso

Gunung Ijen atau lebih dikenal dengan Kawah Ijen, adalah salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang. Kawah Ijen berada di puncak Gunung Ijen dengan ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah yang mencapai 5.466 hektar. Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 WIB hingga 04.00 WIB, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini.

Kawah yang berbahaya ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dengan danau belerang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis dan elok. Disini juga Anda bisa menyaksikan kegiatan para penambang emas yang sangat pemberani. Mengambil emas mulai dari turun ke bawah dekat Kawah Ijen dan memanggul hasil tambang naik ke atas.

Bagi Anda yang suka akan petualangan, untuk mencapai Gunung Ijen bisa di akses dari dua arah yaitu, dari utara dan dari selatan. Dari utara, bisa di tempuh melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari dan dilajutkan ke Paltuding. Jarak Situbondo ke Paltuding sekitar 93 Km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam.

Dari arah selatan, bisa dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 15 Km. Dari Licin menuju Paltuding berjarak 18 Km dan diteruskan menggunakan Jeep atau mobil berat lainnya sekitar 6 Km sebelum ke Paltuding. Ini dikarenakan jalan yang berkelok dan menanjak. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp 5.000 – Rp 10.000 / orang, sedangkan jika ingin menyewa Jeep, biayanya sekitar Rp 600-700 ribu.

16. Taman Nasional Baluran, Situbondo

Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak diantara wilayah Wongsorejo, Banyuwangi dan Banyuputih, Situbondo, provinsi Jawa Timur. Taman Nasional Baluran merupakan padang savana terluas di pulau Jawa dengan spesies hewan yang hidup lepas dan tumbuhan yang beraneka ragam seperti berada di Afrika.

Savana dengan luas 25 ribu hektar ini dibatasi dengan gunung setinggi sekitar 5 km, yaitu Gunung Baluran. Terdapat juga area hutan Mangrove yang dapat dikunjungi. Taman nasional ini dibagi menjadi beberapa pos pengamatan, antara lain Batangan; Bekol dan Semiang; Bama, Balanan, dan Bilik; Manting dan Air Kacip; Popongan, Sejile, Sirontoh, Kalitopo; serta Curah Tangis.

Taman ini merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli. Anda yang berkunjung pasti akan diberikan peraturan-peraturan agar tidak merusak taman tersebut. Untuk rutenya sendiri, Anda hanya perlu mengikuti jalur Banyuwangi – Situbondo. Kawasan ini berada di sepanjang jalan. Harga tiket masuknya berkisar Rp 15.000 – Rp 20.000 / orang.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di sela-sela perjalanan mudik Anda. Semoga mudik Anda selamat sampai tujuan dan menjadi lebih menyenangkan.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.