4 Cara Menghadapi Kompetitor dalam Bisnis, Jangan Sampai Bisnis Anda yang Tenggelam

0

4 Cara Menghadapi Kompetitor dalam Bisnis

Adanya kompetitor di dalam sebuah bisnis merupakan hal yang normal dan wajar, sebab hampir di setiap jenis bisnis pasti mempunyai kompetitor dalam bidangnya masing-masing.

Strategi kompetitor untuk bisa merebut pasar tidak jarang membuat kita merasa panik dan jalan keluar yang biasanya di ambil adalah dengan melakukan potongan harga. Cara seperti ini memang bisa menaikan angka penjualan, namun dengan risiko berkurangnya keuntungan. Jika cara seperti ini terus di lakukan, maka bisa jadi bisnis yang sudah dibangun terseret ke dalam jurang kebangkrutan.

Dalam menghadapi kompetitor, haruslah dihadapi dengan cara yang sehat serta sesuai dengan peraturan yang ada.

Lalu bagaimana cara menghadapi kompetitor? Berikut ulasannya.

4 Cara Menghadapi Kompetitor dalam Bisnis

1. Produk unggulan

Jangan merasa panik jika kompetitor mulai menarik hati pasar. Lihatlah produk apa saja yang Anda miliki, bandingkanlah dengan produk-produk kompetitor serta perhatikanlah produk-produk apa yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Setelah itu, jadikanlah produk Anda yang tidak dimiliki kompetitor sebagai produk unggulan bisnis Anda.

2. Peningkatan kualitas

Kualitas merupakan salah satu aset yang sangat berharga dalam sebuah bisnis. Kualitas ataupun pelayanan yang tidak baik pastinya bisa membuat pelanggan kabur serta membuat calon pembeli tidak akan tertarik.

Tidak perlu melakukan peperangan harga dengan cara memberikan diskon besar supaya terlihat menarik. Tingkatkan saja kualitas pelayanan serta produk bisnis Anda.

3. Fitur berbeda

Jika produk Anda dan kompetitor mempunyai kemiripan, maka buatlah fitur unggulan yang berbeda. Para pembeli akan tertarik dengan produk yang mempunyai fitur unggul walaupun harganya melebihi harga produk kompetitor. Contoh saja Apple, walaupun menjadi gadget dengan harga termahal namun karena fitur unggulannya membuat para penggemarnya tetap setia  untuk membeli produk tersebut.

4. Layanan Purna Jual

Berikanlah layanan purna jual guna menarik perhatian konsumen seperti memberikan pelayanan pemeriksaan, perbaikan ataupun jenis layanan lainnya.

Dengan adanya layanan purna jual secara cuma-cuma maka konsumen akan tertarik untuk memilik produk Anda daripada produk lain yang serupa.

Buka Toko Gratis
Buka Toko Gratis

Buka Toko Gratis

Bisnis online kini sangat berkembang di Indonesia, karena tidak hanya praktis tetapi juga memberikan keuntungan berlipat ganda kepada para seller yang ingin memasarkan barangnya dengan cepat dan tepat sasaran.

Bingung mulai darimana? Bergabung saja di Ralali.com; Cara praktis, mudah, aman, dengan registrasi gratis dan tanpa komisi. Ralali.com memberikan kesempatan bagi para seller (distributor, retailer, reseller) yang belum memiliki toko bisnis online, untuk membuat toko dengan mudah dan gratis melalui website www.ralali.com.  Dengan metode pembayaran yang beragam yang terjamin keamanannya, Anda bisa dengan mudah memiliki toko sendiri dengan mudah. Segera kunjungi website www.ralali.com dan daftarkan segera toko bisnis Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar